javascript hit counter

Inemuri, Kebiasaan Tidur Sembarangan Orang Jepang Yang Unik

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya saja saat tidur di malam hari, beberapa orang lebih suka tidur lebih cepat atau lebih awal, ataupun tidur lebih lama atau larut. Dan bahkan ada orang yang tidak bisa tidur di malam hari. Semua bergantung pada kebiasaan orang tersebut.

Kebiasaan tidur ini juga berbeda-beda di setiap negara. Beberapa negara memiliki kebiasaan tidur yang unik dan aneh. Salah satu kebiasaan tidur yang unik tersebut terjadi di Negara Jepang. Anda mungkin akan terkejut saat pertama kali berlibur di Jepang, kemudian melihat banyak masyarakat tidur di tempat-tempat umum, seperti: di dalam mobil atau bus, di tempat rapat dan di tempat umum lainnya.

Beberapa di antaranya bahkan tidur di tempat-tempat yang terbilang ekstrim, seperti: di trotoar jalan. Kalau di beberapa Negara kebiasaan tidur di sembarang tempat ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan dan kemungkinan akan ditegur, namun berbeda halnya dengan yang terjadi di Jepang.

Di Jepang, tidur di sembarang tempat dianggap sebagai sesuatu yang wajar dan normal untuk dilakukan, karena Negara yang terkenal dengan teknologinya yang canggih ini sangat menghargai waktu tidur seseorang dan hal itu wajib untuk dihormati. Kebiasaan orang Jepang yang tidur sembarangan ini disebut dengan Budaya Inemuri.

Pengertian Inemuri:

Inemuri ( 居眠り) yang memiliki arti tidur sebentar atau ‘hadir sembari tidur’, merupakan kegiatan tidur yang dianggap sebagai sesuatu yang lumrah untuk dilakukan di dalam kebudayaan Jepang. Kebiasaan tidur di sembarang tempat yang dilakukan oleh masyarakat Jepang ini, tidak dianggap sebagai salah satu bentuk tindakan bermalas-malasan. Masyarakat Jepang lainnya bahkan menganggap, bahwa mereka yang melakukan hal ini merupakan seorang pekerja keras atau dianggap sebagai seseorang yang sungguh-sungguh mengabdikan dirinya di perusahaan tempat dia bekerja. Sangkin sangat mengabdinya, waktu untuk tidurpun menjadi terabaikan.

Sejarah Inemuri:

Jika berbicara tentang asal mula atau sejarah kebudayaan Inemuri ini, anda akan diperhadapkan dengan kehidupan masyarakat Jepang pada zaman dahulu. Sejarah Inemuri ini diperkirakan memang sudah ada sejak zaman Samurai di Jepang dan mulai populer pada era tahun 80-an. Pada zaman dahulu, masyarakat Jepang memang sudah terkenal sebagai masyarakat yang pekerja keras. Mereka tidak hanya bekerja di kantor, tapi kerap membawa pekerjaannya tersebut ke rumah untuk diselesaikan, jika di kantor tidak sempat mengerjakannya.

Beberapa dari mereka bahkan menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai tersebut saat sedang berada di perjalanan pulang. Pekerja keras sekali ya masyarakat Jepang ini? Pantas saja Jepang bisa menjadi salah satu Negara Maju di Dunia. Karena hal inilah, wajar jika masyarakat Jepang kurang beristirahat, sehingga saat kembali melakukan aktivitas di keesokan harinya, mereka akan merasa sangat mengantuk.

Tak hanya untuk orang dewasa, hal ini juga berlaku pada anak sekolah di Jepang. Guru di sekolah akan memaklumi murid-muridnya, jika ada diantara mereka yang tertidur saat pelajaran di kelas sedang berlangsung, karena guru tersebut sudah tahu kalau muridnya mungkin tadi malam belajar atau mengerjakan PR sampai larut malam.

Meskipun budaya tidur di sekolah ini sangat dimaklumi di Jepang, namun saat melakukan budaya tidur Inemuri ini, orang Jepang tidak bisa melakukannya dengan seenaknya saja. Posisi badan mereka harus tetap dalam keadaan tegak lurus dibangku,dengan kata lain tidur sambil duduk, meski kepala diletakkan di meja dan tidak diperbolehkan tidur dengan posisi terlentang, terkecuali di tempat-tempat umum selepas bekerja atau bersekolah.

Budaya Inemuri di Tempat Umun

Awalnya, tradisi Inemuri ini hanya dilakukan untuk menunjukkan ‘kerja keras’ seseorang, namun lambat laun berkembang menjadi sebuah kebiasaan unik masyarakat Jepang. Bukan hanya di kantor ataupun sekolah saja, saat berada di taman, trotoar jalan, halte bus, bahkan di atas motor, anda akan sering menemukan orang-orang Jepang ini sedang melakukan Inemuri. Biasanya anda akan menemukan mereka dengan gaya-gaya tidur yang aneh dan konyol.

Bagaimanapun gaya tidur yang dilakukan orang-orang Jepang ini dan mau dimana saja pun mereka melakukannya, orang-orang yang berada di dekat mereka tidak akan marah, apalagi sampai membangunkannya. Dan mereka juga tidak perlu khawatir, kalau barang berharga mereka, seperti dompet, tas, handphone akan dicuri orang lain saat tertidur lelap, karena di Negara Jepang ini, tingkat angka kriminal sangat rendah, terutama dalam kasus pencopetan dan pencurian.

Budaya Jepang yang satu ini memang sangat aneh, tapi tidak ada salahnya bagi kita untuk menghormati budaya tersebut, karena setiap Negara pasti memiliki budaya yang berbeda-beda.

Categories: unique