javascript hit counter

Gereja Chatolic Basilica ,Vatican Roma

Vatican merupakan negara yang wilayahnya terdiri dari batasan dinding didalam kota Roma di Italia. Vatikan memiliki luas sekitar 44 hektar, dan populasi lebih dari 800 jiwa. Hal ini membuat Vatikan negara merderka terkecil yang diakui secara internasional di dunia dengan baik wilayah dan jumlah penduduk. Paus merupakan Kepala Negara dan Pemerintah Negara Kota Vatikan.

Kota Vatikan didirikan sebagai sebuah negara merdeka pada tahun 1929 oleh Lateran Treaty, ditandatangani oleh Kardinal Sekretaris Negara Pietro Gasparri, atas nama Paus Pius XI dan oleh Perdana Menteri Benito Mussolini  atas nama Raja Victor Emmanuel III dari Italia.

Di Vatikan inilah terdapat Gereja Katolik Roma yang merupakan gereja kristen terbesar di dunia, yang memiliki anggota sebanyak kurang lebih semilyar, sama hal dengan separuh dari total umat kristen diseluruh dunia atau seperenam dari populasi dunia. Bagi kamu yang berkunjung ke negara Italia, maka salah satu tempat wisata yang perlu dikunjungi adalah salah satunya Gereja Katolik Roma yang berada di Vatikan ini. Selain latar belakang kisah kekristenan yang bisa kita lihat juga juga dapa melihat tatanan arsitektur dari kawasan dan bangunan Gereja Katolik Roma tersebut yang begitu sangat megah sekali (terutama interior dalam gedung ini).

Sedikit sekilas mengenai latar belakan berdirinya Gereja Katolik Roma ini adalah dari salah satu murid Yesus (Isa Al Masih) yang bernama Petrus  yang telah berjuang didalam penyebaran Injil. Petrus pada akhirnya mati disalib (untuk tidak menyamakan penyaliban terhadap guru-Nya yaitu Yesus, Petrus meminta untuk disalib dengan posisi terbalik, kepala dibawah dan kaki diatas). Semasa Yesus  masih hidup pernah mengatakan kepada Petrus bahwa Petrus ditasbihkan sebagai pemegang kunci sorga dan banyak umat mengikutinya bagaikan karang batu. Bila kita melihat dikawasan gereja ini terdapat tiang tugu yang amat tinggi, disitulah menurut kisah tempat Petrus disalib terbalik.

Didalam Gereja Katolik Roma ini juga terdapat makam Petrus dan juga terdapat patung sosok Petrus yang para umatnya dapat menyentuhnya dan berdoa disana. Bangunan gereja ini memiliki langit yang sangat tinggi sekali, dihiasi dengan ukiran/pahatan serta interior yang sangat megah dan indah. Kamu akan terpada melihat suasana didalam gereja tersebut. Seakan belum pernah kamu melihat keindahan interior dan arsitektur sedemikan rupa disana.

Kita dapat ditemani oleh pemandu disana, dan kita juga dapat dilengkapi dengan earphone yang terhubung dengan radio, sehingga kita dapat mendengarkan pembicaraan pemandu walau posisi kita berjauhan dengan si pemandu. Alat  ini juga dapat memandu bila kita tertinggal rombongan didalam bangunan tersebut. Sebelum masuk kedalam gereja ini terlebih dahulu kita harus melalui alat sensor dan setiap tas akan discan. Setelah dinyatakan aman, maka kita baru dapat masuk kedalam gereja ini.

untitled

Mengapa Digreja Vatikan Roma Banyak Patung Berhala.Tempat peribadahan agama katolik sangatlah khas yaitu bangunan gereja yang dipenuhi oleh berhala berupa patung dan lukisan makhluk hidup.  Mengapa tempat ibadah katolik harus dipenuhi patung? mengapa banyak patung di dalam bangunan ibadah yang namanya gereja katolik? Apa anda tidak pernah bertanya-tanya dan merasakan keanehan ? Bukankah rumah ibadah untuk menyembah Tuhan harus bebas dari segala bentuk berhala baik berupa lukisan dan patung makhluk hidup? Pernahkah kita berpikir demikian?

Pertanyaan tentang mengapa banyak patung yang dipuja dan diikutsertakan saat ritual ibadah dalam agama katolik romawi yang berpusat di Vatikan akan terjawab jika kita mau belajar soal sejarah agama katolik dan sejarah gerejanya. Banyak pemeluk agama katolik sendiri yang tak tahu tentang sejarah agama katolik yang sebenarnya. Baiklah, MAK akan beritahu tentang fakta sejarah yang mungkin mengejutkan.

Sebagian besar bahkan hampir semua penganut agama katholik percaya cerita versi pastur bahwa Gereja katolik adalah gereja awal kekristenan yang didirikan oleh Petrus alias Thomas murid yesus yang juga disebut sebagai Bapa awal Gereja mula-mula. Namun apakah benar demikian? Benarkah Petrus alias Thomas murid yesus yang mendirikan gereja katolik? Benarkah Thomas yang memerintahkan pembangunan patung-patung berhala di setiap gereja untuk menyembah Tuhan? Sebagai murid yesus, tentu mustahil Thomas mengajarkan dan memerintahkan pembuatan patung di rumah ibadah, karena Yesus tak pernah mengajarkan pendirian dan pemujaan patung. Rumah ibadah Yesus dan Thomas adalah bait Allah yang lebih mirip dengan sinagog yahudi, tidak berupa gereja yang penuh dengans egala macam lukisan dan patung. Mustahil Thomas membuat ajaran yang berbeda dengan ajaran Yesus. Thomas bukanlah Paus yang pertama. Thomas bukalah Bapa gereja Awal. Banyak pertanyaan misteri katolik yang seharusnya membuat kita berpikir kritis, ada apakah yang sebenarnya?

Sejarah patung dalam gereja katolik ini diakui oleh ensiklopedia katolik sendiri.Bangsa pagan Romawi adalah penganut helenisme, tentu saja Bangunan rumah ibadah dipenuhi oleh ratusan patung dewa-dewa Tuhan mereka. Jadi tak mengherankan jika rumah ibadah mereka dipenuhi segala bentuk patung makhluk hidup baik yang berada di langit, di darat ataupun di dalam lautan. Semua jenis patung dewa yunani ada di dalam gedung ibadah kaum pagan (kini disebut gereja).

MAK jelaskan, gereja katolik perdana di kota Roma itu sebetulnya berdiri bukan oleh perintah Thomas murid Yesus. Gereja katolik itu sudah ada jauh lama sebelum yesus dan Thomas dilahirkan ke dunia ini. 3 abad sebelum Allah menciptakan Yesus, gereja katolik sudah ada di kota romawi. Ya, itu benar. Tiga ratus tahun sebelum Yesus ada, Bangsa Romawi sudah punya bangunan rumah ibadah full dengan berhala yang kemudian berganti nama menjadi gereja. Berkali-kali renovasi gereja yang dilakukan malah menghias dan menambahkan jumlah koleksi berhala yang ada. Silakan cari informasinya ke perpustakaan Vatican.

Saat kaisar Konstantin memutuskan jadi pengikut agama buatan Paulus, maka tokoh Yesus ditambahkan sebagai salah satu Dewa Romawi. Bagi kaisar Romawi, demi nasionalisme, tidak masalah jika dewanya yang sudah banyak, bertambah lagi dengan kehadiran Yesus. Perekrutan sosok Yesus sebagai Tuhan dalam konsili Nicea tahun 325 masehi, diharapkan dapat menghentikan perpecahan dan menjaga agar kekaisaran romawi tidak runtuh. Akhirnya nama yesus diadopsi sebagai salah satu dewa resmi Romawi dan direvisilah berbagai kitab Injil dengan menyalin kitab-kitab bible dan menambahkan ayat-ayat cerita-cerita pemenuhan nubuat agar yesus dapat diterima sebagai tuhan oleh bangsa yahudi dan Romawi. Ayat metafora tentang perumpamaan Anak Tuhan dalam alkitab, dimaknai oleh bangsa Romawi bahwa yesus adalah anak biologis Tuhan sebagaimana Hercules adalah anak Dewa Zeus. Hari kelahiran dewa Mithra digunakan sebagai hari kelahiran yesus. Banyak lagi usaha Romawi danreja agar agama baru ini diterima rakyat bangsa Romawi. Jadilah agama sinkretisme bernama katolik yang berasal dari paham helenisme yunani

Malahan Kaisar dan pemuka agama menambahkan patung yesus dan Maria ke dalam rumah ibadah. Gak hanya membuat berhala Yesus dan perawan Maria, para Uskup gereja pagan menambahkan patung-patung para Santo ke dalam rumah ibadah. Rumah ibadah penuh berhala lukisan dan patung itulah yang kini dikenal dengan sebutan gereja awal.

Jika fakta yang MAK berikan benar bahwa bangunan ibadah milik bangsa romawi penuh patung saat yesus masih hidup, Kenapa Yesus tak melarang dan menghentikan ibadah kepada patung yang dilakukan orang Romawi? Alasan mengapa Yesus tak pernah mengusik agama bangsa Romawi penyembah dewa dan patung, dikarenakan yesus hanya ditugaskan kepada bani Israel.(Matius 15:24) Makanya yesus membiarkan segala kesesatan yang dilakukan bangsa Romawi dan membiarkan pemujaan berhala dan patung yang dilindungi oleh kaisar. Selain itu, Yesus dan bangsa Yahudi adalah jajahan Romawi. Yesus adalah rakyat jelata yang tak punya kekuasaaan. Yesus bukanlah Raja dan Panglima yang punya pasukan untuk menghadapi kaisar Romawi.

Ingatlah, yesus itu dalam pengajaran Injilnya, selalu berlandaskan kepada 10 Perintah Allah di alkitab, yang salah satu ayat hukumnya adalah dilarang membuat patung
Dan Yesus menyatakan tak setitikpun hukum taurat dia batalkan (Matius 5:18), termasuk larangan membuat dan berdoa kepada patung.

Dan Itula tadi secara singkat penjelasan tentang agama khatolik,semoga bermanfaat ya guysss………………………………

 

 

 

Categories: religion