javascript hit counter

Teknik-Teknik Mendasar Guna Memiliki Skill Mumpuni Dalam Bermain Futsal

Futsal adalah satu permainan bola yang menampilkan dua tim dalam satu pertandingan dan setiap timnya memiliki pemain inti lima orang, tak hanya pemain inti saja yang ada dalam satu timnya. Karena ikut serta, para pemain cadangannya yang bersiap-siap akan menggantikan diantara kelima pemain intinya yang akan mersakan kelelahan atau Cedera. Tujuan dalam satu pertandinga Futsal adalah membobol gawang lawan dengan menggunakan skill individu yang dimiliki seorang pemain, guna mengelabuhi lawan agar melancarkan strategi yang sudah diatur.

Apakah anda salah seorang penggemar Futsal? Atau anda sedang mepelajari teknik mendasar untuk mengasah kemahiran dalam bemain Futsal? Karena dalam bermain futsal memang sangat dibutuhkan Stamina dan skil mumpuni yang untuk meningkatkan daya dobrak serangan ke pertahanan lawan. Memang dalam bermain Futsal juga memerlukan kekompakan tim yang sangat solid. Dengan skill tersebut, anda bisa menjadi salah satu kapten di tim futsal Seperti Pemain Timnas Futsal Indonesia U-20 Yang bernama Ardiansyah RuntuBoy.

Tidak hanya sampai disitu juga tentunya harapan anda untuk meningkatkan Skill anda dalam bermain futsal bukan. Tak heran juga, bahwa anda juga pastinya mempunyai mimpi agar suatu saat nanti bisa menjadi pemain terbaik dunia dalam bermain Futsal. Tentu anda harus meningkatkan skil dengan terus menerus latihan secara rutin untuk menggapai semua mimpi anda. Harus selalu optimis juga untuk menggapainya. Jika kalau anda tidak optimis, maka percuma saja. Karena segala sesuatunya tidak ada yang kebetulan. Semangat. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk mengetahui teknik-teknik mendasar untuk meningkatkan skill anda dalam bermain Futsal. Yuk simak untuk mengetahuinya lebih dalam lagi. Berikut dibawah ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan skill futsal anda :

Tahap-Tahap Untuk Meningkatkan Skill Futsal

Jika anda lihat dengan cermat, Futsal memang sangat mirip dalam bermain sepak bola lapangan besar yang beranggotakan 11 orang dan memiliki pemain cadangan juga. Secara teknik dasarnya sudah pasti akan sama seperti menggirng, menembak dan mengoper bola. Bedanya hanya satu saja sih sebenarnya, yaitu luas lapangan yang memang berbeda. Para pemainnya pun dituntut untuk berpikir denga keras guna merancang strategi yang sangat berbeda.

Karena mengingat lapangannya yang berbeda, pemain futsal juga memang diharuskan memiliki skill individu yang berbeda dari pemain bola lapangan besar. Dibawah ini adalah cara yang baik untuk menguasai dan mengasah skill Futsal anda :

1. Teknik Passing (Mengumpan Bola)

Dalam setiap permainan bola, para pemain memang sangat diwajibkan untuk menguasai teknik mengumpan bola. Karena pada dasarnya, dengan teknik mengumpan bola yang baik memiliki peranan vital dalam permainan futsal, karena selain untuk mendominasi alur pertandingan, ini juga sangat membantu para pemain untuk membangun variasi serangan yang akan di peradukan di satu lapangan futsal tersebut.

Cara mengumpan bola dengan baik dan benar dalam teknik Passing Futsal ini juga terdapat beberapa macamnya yang bisa anda terapkan agar bisa memberikan bola kepada teman Satu tim anda. Seperti misalnya Passing dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam, luar dan bisa juga anda lakukan dengan menggunakan tumit anda.

2. Teknik Mengontrol Bola

Dalam permainan futsal yang anda ketahui tentunya sangatlah penting dalam menguasai teknik mengontrol bola atau menahan bola yang di passing oleh teman satu tim anda. Controlling adalah salah satu teknik dasar dalam permainan yang dimiliki seorang pemain saat menerima bola umpan dari temannya agar mampu dihentikan dan dikuasai dengan baik. Kuasai teknik ini untuk meningkatkan skill bermain futsal Anda.

Teknik Mengontrol bola yang bisa anda lakukan dengan benar, maupun itu menggunakan kaki pada bagian dalam, bagian luar bahkan bisa juga dengan telapak kaki anda untuk mengontrolnya. Terkadang seorang pemain bola juga harus menggunakan dada, paha dan semua anggota tubuh lainnya, Guna menghentikan bola dengan melakukan pengontrolan bola dengan pergerakkannya, Tapi Jangan Pakai Tangan Ya. Paling sering pemain bola mengontrol bola dengan menggunakan telapak kaki, Sehingga dengan cara tersebut sangat mutlak dibutuhkan juga.

Semakin bagus kemampuan pemain dalam mengontrol bola dengan benar, maka semakin pendek jarak pantulan bola. Lekatkan bola sedekat mungkin dengan tubuh Anda sehingga pihak lawan akan sulit ‘mencuri’ dan merebut bola dari penguasaan Anda. Ada beberapa tips yang perlu dicermati dalam mengontrol bola dengan kaki saat bermain futsal, di antaranya adalah:

  • Pasang mata dan waspada terhadap arah bola yang akan datang ketika di passing dari teman atau bola liar.
  • Pada saat bola akan menghampiri Anda, usaha untuk tetap menjaga keseimbangan anda.
  • Agar mampu menguasai bola dengan mudah, lakukan kontrol dengan menggunakan telapak kaki (sole)

3. Teknik Bola Lambung

Pada pertandingan futsal, teknik ini memang hampir sama seperti passing dan yang membedakannya hanya terletak pada Chipping memakai kaki bagian atas ujung sepatu dan ditendang mengenai bagian bawah bola. Chipping adalah teknik permainan yang dilakukan untuk melambungkan bola agar naik ke atas saat ditendang dengan ujung kakinya sehingga mampu melewati pemain lawan.

Dengan teknik seperti ini tentunya guna untuk mengumpan bola kepada teman satu tim, bahkan bisa juga untuk mengelabuhi pemain lawan pada saat anda berhadapan satu lawan satu. Tah hanya itu saja, guna menguasai teknik bola lambung juga bisa untuk membobol gawang lawan pada saat sudah berhadapan langsung dengan kiper lawan atau penjaga gawang.

  • Posisi bola yang harus berada di depan anda
  • Tempatkan kaki yang akan dijadikan tumpuan di samping bola
  • Kaki untuk menendang ditarik ke belakang lalu ayunkan ke depan
  • Saat melakukan tendangan tempatkan ujung kaki pada bagian bawah bola
  • Ayunkan dan angkatlah bola ke depan
  • Ikuti saja gerakan kaki yang tetap mengayun ke depan dengan mengikuti arah bola

4. Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Dribbling adalah teknik dasar dalam permainan dimana seorang pemain memiliki kemampuan dalam menguasai bola untuk mengecoh lawannya. Teknik menggiring bola pada futsal maupun sepak bola bisa dilakukan dengan cara berlari, berjalan, berputar ataupun berbelok dengan kemampuan yang dimilikinya agar jangan sampai lawan dapat merebut bola dari penguasaan kita.  Pada saat pertandingan berlangsung teknik dribbling dibutuhkan untuk melewati pemain lawan dan mengarahkan bola menuju ruang kosong serta membuka peluang untuk melakukan tendangan ke arah gawang.

Penguasaan terhadap teknik dribbling dengan baik merupakan seni tersendiri dalam bermain futsal dimana kelenturan dan keseimbangan sangat-sangat diperlukan oleh setiap pemain. Cara untuk melakukan teknik dalam menggiring bola (dribbling) dengan baik ada beberapa teknik yaitu:

  • Dribbling dengan kaki sisi luar

Cara menggiring bola menggunakan teknik kaki bagian luar ini dilakukan untuk memperdaya pemain lawan ke arah samping kanan atau kiri pemain, tergantung kaki yang digunakan. Jika seseorang memakai kaki kanan bagian luar maka dia bisa mengecoh ke arah kanannya yaitu ke arah sebelah kiri dari pemain lawan dan begitu juga sebaliknya.

  • Dribbling dengan kaki sisi dalam

Pada permainan futsal seorang pemain dapat mengecoh lawannya dengan menggunakan teknik menggiring bola ini ke arah samping kiri jika dia menggunakan kaki kanan bagian dalam atau di sebelah samping kanan dari pemain lawan, begitu juga sebaliknya.

  • Dribbling dengan punggung kaki

Cara menggiring bola menggunakan bagian punggung kaki ini biasa dilakukan jika dalam kondisi lawan berada pada jarak yang cukup jauh dan tidak menghalangi gerakan Anda. Namun cara ini kurang begitu efektif untuk mengelabuhi lawan ke arah samping kanan maupun sebelah kiri. Ada beberapa tips dan cara melakukan teknik dribbling dengan baik yang perlu diperhatikan oleh pemain, diantaranya adalah:

  • Sebisa mungkin untuk tetap menguasai bola dan menjaga jarak dengan pemain lawan
  • Tetap menjaga kelenturan dan keseimbangan tubuh saat melakukan gocekan
  • Menyentuh bola dengan menggunakan bagian telapak kaki secara berkesinambungan
  • Pandangan pemain harus tetap fokus saat bersentuhan dengan bola
  • Selalu siap dalam mengantisipasi pergerakan lawan untuk merebut bola dari penguasaan kita.

5. Teknik Shooting (Menembak Bola)

Teknik Shooting dengan baik dan benar tentunya sangat wajib dimiliki seorang pemain yang posisinya sebagai penyerang. Bahkan sebagai gelandang serang juga diharuskan serta seluruh pemain juga memang harus memiliki teknik seperti ini agar bisa mencetak gol ke gawang lawan. Teknik seperti ini tentunya memang sangat membutuhkan tendangan yang tepat dan akurat guna menempatkan bola ke gawang lawan yang sulit dijangkau penjaga gawang lawan.

Jika anda melakukan Shooting yang keras , pastinya anda harus menggunakan kaki bagian luar maupun bagian dalam yang berada tetap di ujung kaki anda. Selain teknik ini, anda juga bisa menggunakan punggung kaki sebagai pilihan lain dalam melakukan Shooting. Seandainya anda menggunakan ujung kaki atau sepatu yang dipakai, teknik semacam ini juga bisa memberikan tendangan sangat kencang dan bolanya juga akan lurus ke depan. Memang harus memerlukan latihan yang serius untuk menerapkan teknik Shooting tersebut.

6. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Pada permainan futsal teknik heading tidak terlalu sering digunakan selama pertandingan berlangsung karena ukuran lapangannya yang kecil sehingga lebih mendominasi bola-bola bawah melalui umpan pendek antar pemain. Namun walaupun begitu teknik menyundul bola ini penting untuk dikuasai oleh para pemain futsal pada saat memainkan bola atas seperti ketika bola melambung di atas kepala baik itu untuk mengumpan kepada teman satu timnya maupun untuk memasukkan bola ke arah gawang.

Dibawah ini juga saya telah merangkum Beberapa cara dan tips teknik heading atau menyundul bola yang perlu dipahami saat melakukan sundulan bola yaitu:

  • Setiap pemain perlu menyadari bahwa mereka melakukan sundulan bola bukan ditabrak oleh bola.
  • Tiap pemain harus mengetahui cara menyundul bola yang benar dengan menggunakan dahi bukan bagian ubun-ubunnya.
  • Pemain tetap membuka matanya ketika melakukan sundulan untuk memastikan bola disundul menggunakan dahinya.
  • Gigi dirapatkan, otot leher dikencangkan dan tempatkan posisi kepala pemain dengan benar agar sundulan lebih tajam dan akurat.
  • Sering melakukan latihan untuk menghasilkan kualitas sundulan yang berkualitas, akurat dan terarah pada titik sasaran.

Nah, itulah teknik-teknik untuk meningkatkan skill anda dalam permainan Futsa. Jangan takut untuk melakukan hal yang baru guna mengembangkan bakat terpendam anda. Karena kesempatan untuk menggapai cita-cita dan tujuan hidup anda tidak terjadi dua kali dalam seumur hidup. So, buatlah hidup lebih berarti lagi dengan memamerkan kemampuan yang anda miliki. Meskipun itu harus menerima kritikkan dari orang-orang.

Semoga artikel ini sangat berguna bagi anda yang sedang mengasa kemampuan teknik dalam bermain futsal. Akhir kata saya mengucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya. Semoga anda dapat menggapai mimpi untuk memajukan dunia persepak bola di Indonesia. Selamat mencoba.

Categories: sport