javascript hit counter

15 Metode Menjaga Keharmonisan Keluarga

Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga bukanlah hal yang sulit, hanya saja kita perlu memperhatikannya dengan seksama. Tetapi dalam setiap hubungan rumah tangga pasti ada saja hal yang memicu perdebatan dan akhirnya banyak suami istri yang strees bahkan berpisah dikarenakan sudah tidak sanggup lagi menjaga rumah tangganya. Dan kita semua pasti tidak mau hal itu terjadi dalam rumah kitakan? Karena bukan hanya suami istri saja yang menjadi korban, anak-anak juga menjadi korban perceraian ibu dan ayahnya.

Berikut 15 metode menjaga keharmonisan keluarga yang bisa kita terapkan :

1. Saling memahamiĀ 

Dengan saling memahami satu sama lain maka keharmonisan dalam rumah tangga akan selalu terjaga, misalnya ketika istri sedang sibuk dengan aktivitasnya dan disitu pula anak merengek, menangis, sebagai seorang ayah seharusnya menenangkan anaknya karena sang ibu sedang sibuk, tugas seorang ibu memang mengurus anak dan rumah, akan tetapi tidak ada salah memahami sang ibu sedang sibuk dan ayahlah yang mengalah.

Sebaliknya, jika seorang ayah sudah lelah dengan pekerjaannya, tidak ada salahnya sang istri membawakan tas kerjanya. Itulah yang disebut saling memahami pasangan satu sama lain.

2. Saling menghargai

Saling menghargai juga harus dan wajib dilakukan dalam rumah tangga agar menyatukan perbedaan satu sama lain, misalnya jika istri melihat kejelekan suaminya, maka janganlah menceritakannya dengan keluarga ataupun dengan orang lain, begitu juga sebaliknya. Istri harus sopan juga menghormati suaminya, jangan pernah mengambil keputusan sendiri, semuanya harus ada persetujuan.

3. Saling percaya

Saling percaya juga kunci dari keharmonisan rumah tangga, jangan terlalu curiga terhadap pasangannya, misalnya ketika istri atau suami terlambat pulang kerja, maka yang harus dilakukan hanyalah bertanya, jangan pernah menanam rasa curiga sedikitpun.

4. Saling memaafkan

Perdebatan memanglah sudah menjadi bumbu-bumbu dalam rumah tangga, akan tetapi bukan berarti dengan perdebatan terus menerus akan selesai, saling memaafkanlah dan mengalah jika ada perdebatan.

5. Menjaga komunikasi dengan baik

Menjaga komunikasi dengan baik penting dalam hubungan rumah tangga kita, jika ada komunikasi yang kurang baik dengan pasangannya, maka perbaikilah komunikasi tersebut.

6. Menjaga perasaan

Jangan pernah mengucapkan kata-kata yang menyinggung perasaan pasangan kita, jagalah perasaan pasangan satu sama lainnya karena itu juga simbol keharmonisan rumah tangga.

7. Terbuka dan berterus terang

Jangan pernah ada rahasia apapun dalam rumah tangga, berceritalah sama pasangan dengan terbuka dan berterus terang, walaupun itu tentang pekerjaan dalam sehari-hari.

8. Saling mengingatkan

Seorang suami juga wajib mengingatkan istri tentang keuangan, supaya kebutuhan sehari-hari bisa tercukupi selama satu bulan penuh.

9. Mengingat memori pacaranĀ 

Sesekali ajaklah pasangan bernostalgia, mengenang masa-masa pacaran dulu, memang ini hal sangat sepele tetapi ini salah satu bentuk untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

10. Memperbaiki ekonomi keluarga

Semakin banyaknya kebutuhan, maka hutang kian menumpuk. Ujung-ujungnya suami dan istri saling menyalahkan. Untuk itu, ada baiknya mendiskusikan masalah ini dengan pasangan. Jika suami sudah tidak mampu mencari uang tambahan karena kesibukannya dikantor. Sebagai istri bisa membantu suami dengan bekerja atau bedagang dirumah.

11. Menjaga kualitas di ranjang

Bagaimanapun juga, rutinitas hubungan di ranjang adalah cara terbaik untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini wajar karena hubungan badan memang kebutuhan biologis manusia. Oleh karena itu, jika kualitas hubungan di ranjang menurun, segeralah untuk memperbaikinya.

12. Hindari kdrt

Pertengkaran dalam rumah tangga memang wajar, akan tetapi tidak sewajarnya suami memukul atau melukai tubuh sang istri, jika pertengkaran terjadi, maka tunggulah emosi menurun sejenak atau segeralah mencari udara di luar rumah, ini merupakan salah satu cara menghindari kdrt.

13. Meluangkan waktu bersama

Buatlah satu kegiatan jika sedang libur atau cuti bekerja karena waktu bersama sangatlah penting untuk mewujudkan keharmonisan keluarga.

14. Merencanakan liburan bersama

Rutinitas sehari-hari suami dalam bekerja pasti cukup melelahkan. Begitu juga istri yang sibuk dalam mengurus anak dan tugas-tugas rumah. Oleh sebab itu, berliburlah bersama agar tercipta keharmonisan dalam keluarga.

15. Berusaha menyenangkan pasangan

Contoh, seorang istri memasak makanan favorit suami, dengan memasak makanan favorit suami, maka suami akan merasa senang dan suami juga akan merasa bangga mempunyai istri yang selalu mengerti kemauan suami.

16. Bersyukur

Rahasia keharmonisan dalam rumah tangga adalah dengan mensyukuri karunia Tuhan yang telah memberikan jodoh sebaik suami atau istri . Selalu bersyukur salah satu pengaruh besar dalam keharmonisan rumah tangga.

Categories: pengetahuan