javascript hit counter

18 Tips Agar Anak Pintar Dan Cerdas

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi lebih pintar dan cerdas, namun terkadang anda sebagai orang tua bingung atau tidak tau caranya, disini saya akan memberitahu tips agar anak menjadi pintar dan cerdas, untuk para orang tua yang sayang sama buah hatinya, sebagai berikut tips dan caranya :

1. Beri minum ASI

Sudah banyak penemuan secara ilmiah membuktikan kalau ASI banyak mengandung gizi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan bagus juga untuk kecerdasaan otak bayi, berikan ASI ekslusif pada anak sejak bayi lahir.

2. Berbicara dengan cerdas

Ajaklah anak berbicara dengan baik dan benar secara cerdas, ajarilah sejak masih bayi. Seorang pemerhati anak yang berasal dari sydney university, yang bernama DR. JEAN ASHTON mengeluarkan pernyataan bahwa berbicara dengan bayi tidak harus memberikan pujian atau melucu saja, anda sebagai orang tua belajarlah memahami bahasa bayi  lebih lanjut lagi, biasakan berbicara yang baik dan benar.

3. Membacakan cerita 

Menurut pakar pendidikan yang bernama, DR. ROSMARIE TRUGLIO, dengan mengajari anak cara membaca bisa membuat anak gemar membaca buku dan anak akan semakin mengerti tata bahasa yang baik juga benar serta menambah ilmu pengetahuan anak. Gak ada kata tidak sempat untuk membacakan buku cerita kepada buah hati anda, sempatkan waktu walau hanya sebentar.

4. Ikutlah bermain dengan anak

Sempatkan waktu untuk bermain bersama anak dan ajarkan cara bermain yang benar, maka itu akan memperlancar proses pembelajaran anak dan akan mengetahui kemampuan juga bakat yang ada pada si buah hati. Begitulah pernyataan dari DR. JEAN ASHTON .

5. Mendengarkan lagu

Dengan mendengarkan lagu, anak akan banyak mengenal suara dan bunyi-bunyi yang sedang didengarnya. Tetapi pilihlah lagu yang memiliki irama dan syair untuk anak-anak, contohnya lagu cicak-cicak di dinding.

6. Ajarin bermain musik

Para peniliti di TORONTO university mengeluarkan pernyataan bahwa dengan mengajari anak bermain musik akan meningkatkan daya pembelajaran otak kanannya. Dengan belajar main musik juga akan meningkatkan IQ anak dan prestasinya di luar maupun di sekolahnya. Penilit dari Perancis juga menyatakan bahwa dengan mengajari si kecil bermain musik selama 6 bulan saja sudah memberikan pengaruh pada Kognitif pada sibuah hati.

Apa itu kognitif? Kognitif adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.

7. Menjaga kesehatan 

Ajari anak berolahraga dan mejaga kesehatan dengan cara memilih makanan yang sehat, bergizi dan berolahraga dengan teratur dan benar. Ini sudah di uji oleh ilmuwan dari university of illinois.

8. Main games

Tidak semua games itu baik untuk anak, maka pilihlah games yang benar-benar mendidik anak dengan baik, hindari anak bermain games yang brutal dan keras, bisa juga mencarinya melalui pencarian google.

9. Hindari junk food (makanan cepat saji)

Dengan menghindari anak dari junk food (makanan cepat saji) maka ia akan terhindar dari makanan yang penuh lemak dan kadar gula yang tinggi. Berilah anak asupan atau makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan.

10. Tanamkan rasa ingin tau

Menanamkan rasa ingin tahu, maka anda sebagai orang tua akan mengetahui minat dan bakatnya yang paling menonjol pada dirinya tetapi harus tetap dijaga dan diawasi.

11. Sarapan pagi

Memberikan sarapan anak setiap pagi hari juga akan membuat ingatan dan konsentrasinya pada pelajaran di sekolahnya, jangan lupa memberikan susu dan kue di setiap pagi harinya karena ini juga membantunya belajar. Peneliti dari Jerman telah memberitahu bahwa sarapan pagi sangat baik untuk anak.

12. Penuhi asupan lemak omega-3 untuk anak

Asam lemak juga bagus untuk otak anak agar berkonsentrasi di sekolah dan dimanapun si anak berada, seperti memberikan suplemen minyak ikan, itu sangat bagus untuk buah hati anda.

13. Mainan edukatif (mainan yang mendidik)

Jangan berikan anak mainan yang asal-asalan, berikanlah mainan yang mendidik seperti puzzle, bola, boneka dan lainnya karena permainan ini akan membantu daya ingat anak.

14. Batasi anak menonton televisi 

Batasi anak menonton televisi, kalau si kecil terlalu banyak menonton televisi maka dia akan menjadi malas dan pengaruh acara televisi yang tidak baik juga bisa cepat meresap diingatan si anak. Berilah jadwal dalam menonton televisi, misalnya 3 jam dalam satu hari atau 1 jam saja dalam satu hari.

15. Kehangatan keluarga

Kehangatan keluarga memberikan pengaruh anak dalam emosionalnya yang hangat karena dengan emosional yang hangat sangat penting untuk fungsi kognitif dan keterampilan anak.

16. Jam tidur siang yang konsisten

Jika anak kurang tidur siang, maka ini akan memberikan perilaku yang tidak baik di sekolah dan teman-temannya. Tetapkanlah jadwal tidur siangnya.

17. Atasi stres pada anak

Dengan mengatasi stres pada anak maka ia akan merasakan ketenangan dengan memberikan perhatian dan ajaklah buah hati kecil anda mengerjakan sesuata yang menyenangkan bagi dirinya.

18. Berdoa

Berdoalah pada Tuhan agar anak anda diberikan kecerdasan dan kepintaran karena semua usaha memang harus diiringi dengan doa.

Note : Anak adalah anugerah terindah dari Tuhan, jagalah dengan kasih sayang dan cinta !! 

Categories: pengetahuan