javascript hit counter

10 Kota Tertua di Dunia

Di dunia ini sangat banyak sekali kota-kota yang terdapat dalam satu negara. Sampai kini bahkan beberapa kota itu masih diteliti para Arkeolog karena dianggap masih banyak menyimpan banyak misteri. Ada beberapa kota yang sudah ada sejak zaman batu dan masih terus diungkap bagaimana sejarahnya, peradabannya dan hal lainnya yang belum terpecahkan. Usai membacanya, kamu pasti bisa membayangkan bagaimana kehidupan di kota itu pada zaman dulu.

Daripada kamu semakin penasaran, langsung aja simak ulasannya dibawah ini, deretan kota yang dianggap tertua di dunia yang dikutip dari list amaze :

1. Faiyum, Mesir

Faiyum adalah salah satu kota tertua di dunia yang terletak di Mesir, sekitar 65 mil tenggara Kairo. Kota ini dianggap tertua karena didirikan pada tahun 4000 SM. Dahulu diera Firaun, kota ini disebut Medinet el Faiyum, yang dalam sejarah kunonya juga dikenal sebagai ‘kota buaya’, karena kota ini menyembah seekor buaya suci yang dijinakkan bernama Petsuchos.

Antara 309 dan 246 SM, Ptolemy II Phuladelphus, Raja Mesir mendirikan kembali kota tersebut setelah keberadaan agama Kristen, Arsinoe menjadi administrator teritorial. Dulunya dikota ini juga banyak mempunyai pasar dan masjid.

2. Sidon, Lebanon

Sidon terletak sekitar 23 mil selatan Beirut dan dianggap sebagai kota terbesar ketiga di Lebanon. Sidon adalah nama Arab yang bertepatan dengan kata modern ‘fishery’. Kota ini dihuni pada 4000 SM ketika perang saudara Libanon yang intens dan dianggap sebagai kota yang banyak punya keturunan Helenistik, Romawi dan Ottoman.

Orang-orang yang tinggal di Sidon sangat ahli dalam seni dan bordir, yang di dalamnya mayoritas merupakan produsen kaca dan pewarna ungu yang sangat sukses. Dengan 10.000 penduduk, Sidon adalah kota nelayan kecil, namun saat ini telah berkembang menjadi populasi lebih dari 300.000 penduduk.

3. Athena, Yunani

Athena adalah salah satu kota tertua di dunia. Kehadiran manusia di kota ini diperkirakan terjadi sekitar abad ke-11 dan ke-7 ribuan tahun SM. Tuduhan invasi dan penghancuran Athena selama 1200 SM membuat kota ini mengalami kemunduran ekonomi selama sekitar 150 tahun kemudian. Hari ini Athena adalah ibu kota Yunani yang diakui sebagai kota global karena kepentingannya terhadap pengiriman, keuangan, hiburan dan perdagangan internasional. Dalam sebuah studi, Athena disebut menduduki peringkat ke 29 kota terkaya dengan daya belinya

4. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv yang terletak di Bulgaria ini dianggap sudah berpenduduk sejak 6 milenium SM. Dengan populasi lebih dari 300.000, Plovdiv berdiri sebagai kota terbesar kedua di Bulgaria. Kota ini dibangun ditujuh bukit yang berada 250 meter di atas permukaan laut, karena itu Plovdiv juga dijuluki ‘Kota Tujuh Bukit’. Kota ini berada di bawah pengaruh Suku Thracia, sekelompok suku Indo-Eropa. Pada tahap selanjutnya, kota tersebut sempat sampai ke tangan Romawi, Yunani, Hun, Persia dan Turki.

5. Gaziantep, Turki

Gaziantep sebelumnya disebut sebagai Antep, sebuah kota sangat tua yang terletak 97 kilometer sebelah utara Suriah. Kota ini dianggap sebagai salah satu pemukiman tertua dalam sejarah manusia dengan jejak-jejak yang akan kembali ke milenium ke 4 SM. Selama sejarah abad pertengahan, kota ini diperintah oleh Tulunids, yang kemudian diambil alih oleh Ottoman. Gaziantep berada di peringkat 6 untuk kota terpadat di Turki dengan populasi sekitar 1.465.019 penduduk. Kota ini pun telah mengalami banyak pembantaian, genosida, dan serangan teror.

6. Susa, Iran

Susa adalah sebuah kota kuno di Iran yang memiliki pemukiman tertua pada awal 4395 SM. Kota ini terletak di sebelah timur Sungai Tigris, antara Sungai Karkheh dan Dev, di Pegunungan Zagros bawah sekitar 250 km timur. Penduduk Susa sangat mahir dalam memproduksi keramik, stoples kecil dan barang-barang unik lainnya. Menurut survei tahun 2005, Susa mempunyai populasi sekitar 64.960 orang dan kota benteng kuno di wilayah bangsa Elam pada Zaman kekaisaran Persia dan Parthia, yang sekarang menjadi negara Iran.

7. Damaskus, Suriah

Damaskus adalah kota yang diakui sebagai salah satu kota tertua di dunia yang masih dihuni. Terletak di antara Afrika dan Asia, kota ini memiliki lokasi geografis yang menguntungkan di persimpangan orientasi dan negeri Barat. Menjadi ibukota Suriah, Damaskus juga merupakan kota terbesar di negara tersebut, dengan populasi lebih dari 4,5 juta orang. Sejarah kota diperkirakan telah dihuni sejak 8.000 sampai pada 10.000 tahun SM, meskipun ada perbedaan pendapat waktu yang tepat.

8. Aleppo, Suriah

Aleppo adalah Kota yang cukup padat penduduknya di Syria, Aleppo didirikan sebagai Halab di sekitar 4.300 tahun SM (Sebelum Masehi). Sebagai situs kuno yang menjadi kota modern ini hampir tidak tersentuh oleh para arkeolog. Perkiraan wilayah kota ini telah dihuni selama lebih dari 8.000 tahun, tetapi penggalian arkeologi telah menemukan bukti tempat tinggal yang hampir 13.000 tahun yang lalu. Kota ini berada di bawah kendali bangsa Hittite sampai sekitar 800 SM yang sebelumnya dikuasai Assyria, Yunani dan tangan Persia.

Kota ini kemudian diduduki oleh bangsa Romawi, Bizantium, Arab kemudian oleh Mongol dan Ottoman. Kota Aleppo adalah yang terbesar di Suriah dihuni oleh lebih dari 2 juta penduduk. Aleppo memiliki lokasi geografis yang sangat menguntungkan, terletak di pusat Jalur Sutra yang menghubungkan Asia dan Mediterania, memiliki berbagai gaya arsitektur dari perpaduan bangsa yang menduduki sebelumnya.

9. Byblos, Lebanon

Byblos ditemukan antara tahun 8800 dan 7000 SM, dan juga dianggap sebagai kota tertua di seluruh dunia. Byblos adalah kota yang memiliki banyak peradaban kuno. Byblos diberi nama oleh orang Yunani yang dulunya mengimport papirus dari kota ini. Ini adalah salah satu kota tertua Phoenicia dan telah terus-menerus dihuni sekitar 5.000 tahun, meskipun tanda-tanda pertama dari pemukiman ditemukan lebih tua ke periode sebelumnya.

Byblos adalah salah satu tujuan wisata yang indah di masa kini dan memiliki banyak hal yang ditawarkan seperti benteng dan kuil-kuil kuno, pemandangan yang indah yang menghadap ke Mediterania, reruntuhan antik dan pelabuhan. Kini menjadi kota yang cukup modern dengan bangunan kaca dan jalan-jalan yang cukup sibuk, tetapi masih dapat dengan mudah melihat sentuhan masa lalu.

10. Jericho, Palestina

Jericho adalah Kota yang relatif kecil ini ditemukan didekat Sungai Yordan Tepi Barat dan saat ini merupakan rumah bagi sekitar 20.000 orang. Menurut beberapa sumber arkeolog, telah ditemukan sisa-sisa permukiman berturut-turut di Jericho. Penggalian arkeologi telah dibuktikan dengan bukti tempat tinggal manusia sejak hampir 11.000 tahun yang lalu dengan setidaknya 20 pemukiman. Dalam Kitab Ibrani kota ini disebut Kota Palm Trees.

Jericho terletak di pusat Palestina, yang berarti itu adalah tempat yang ideal untuk rute dan perdagangan. Selain itu, keindahan alam dan sumber daya Jericho menjadi salah satu penyebab berbagai invasi ke Palestina sejak zaman kuno.

Itulah 10 kota tertua didunia, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Sudah pasti kamu penasaran sama 10 kota diatas. Ya, mungkin ini saja yang bisa kami sajikan untuk para pembaca sekalian dan semoga saja ulasan ini bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Categories: pengetahuan