javascript hit counter

7 Motor Termahal Dan Terunik di Dunia Dengan Harga Yang Fantastik

Pernahkah kalian mendengar slogan ”semakin tua semakin menarik dan unik” begitulah slogan para pecinta motor antik, tapi ini adalah satu hal yang sangat tidak biasa karena mengingat perkembangan otomotif yang sangat modern di zaman sekarang. Justru masih ada saja orang yang senang mencari motor-motor jadul atau motor keluaran tahun lama. Munculnya kembali motor-motor tua seakan dunia sudah terbalik dengan kemajuan teknologi, terutama dibidang otomotif.

Disaat para industri motor sibuk dan berlomba-lomba dengan model-model terbarunya, malah sosok motor tua seakan tidak pernah musnah ditelan waktu dan malah sosoknya membuat orang mengeluarkan dana yang begitu sangat luar biasa, bisa dikatakan dengan harga yang fantastik. Sahabat pecinta motor tua, mari sama-sama kita lihat sosok motor tua termahal di dunia :

1. Harley Davidson Strap Tank 1907

Meskipun penampilannya ramping dan bisa dikatakan sangat kurus, motor ini adalah nenek moyang dari Moge Harley davidson yang kita kenal sekarang ini sobat. Strap Tank Diproduksi secara keseluruhan pada tahun 1907, meskipun rancangannya sudah diuji coba pada tahun 1890 Wiliam S Harley dan Arthur Davidson.

Kelihatan sosoknya seperti sepeda kumbang yang disewakan di Fatahillah kota Tua Jakarta dan Jangan melihat modelnya saja sobat. Tetapi harganya membuat kita hampir mengeluarkan darah dari hidung sobat. Motor tua ini dijual seharga 895 ribu euro atau dirupiahkan sekitar 12 milyar rupiah. Sangat mengejutkan sekali motor model begini dihargain dengan harga yang sangat fantastik.

2. Winchester 1910 

Motor yang satu ini adalah motor no satu termahal di dunia dan pada tahun 2015 kemarin, dua buah motor ini laku dilelang dengan harga yang sangat fantastik sobat, yakni seharga 16,9 miliar. Dengan harga segitu mungkin bisa membeli mobil balap Lamborghini seri aventador, malahan masih banyak lagi sisanya setelah membeli mobil balap tersebut. Motor tua ini memakai mesin Marsh-Metz yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 6 Horse Power atau  setara dengan 550 kaki-pound per detik, 33000 kaki-pound per menit atau setara dengan 745.7 watt. Penggerak roda depan dan belakang menggunakan Belt Drive serta ada tenaga manual bila kehabisan bensin dengan mengayuh pedal pakai kaki.

3. Norton

Motor yang berasal dari Inggris ini awalnya untuk keperluan militer Inggris pada saat berperang saja, soal performa motor ini tidak diragukan lagi sobat karena sudah dipastikan Norton  adalah motor yang sangat tangguh untuk melewati area jalan berat yang penuh rintangan. Meskipun awalnya motor ini dikenal sebagai armada para tentara, lama kelamaan beralih fungsi menjadi motor balap dan memberikan hasil yang memuaskan dengan spesifikasi mesin 500 cc, motor dengan cc seperti ini sudah pasti tidak diragukan lagi oleh pecinta motor. Harga motor ini juga terbilang sangat fantastik sekali, harga sosok seperti ini adalah 85 juta rupiah sobat.

4. Honda Cb 

Salah satu motor antik yang banyak dicari orang adalah Honda Cb, motor ini memiliki gaya klasik yang terlihat retro desain dari setiap desain juga memiliki keunikan tersendiri seperti lampu yang didesain benbentuk bulat, spatbor belakang tyang terbuat dari kaleng dan lainya membuat motor ini memiliki cirri khas yang unik. Pada tahun 1971 PT Federal Motor pertama kalinya mengeluarkan motor dengan nama Honda Cb di IndonesiaBahkan penjualan Honda Cb bisa dikatakan berhasil pada tahun 198 dan motor ini sudah terjual hingga 600 unit.

Untuk mendaoatkan motor ini tidaklah begitu sulit, karena harganya yang cukup terjangkau dengan mengeluarkan uang 3-7 jutaan saja sudah bisa mendapatkannya.

5. Brough Superior SS100

Brough Superior SS100 dulu pernah menjadi motor klasik paling fenomenal di Inggris pada tahun 1924 sampai tahun 1940 dan yang menjadi keunikannya adalah motor ini baru dibuat ketika ada seseorang yang memesannya, artinya SS100 ini tidak diproduksi secara keseluruhan. Larinya yang memiliki kecepatan 160 km per jam dengan kapasitas mesin 998cc, sampai sekarang sosoknya sangat jarang untuk ditemukan, terakhir dikabarkan ada seorang kolektor motor tua yang menjualnya seharga 3,7 miliar rupiah. Ini juga termasuk harga yang sangat fantastik sobat.

6. BMW Type 225 Kompressor 

Diproduksi pada tahun 1935 sampai 1939 dan motor ini memiliki mesin DOHC 492cc juga paling terkenal pada zamannya, ketenaran motor lawas ini bermula pada saat memenangkan kejuaraan senior Tourist Trophy di IOMTT berhasil mendarat urutan no satu. Motor ini terakhir dilelang dengan harga 4,9 miliar rupiah.

7. Indian 8-Valve Board 1915

Pernahkah melihat balapan motor dengan trek jalan dari papan kayu di penghujung tahun 1910 sampai tahun 1920 dan balapan ini sangat populer pada tahun tersebut. Motor ini juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat luar biasa, sebesar 799 juta rupiah.

Itulah ke 7 motor tua termahal di dunia dan dikalangan para pecinta motor tua, memang sosok sperti motor di atas sangat tidak mudah ditemukan, seiringnya waktu kepunahan motor-motor tersebut tidak akan pernah terjadi karena mengingat harganya yang begitu fantastik sekali.

Categories: Otomotif