javascript hit counter

Latihan Dasar Bernyanyi

Bernyanyi dengan suara indah merupakan salah satu anugerah ataupun bakat yang harus kita salurkan dan tidak semua orang memiliki kemampuan bernyanyi dengan suara merdu, kecuali kita melatihnya dengan latihan-latihan dasar, kita juga bisa melatihnya di rumah tanpa guru atau belajar secara otodidak, misalnya dengan :

  • Lakukanlah pemanasan
  • Belajar vocal dengan teknik pernapasan
  • Artikulasi yang baik dan benar (pengucapan)
  • Melatih kekuatan suara

Tips ke empat di atas merupakan latihan dasar vokal(bernyanyi) dan memiliki pengaruh besar disaat kita akan bernyanyi, saya juga akan ngasih tau anda penjelasannya mengenai bagian-bagian latihan dasar seperti yang dikatakan di atas.

1. Melakukan pemanasan

Dengan melakukan pemanasan atau mengerakkan seluruh anggota tubuh anda, ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima, mungkin bisa anda lakukan dengan berolahraga ringan, dengan senam juga bisa melakukan pemanasan.

2. Belajar vocal dengan teknik pernapasan

Mungkin anda bertnya-tanya kenapa latihan cokal harus mengatur napas. Itu karena agar pernapasan anda bisa mengatur nada yang akan anda keluarkan, pernapasan juga tergolong dalam 3 bagian yaitu, pernapasan dari perut, pernapasan dari dada dan pernapasan diafragma.

3. Artikulasi yang baik dan benar (pengucapan)

Ketika anda mulai bernyanyi, ucapkanlah kata-kata yang jelas dengan lantam, supaya apa yang kita nyanyikan akan terdengar jelas dan lakukanlah secara pelan pelan juga bisa agar kita bisa mengucapkannya dengan jelas, supaya tidak ada lirik lagu yang hilang dari pendengaran, mungkin anda bisa melakukannya dengan mengucapkan huruf A, E, O, U, terus berlatih dengan mengucapkan huruf tersebut.

4. Melatih kekuatan suara

Melatih kekuatan suara bukan berarti anda harus menjerit-jerit agar suara anda terdengar kuat, itu malah akan merusak pita suara anda. Latihlah dengan lagu yang nadanya tinggi agar pita suara anda terbiasa dengan nada tinggi, bisa juga dengan cara yang mudah yaitu dengan meniup balon atau meniup lilin. Hal seperti itu juga mampu melatih suara anda untuk lebih mempunyai kekuatan.

Tahapan-tahapan di atas merupakan latihan dasar bernyanyi atau tes vocal, jika anda sudah selesai dengan latihan dasar tersebut, bersiaplah untuk latihan selanjutnya, seperti dibawah ini.

– Suara fals (sumbang) juga bisa anda hilangkan dengan melakukan menutup salah satu telinga dan mulai bernyanyi, akan terdengar suara yang fals agar anda bisa mengulanginya dengan benar.

– Menjaga gaya tubuh dengan santai agar tidak kaku dan berdirilah dengan kaki kiri maju agak ke depan, usahakan tubuh anda berdiri tegak tapi santai, punggung anda juga harus lurus.

– Intonasi juga sama pengertiannya dengan artikulasi, cuman intonasi adalah mengetahui seberapa cepat pengucapan kita, seberapa keras suara anda, maka latihlah pengucapan dan kerasnya suara anda dengan lagu yang anda pilih.

– Resonasi suara juga sangat penting saat anda bernyanyi, karena di resonasi suaralah akan terdengar merdu dan tidak fals, resonasi juga salah satu teknik bernyanyi yang sangat rumit karena memang harus terdengar merdu dan jelas. Bukan asal jerit, tapi kalau anda melakukannya dengan rutin, pasti akan terdengar merdu dan tidaknya.

– Mulailah bernyanyi di ruangan kosong, kayak di kamar mandi, kamar tidur atau di rumah kosong juga bisa. Jika anda bernyanyi di kamar mandi, maka suara anda akan berdengung dan akan terdengar dengan jelas, dari situlah anda bisa mendengarkan dan mencocokkan nada.

– Ekspresi wajah juga menggambarkan lagu yang sedang kita nyanyikan, jika lagu sedih maka ekspresikan wajah anda sedang bersedih, tapi kalau anda sedang menyanyikan lagu ceria, maka ekspresikan wajah anda sedang ceria. Intinya sesuaikan ekspresi wajah anda sama lagu yang akan anda nyanyikan.

Dengan melakukan tahap-tahap di atas, mungkin anda bisa jadi penyanyi yang handal, asalkan anda terus berlatih. Judika dan penyanyi lainnya yang ada di Indonesia juga melakukan latihan dasar dan tahap-tahap latihan sebelum lihai dalam bernyanyi. Memang harus kita akui kalau suara penyanyi dalam negeri maupun luar negeri sangat beruntung karena dari lahir mereka sudah memiliki suara yang berkarakter.

Note : Bernyanyilah dengan hati dan perasaan agar anda bisa menjiwai atau menguasai lagu yang sedang anda nyanyikan.

Categories: pengetahuan