javascript hit counter

Manfaat Makan Menggunakan Tangan Menurut Hadist Dan Para Ilmuwan

Salah satu cara makan di negara lain seperti china dan jepang adalah menggunakan sumpit yang  terbuat dari bambu, kayu dan sekarang sudah ada yang terbuat dari plastik. Apapun masakannya mereka menggunakan sumpit. Tetapi di Indonesia kita sering menjumpai teman atau keluarga kita makan menggunakan tangan, pasti kita selalu bertanya-tanya dalam hati, apa sih manfaat makan menggunakan tangan? Kenapa tidak memakai sendok saja?

Nah, ternyata makan dengan tangan juga salah satau tradisi dari Jawa, yaitu tradisi makan muluk ( makan pakai tanga) dilakukan terpaksa karena tidak ada alat makan. Bahkan di acara-acara besar daerah sejenis tumpengan baik di Jawa atau di luar Jawa, para peserta akan memakan ramai-ramai makanan tumpengan itu dengan tangan.

Ternyata memang banyak manfaat makan menggunakan tangan, manfaat makan menggunakan tangan juga sudah terbukti lewat ilmu pengetahuan. Muslim pernah meriwayatkan dalam hadist sebagaimana mestinya manusia lebih baik makan menggunakan tangan kanannya, ini juga termasuk salah satu sunnah RASULULLAH SAW tentang bagaimana makan dengan menggunakan 3 jari dan kemudian menjilat jari-jari untuk membersihkannya.

Imam Al-Ghazali menjelaskan dalam kitabnya yang diberi judul “ihya’ Ulumiddinnya” bahwa aktivitas makan sendiri bisa dilihat oleh orang-orang dari 4 sisi yang berbeda, yaitu :

  • Makan hanya dengan satu jari bisa menghindarkan seseorang dari sifat yang mudah marah 
  • Dengan menggunakan 2 jari menghindari dari sifat sombong
  • Maka dengan 3 jari akan menghindarkan dari sifat lupa
  • Sementara 4 atau lima bisa menghindarkan diri dari kerakusan

Tapi apakah hanya ini yang menjadi manfaat makan menggunakan tangan? Ternyata tidak. Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata memang benar adanya kalau makan menggunakan tangan jauh lebih baik dari pada menggunakan sendok dan garpu. Ditangan kita terdapat enzim yang sangat berguna untuk tubuh kita, enzim ini di namakan “RNASE”.

Enzim RNASE ini dapat menurunkan aktivitas banyaknya bakteri yang ada ditangan kita diwaktu kita makan, enzim RNASE juga bisa melakukan proses depolarisasi pada RNA.

Depolarisasi adalah perubahan muatan ion di dalam sel dari negatif menjadi positif, perubahan ion tersebut akibat permiabilitas Na masuk kedalam sel yang meningkat, permiabilitas Na yang meningkat akibat adanya rangsangan pada sel (listrik, zat kimia) potensial positif didalam sel disebut: Potensial Reversal.

Tapi kita harus tetap ingat terlebih dahulu, sebelum makan menggunakan tangan alangkah lebih baik kita mencuci tangan terlebih dahulu. Masya allah ternyata sangat besar manfaat makan menggunakan tangan. Ternyata menggunakan sendok tidak begitu aman karena sendok terbuat dari bahan stainlees tanpa ada lapisan yang tidak aman, bahkan bisa saja menimbulkan Kanker.

Makan menggunakan tangan juga bisa mengurangi diabetes tipe 2. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan, makan cepat berisiko tinggi mengalami Diabetes tipe 2. Jika diperhatikan, seberapa sering kita menggunakan alat makan? Mungkin kita bisa mencoba menggunakan tangan ketika makan dan lihat kecepatan yang bisa dikurangi.

Tangan juga dapat bertindak sebagai sensor suhu yang sangat efektif. Ketika kita menyentuh makanan panas misalnya, hal ini dapat mencegah mulut dari sensasi terbakar. Berarti secara tidak langsung tangan sudah melindungi mulut kita dari suhu yang panas.

Menurut tradisi veda di India, tiap jari tangan melambangkan 5 elemen utama (angin, tanah, api, air dan ruang). Makan dengan tangan akan membuat 5 elemen energi ini bertransformasi sehingga makanan sudah mulai mengalami proses pemecahan bahkan sebelum sampai ke mulut dan sistem pencernaan. Saat kita menyentuh makanan, jutaan syaraf di ujung jari akan memberi tahu otak bahwa kita akan segera makan sehingga usus siap mencerna.

Para peneliti di Selandia Baru, mengatakan bahwa wanita yang makan ketika lapar saja memiliki berat badan ideal ketimbang yang makan tak pakai aturan, yang ditelitinya pada wanita paruh baya lebih dari 1.600. Tetapi penemuan dua studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite ini menunjukkan ketika orang makan menggunakan tangan sambil membaca Koran atau menonton televisi kemungkinan jarang lapar dan hanya sedikit memakan cemilan.

Dengan adanya artikel ini, kita bisa lebih selektif lagi dalam mengambil kesimpulan, makan memakai tangan bisa membuat kita merasa lebih kenyang dibandingkan kita makan menggunakan sendok atau garpu. Selain ada manfaatnya, ini juga salah satu anjuran sunnah RASULALLAH SAW.

Note : Masihkah kita ragu makan menggunakan tangan lebih baik dan banyak manfaatnya. Setelah membaca artikel ini, buang jauh-jauh tradisi canggih kita, mulailah dengan cara kuno yang menyehatkan kita. 

Categories: pengetahuan