javascript hit counter

Jangan Ngaku Suka Korea, Kalau Belum Coba Makanan Ini

Negara Korea biasanya membicarakan tentang artis yang cantik dan aktornya yang tampan. Tapi tidak hanya itu saja, ternyata banyak hal unik yang terdapat di Negara Ginseng ini, seperti tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi saat sedang berlibur di negara ini.

Hal lainnya yang membuat Negara ini terkenal adalah menu makanan atau kulinernya. Menu seperti tteokboki atau bibimbab mungkin sudah tak asing lagi untuk Anda, karena di Indonesia menu ini pun sudah banyak dijual atau disajikan di restoran atau cafe-cafe Korea. Beranjak dari sesuatu yang biasa tersebut, Korea ternyata memiliki beberapa hidangan ekstrim yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Negara ini. Beberapa makanan ini akan menguji adrenalin anda, karena menu makanan tersebut sangat aneh dan akan terlihat sangat asing untuk anda. Bahkan mungkin beberapa orang akan langsung mual dan muntah saat mendengar bahan makanan tersebut.

Makanan-makanan Korea yang aneh dan ekstrim itu, antara lain:

1. Beondegi (Kepompong Ulat Sutera)

Beondegi adalah sejenis makanan atau camilan yang biasa dijual di kaki lima Korea. Makanan ini terbuat dari kepompong ulat sutera yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Untuk menikmati makanan atau camilan yang satu ini, biasanya beondegi diberi sedikit bumbu. Orang Korea biasa menikmati beondegi ini sambil minum alkohol atau dimakan sambil jalan-jalan.

2. Sannakji


Sannakji adalah salah satu sajian ekstrim dari korea yang merupakan olahan dari gurita mentah yang populer di Korea. Hidangan ini terbuat dari nakji, yaitu: gurita berukuran kecil atau sedang. Yang menjadikan kuliner ini cukup ekstrim adalah, sannakji dimakan dalam keadaan hidup. Biasanya gurita yang masih hidup ini disajikan hanya dengan dipotong-potong lalu dibubuhi wijen, serutan daun bawang, dan saus. Karena gurita tersebut masih hidup, tentakelnya masih aktif bergerak, bahkan saat disajikan di atas piring. Kadang sannakji juga disajikan utuh, jika ukuran guritanya tidak terlalu besar.

Berikut ini adalah video sajian Sannakji, dimana tentakel gurita masih bergerak-gerak saat disajikan kepada tamu:

3. Dalkbal


Makanan Korea yang satu ini bahan utamanya adalah kaki ayam atau ceker. Kaki ayam tersebut dipotong kukunya, dibersihkan dan lalu dimasak dengan bumbu khusus. Dalkbal dikenal sebagai makanan yang istimewa dan tidak selalu disajikan setiap harinya. Makanan ini biasanya hanya disajikan pada momen-momen tertentu saja. Untuk orang Indonesia, makanan ini bukan termasuk makanan yang ekstrim, karena makanan ini memang sangat populer di Indonesia. Tapi untuk oranglain dari negara yang berbeda, makanan ini termasuk makanan yang ekstrim, karena kebanyakan dari orang-orang tersebut merasa takut dan enggan untuk mencobanya.

4. Hongeo


Menu Korea yang satu ini bukan hanya ekstrim untuk turis yang datang ke Korea saja, tapi juga untuk warga Korea. Hongeo adalah semacam sushi ikan pari yang disajikan mentah. Bagian yang menantang adalah, ikan ini mengeluarkan aroma ammonia yang sangat pekat, sehingga anda harus menutup hidung pada saat mengkonsumsinya. Banyak orang yang merasa mual ketika memasukkan makanan ini ke dalam mulut mereka.

5. Soondae


Makanan Korea lainnya yang juga terkenal sangat ekstrim adalah Soondae. Soondae adalah sosis darah khas Korea. Orang Korea biasanya merebus usus sapi atau babi yang dicampur dengan mie dan darah. Tergantung jenis soondae yang diinginkan. Soondae ini sangat mudah untuk didapatkan, karena dijual hampir di setiap jajanan kaki lima.

Berniatkah anda untuk mencoba menu-menu makanan korea di atas tersebut?

Categories: unique