javascript hit counter

Memahami Perkembangan Kosmetik Dan 5 Brand Makeup Berkualitas Internasional

Kosmetik merupakan produk yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Istilah kosmetika sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu Kosmetikos yang berarti keahlian dalam menghias.

Sedangkan di Amerika, badan yang menggatur peredaran kosmetik yaitu FDA (Food and Drug Administration) mendefinisikan kosmetik sebagai produk yang digunakan pada tubuh manusia untuk mempercantik, membersihkan, mempromosikan daya tarik, atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi struktur atau fungsi tubuh.

Menurut Wasitaatmadja, 1997. Semula kosmetik merupakan salah satu segi ilmu pengobatan atau ilmu kesehatan, sehingga para pakar kosmetik dahulu adalah juga pakar kesehatan. Seperti para tabib, dukun, bahkan penasehat keluarga istana. Dalam perkembangannya kemudian, terjadi pemisahan antara kosmetik dan obat, baik dalam jenis, efek samping dan lainnya.

Untuk bisa tampil cantik dan menarik tampaknya merupakan bagian yang sangat penting bagi kodrat seorang perempuan. Itu sebabnya sejarah mencatat kosmetik telah digunakan sejak berabad-abad lampau meski bentuk kosmetik kuno berbeda dengan masa sekarang.

Perkembangan Kosmetik

Kosmetik sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Beberapa arkeolog telah mampu menelusuri dan membuktikan penggunaan kosmetik sejak jaman Mesir Kuno dan Yunani Kuno. Pada zaman Mesir Kuno para wanita bangsawan menggunakan lilin lebah, minyak zaitun dan air mawar sebagai krim kulit. Bahkan Patung Dada Nefertiti yang berusia 3.300 tahun menunjukan bahwa penggunaan celak telah digunakan di masa tersebut sebagai simbol kecantikan wanita.

Pada Zaman Mesir Kuno diketahui adalah masa paling awal para wanita menggunakan kosmetik. Anda bisa melihat Ratu Cleopatra sebagai contohnya. Kosmetik digunakan kebanyakan hanya untuk wanita dan para wanita suka mempercantk diri. Ketika Kosmetik menjadi populer di zaman Romawi Kuno, mereka menggunakannya untuk meningkatkan penampilan mereka.

Oleh karena itu, mereka lebih cenderung memilih tampilan alami dengan rouge dan warna bibir sederhana untuk memberikan tampilan yang sehat. Pada Masa Yunani, Kosmetik juga mulai digunakan para wanita Yunani kelas atas, menunjukkan status sosial.

Namun tidak banyak warna yang digunakan. Kosmetik wanita Yunani lebih ke arah natural, menggunakan bedak yang tipis dan polesan di bibir dengan bahan alami seperti buah-buahan. Untuk alis, mereka menggunakan arang atau batu bara dan seringkali menyambung antara kanan dan kiri.

Memasuki Abad Pertengahan, Kosmetik wanita abad pertengahan terkenal dengan tren kulit putih mulus bebas bercak. Bahkan tren ini masih dirasakan hingga sekarang. Mereka mendefinisikan cantik dengan warna kulit yang putih pucat, bahkan untuk bagian alis dan kelopak mata. Ada pun warna yang dipoles ke wajah, harus tak terlihat atau semakin membuat wajah putih.

Masa Venesia, Venesia mengenal make up wajah yang dramatis, putih pucat dan menor. Melihat trend di Venesia, membuktikan kalau Kosmetik sudah jadi media eksperimen bagi banyak orang. Riasan mereka cenderung heboh dan glamor. Uniknya, mereka hobi menempelkan face patch, yaitu hiasan yang terbuat dari kertas, kain taffeta, atau kulit. Bentuknya beragam, dari bulan sabit, hingga bintang dan burung.

Selain untuk merias, face patch digunakan untuk menyembunyikan masalah kulit seperti jerawat atau bekas cacar air. Sayang, mereka masih menggunakan Venetian Ceruse yang mengandung timbal sebagai foundation. Banyak aksesoris yang digunakan, bahkan tatanan rambut juga menunjukkan status sosial dan kelas para wanita karena Kosmetik zaman itu sangat mahal. Sayangnya, Kosmetik yang tebal ini seringkali menggunakan bahan berbahaya dan merusak wajah.

Berbeda dengan kosmetik Venesia, Yunani dan Mesir Kuno. Wanita Perancis yang kebanyakan berambut pirang dan berkulit putih ingin memberikan warna pada wajahnya yang pucat dengan blush on pink atau kemerahan yang terlihat jelas. Kosmetik juga menunjukkan status dan kekayaan seseorang, didukung dengan penggunaan perhiasan dan pakaian mewah.

Kosmetik Victoria lebih ke arah wajah yang bersih, halus dan natural. Ini menunjukkan kesopanan, sebaliknya make up tebal dianggap wanita murahan. Untuk memberi warna alami pada wajah, mereka sering mencubit pipi untuk memberi rona merah di pipi.

Tren Kosmetik seperti vampir dengan mata hitam dan bibir merah gelap ini cukup digemari para artis, model dan wanita papan atas tahun 60 an. Modern make up sudah memasuki masa make up banyak berubah hingga sekarang. Dengan lipstik warna merah, eye liner, maskara dan lain sebagainya. Ini adalah masa kebebasan bagi wanita memilih mana make up yang disukainya.

Di Roma, ada periode ketika wanita tidak dianggap cantik jika mereka tidak memakai kosmetik. Hal ini menyebabkan inflasi dan para wanita kaya berjudi untuk dapat membeli kosmetik mahal dari India dan Timur Tengah. Untuk memerangi hal ini, Senat Romawi mendeklarasikan hukum yang melarang wanita berpenampilan cantik dengan kosmetik dan pakaian bagus di semua kota-kota Romawi.

Di peradaban lain, kosmetik juga menerima perlakuan negatif yang sama dari waktu ke waktu. Di Cina misalnya, masyarakat umum dieksekusi jika mereka tertangkap mengenakan cat kuku di muka umum yang saat itu merupakan hak istimewa yang hanya dimiliki oleh orang kaya. Sedangkan di Jepang, bangsawan wanita dilarang tampil di depan umum tanpa riasan kosmetik.

Meski memiliki sejarah yang panjang penggunaan kosmetik juga pernah mendapatkan larangan. Ratu Victoria dari Inggris, di abad kesembilan belas pernah mengungkapkan bahwa penggunaan kosmetik adalah hal yang vulgar dan tidak pantas, juga hanya boleh digunakan oleh para pemain teater. Namun, perkembangan indrustri kosmetik tidak berhenti di situ.

Zaman Kegelapan Eropa adalah saat kosmetik hampir menghilang dari muka publik. Karena sudah merupakan tradisi para PSK menggunakan kosmetik yang berlebihan untuk menyembunyikan usia dan mempercantik penampilan mereka. Saat itu untuk waktu yang lama, kosmetik ditinggalkan oleh mayoritas penduduk Eropa.

Raja dan ratu membuat pernyataan publik bahwa pemakaian kosmetik adalah suatu hal yang tidak pantas. Tak hanya itu, para petinggi Gereja menyebarkan keyakinan bahwa kosmetik hanya digunakan oleh kafir dan penyembah setan dan untuk waktu yang lama hanya aktor panggung yang diizinkan untuk menggunakannya, tetapi hanya selama pertunjukan berlangsung.

Awal abad 20 tanpa diragukan lagi adalah titik yang mengawali kejayaan industri kosmetik modern. Meningkatnya perfilman, fotografi, komunikasi cepat, inovator yang tak terhitung jumlahnya, dan dukungan dari pengusaha besar yang membantu memperkenalkan produk-produk kosmetik untuk setiap rumah tangga di dunia barat.

Selama beberapa dekade pertama abad ke-20, perusahaan kosmetik memperkenalkan lipstik padat, lip gloss, maskara, eyeliner, cat rambut, gel dan bedak. Dengan kemajuan tersebut, gaya Victoria segera dilupakan. Tren fesyen terus berganti setelah tahun 1930-an, memperkenalkan gaya baru setiap dekade.

L’Oréal merupakan salah satu perusahaan kosmetik tertua dan terbesar di dunia. Eugene Schueller mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1909 di Prancis. L’Oréal mulai merambah ke seluruh dunia dengan memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun 1910-an, dan masih terus berkembang hingga sekarang. Perancis merupakan salah satu negara tempat industri kosmetik memainkan peran penting, baik secara nasional maupun Internasional.

Seperti halnya busana, sebagian besar produk kosmetik yang memiliki label Made in France atau terdapat kata Paris di belakangnya akan memiliki nilai dan daya tarik lebih di pasar Internasional. Merek kosmetik terkenal yang diproduksi di Perancis antara lain L’Oréal, Vichy, Yves Saint Laurent dan Yves Rocher.

Brand Kosmetik Berkualitas Internasional

Sebatas penampilan wajah yang cantik saja belumlah cukup. Oleh karena itu, produk-produk kecantikan yang menyeluruh sangat diperlukan, misalnya produk perawatan kuku, tubuh (body care), maupun parfum. Aneka jenis produk dan alat-alat kecantikan itu dibutuhkan untuk menunjang penampilan agar terlihat segar dan awet muda. Peralatan dan produk-produk kosmetik dengan berbagai merek dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Memilih produk kecantikan terbaik perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing orang. Adanya beberapa kasus seperti produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri tentu perlu diwaspadai. Hal itu membuat kita perlu mempertimbangkan hal yang penting, seperti kandungan atau bahan kosmetik yang aman bagi tubuh.

1. Chanel

Sebagai salah satu pionir brand mewah terkemuka, produk-produk dari Chanel memang selalu didambakan oleh siapapun. Walaupun Chanel selalu mengeluarkan produk makeup baru setiap musim kreasi dari global creative make-up and colour director Chanel Lucia Pica, namun produk-produk klasik dari Chanel tetap laris di pasaran.

Tidak hanya menawarkan item fesyen, Chanel juga memiliki serangkaian produk perawatan kulit dan kosmetik. Merek ini telah dikenal karena produk kosmetiknya yang merupakan impian setiap wanita dan sangat populer di kalangan pelanggannya. Foundation Chanel merupakan produk foundation terbaik di dunia.

2. L’Oreal

L’Oréal merupakan brand kosmetik internasional kenamaan yang berasal dari Perancis dan telah berdiri sejak tahun 1909. Produk-produk kecantikan L’Oréal dikembangkan oleh para ilmuwan yang meliputi hair coloring, produk perawatan rambut, perawatan kulit (skin care), dan parfum.

Esensi brand yang dimiliki L’Oréal yaitu untuk membantu wanita menemukan kecantikannya yang unik. L’Oréal menggunakan teknologi canggih terkini, riset dan inovasi untuk menghasilkan produk-produk dan peralatan kecantikan berkualitas untuk wanita, pria, maupun anak-anak.

Shampoo yang diiklankan oleh televisi tersebut hanyalah salah satu dari produk kecantikan yang ditawarkan oleh L’Oreal. Shampoo, pewarna rambut, perawatan kulit, makeup, pelindung matahari dan parfum menjadi produk kecantikan yang sering ditawarkan oleh merk kosmetik terkenal ini. Produk kosmetik yang dirilis oleh L’Oreal biasanya juga diberi harga yang lumayan mahal.

3. Maybelline

Maybelline adalah produk kosmetik internasional yang didirikan pada tahun 1915 oleh T.L. Williams di New York, Amerika Serikat. Nama Maybelline merupakan gabungan dari Maybel (nama saudara perempuan T.L. Williams yang menjadi inspirasi produknya) dan vaseline. Perusahaan ini diambil alih oleh L’Oreal Group sejak tahun 1996, setelah sebelumnya sempat diambil alih oleh Plough Inc.

Pada tahun 1967 (yang kemudian berubah nama menjadi Schering-Plough Corporation pada tahun 1971) dan grup investor Wasserstein Perella & Co pada tahun 1990. Maybelline adalah merek yang memperkenalkan maskara padat pertama pada tahun 1913 dan menjadikan maskara sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keseharian wanita.

Kini hadir di lebih dari 100 negara, Maybelline New York menawarkan lebih dari 200 produk kosmetik dengan warna-warna cantik dan trendi, yang menyatukan formula dengan teknologi terkini dan keahlian dalam trend terbaru. Produk pertama yang diluncurkan Maybelline adalah Maybelline Cake Mascara pada tahun 1917. Maybelline pertama kali menciptakan slogan “Maybe She’s Born With It. Maybe It’s Maybelline” pada tahun 1991 dan masih digunakan sampai saat ini.

4. M.A.C

M·A·C adalah perusahaan makeup profesional terdepan dunia karena keahlian SENI makeup kami yang tidak ada bandingnya. M.A.C Cosmetics, nama tersebut merupakan kependekan dari “Make-up Art Cosmetics” yang telah menjadi brand global dan dikenal di seluruh dunia. Brand kosmetik populer ini merupakan bagian dari perusahaan kecantikan Estée Lauder yang awalnya bermula di Toronto, Kanada dan kini berbasis di New York.

Kosmetik M.A.C didirikan oleh Frank Toskan dan Frank Angelo pada tahun 1984. Produk-produk kecantikan M.A.C Cosmetics meliputi make up untuk mata seperti shadow, liner, mascara, brow, lash dan eye pallettes. Selain itu, ada produk make up untuk wajah, bibir, kuku, macam-macam brushes, dan parfum.

5. Revlon

Revlon didirikan tahun 1932 oleh Charles Revson di New York, Amerika. Produk kosmetik Revlon ini sangat mudah untuk ditemukan di berbagai tempat perbelanjaan di mall. Tidak hanya sekedar menjual alat kosmetik saja, Revlon juga menjual produk lain seperti parfum dan perawatan kulit tubuh.

Sebagai salah satu merk kosmetik wanita terkenal di dunia, produk-produk Revlon tidak hanya digunakan oleh wanita biasa saja. Beberapa artis dan model terkenalpun juga diketahui menggunakan produk kosmetk ini.

Brand Kosmetik Lokal Berkualitas

Bisa dibilang produk kecantikan di Indonesia kian kemari perkembangannya sangat pesat. Hal ini disebabkan karena ramainya tren kecantikan yang muncul sehingga mempengaruhi masyarakat untuk terus memenuhi keinginan atau kebutuhan akan produk-produk kecantikan.

Bisa dilihat, sekarang ini hampir semua perempuan di generasi millenial tidak bisa jauh dengan produk kecantikan, mulai dari khusus perawatan kulit hingga produk Kosmetik. Mereka percaya, bahwa produk kecantikan memiliki khasiat bagus untuk kulit dan penampilan mereka. Selain itu, dengan menggunakan produk kecantikan mereka bisa tampil lebih cantik dan fresh, sehingga bisa menimbulkan rasa lebih percaya diri dari sebelumnya.

Tentunya, hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pengaruh beauty vlogger yang banyak memberikan informasi seputar produk kecantikan, sehingga masyarakat tertarik untuk mencobanya. Tak heran, jika banyak produk kecantikan yang muncul ke pasaran. Awalnya, brand kosmetik lokal tidak begitu dipandang oleh pecinta Kosmetik tanah air.

Namun, seiring berjalannya waktu, kualitas kosmetik lokal sudah setara dengan kualitas merk luar. Nah, merek lokal apa aja sih yang kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata? Berikut brand kosmetik lokal berkualitas.

1. Purbasari

Brand kecantikan yang awalnya dikenal akan berbagai produk lulur tubuh ini sempat membuat heboh karena peluncuran koleksi lipstik matte-nya yang selalu sold out (habis). Merek lokal yang satu ini lebih dikenal dengan produk lulurnya, namun setelah mengeluarkan lipstick matte, Purbasari mendapatkan popularitas yang cukup tinggi.

Saat semua lokal brand cenderung bermain aman dalam pemilihan warna, Purbasari membuat gebrakan dengan memproduksi warna-warna cool tone. Selain warnanya yang beragam, harga yang ditawarkan sangat terjangkau, tak heran jika lipstick ini sempat sold out dimanapun. Selain lipstick, kini Purbasari juga mengeluarkan lipcream dan foundation.

2. Wardah

Beberapa brand kosmetik telah mengantongi sertifikasi halal dari instansi yang berwenang. Adanya brand kosmetik halal ini memudahkan Muslimah untuk memilih produk kecantikannya yang membuatnya merasa aman karena halal. Tercatat ada delapan brand kosmetik halal, yang masing-masing menyediakan beragam produk perawatan wajah dan juga aneka kosmetik.

Muslimah dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Wardah merupakan brand kosmetik Indonesia yang berkomitmen penuh untuk menghadirkan produk-produk kecantikan yang sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sesuai dengan motto Wardah yaitu “Earth, Love, Life,” Wardah selalu mengkampanyekan pengaruh inspirasi positif yang ada di dalam diri setiap wanita, untuk lingkungan dan kehidupan. Salah satu produk kamulan Wardah yang selalu menjadi incaran para wanita Indonesia adalah Wardah Exclusive Matte Lip Cream dengan berbagai shades yang menarik.

3. Mustika Ratu

Mustika Ratu telah berdiri sejak 1975 dan tergolong kedalam merk kosmetik yang cukup legendaris di Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam bidang kosmetik, Mustika Ratu menawarkan berbagai rangkaian produk kecantikan dengan harga yang sangat terjangkau.

Salah satu produk Mustika Ratu yang patut kalian coba adalah Beauty Queen High Coverage, dengan harga kurang dari Rp 150 ribu kalian sudah mendapatkan foundation dengan coverage tinggi namun tetap terlihat natural.

4. Sariayu

Siapa yang tidak mengenal Sariayu? Brand kosmetik ini telah hadir melayani wanita Indonesia sejak dulu, bahkan sejak era nenek dan ibu kita. Brand kosmetik ini berada di bawah naungan Martha Tilaar Group yang dipelopori seorang pengusaha wanita sukses asal Jawa Tengah, yaitu Dr. Martha Tilaar.

Keunikan dari brand ini adalah Sariayu setiap tahunnya selalu mengeluarkan produk-produk dengan pilihan warna-warna baru dengan tema khas bernuansa Indonesia.

Bahkan Sariayu mengeluarkan koleksi Trend Warna berjudul Sariayu Inspirasi Jakarta yang terdiri atas Matte Metallic Lipstik, Matte Lip Cream dan Dynamic Mettalic Eyeshadow Kitdengan range. Nama-nama khas tanah air yang selalu diusung oleh brand ini dan memang mencerminkan seluruh produk Sariayu yang cocok untuk warna kulit para wanita Indonesia.

5. Make Over

Pernah keliru mengira Make Over adalah cosmetic brand yang berasal dari luar negeri? Namanya memang sepintas mirip seperti brand asal Paris, Make Up For Ever, high-end cosmetic yang juga dipakai dalam berbagai gelaran fashion show. Jika melihat Make Over, kemasan berbagai produk kecantikannya juga simple dengan dominasi warna hitam sehingga membuatnya tampak elegan. Koleksinya pun semakin lengkap.

Dari eyeliner, contour palette, powder foundation, hingga blush stick. Kualitasnya juga tidak kalah bagus dari Make Up For Ever, dengan harga yang amat ramah di kantong. Make Over Intense Matte Lip Cream merupakan salah satu produk unggulan Make Over yang sering juga diulas oleh para beauty blogger, beauty vlogger, dan influencer Indonesia.

Wanita memang tidak bisa lepas dari kosmetik ,bahkan sejak 5000 tahun yang lalu ,jauh sebelum tren smokey eyes atau alis tebal merajalela dan menjai pusat perhatian masa kini. Ada banyak perubahan yang terjadi di sejak 5000 tahun lalu dalam hal kosmetik. Kosmetik bagi sebagian besar wanita jadi salah satu elemen penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Produk-produk kosmetik diatas diyakini mampu memberi kepercayaan diri ekstra dan juga jadi salah satu rutinitas yang dapat memberi perlindungan pada kulit terlebih saat akan keluar rumah. Ada banyak merek kosmetik yang menawarkan produk kosmetik terbaik. Sekianlah informasi mengenai sejarah kosmetik serta merek ternama kosmetik lokal dan Internasional, semoga ulasan diatas dapat memberi manfaat kepada pembaca.

Categories: beauty