javascript hit counter

Mari Mengenal 13 Alat Musik Aerofon (Tiup)

Ternyata banyak alat musik AEROFON (tiup) yang mungkin kita belum mengetahuinya, sebagian alat musik ini sudah tidak pernah kamu lihat di manapun. Tapi disini saya akan memberitahu kamu tentang alat musik AEROFON atau alat musik tiup yang berasal dari berbagai daerah atau negara berdasarkan gambarnya, seperti dibawah ini:

1. Suling

Mungkin kita sudah tau alat musik Suling yang terbuat dari bambu. Suling memiliki suara sangat khas dan lembut sekali bila kita meniupnya. Alat musik Suling berasal dari Jawa Barat, suling memang mirip dengan saluang yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat.

2. Harmonika

Dengan ukuran yang terbilang kecil, Harmonika mampu menghasilkan suara yang cukup kuat bila ditiup dan memiliki irama yang merdu. Harmonika dianggap sangat mudah dimainkan dan sangat sulit dikuasai oleh pemula. Alat musik ini berasal dari China. Harmonika terbuat dari plastik dan ada juga yang dari kayu.

3. Trombone

Trombone berasal dari Italia dan arti Trombone adalah terompet. Biasanya yang memakai alat musik ini lagu bergenre jazz, rege, ska dan big band. Alat musik ini terbuat dari logam, cara memainkannya dengan cara ditiup.

4. Saluang

Alat musik Saluang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Alat musik ini juga terbuat dari bambu tipis atau talang sama seperti Suling. Alat musik ini termasuk dari golongan alat musik Suling tetapi lebih sederhana pembuatannya, cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang. Panjang saluang kira-kira 40-60 cm dengan diameter 3-4 cm. Adapun kegunaan lain dari talang adalah wadah untuk membuat lemang, salah satu makanan tradisional Minangkabau.

5. Nafiri

Nafiri juga salah satu alat musik yang mirip dengan Suling, alat musik ini terbuat dari bahan perak. Nafiri dimainkan dalam musik nobat dalam majelis hiburan kaum kerabat di Raja (kerajaan) mengiringi istiadat-istiadat istana dan istiadat pertabalan, keputraan sultan, perkawinan diraja dan upacara sambutan Raja. Alat musik ini berasal dari Kepulauan Riau.

6. Recorder

Recorder termasuk alat musik melodis bukan ritmis (pengiring). Praktek alat musik ini dibagi menjadi 2 yaitu : praktek individu dan kelompok. Alat musik ini sering dipakai saat praktek kesenian di sekolah atau pelajaran lainnya. Recorder juga terbuat dari plastik dan ada juga yang dari kayu. Alat musik ini berasal dari Earl of Derby.

7. Sarune

Sarune merupakan jenis alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Utara, Sarune ini secara taksornis (struktual) terdiri dari anak anak Sarune. Terbuat dari daun kelapa dan embulu diameter 1 mm dan panjang 3-4 mm. Kemudian tongkeh Sarune berguna untuk menghubungkan anak-anak Sarune. Biasanya dibuat dari Timah dan panjangnya sama dengan jarak antara satu lobang nada dengan nada yang lain pada lobang Sarune.

8. Silu 

Silu adalah salah satu jenis alat musik dari daerah Bima Dompu. Silu termasuk jenis alat musik aerofon tipe hobo karena Silu memiliki lidah lebih dari satu dan lidah pada silu disebut pipi, Silu terdiri atas 4 lidah. Di daerah Bima, ada pembagian alat musik. Menurut pembagian tersebut Silu juga termasuk golongan ufi yaitu sebuah alat musik tiup. Bahan untuk membuat Silu adalah kayu sawo, perak dan daun lontar.

9. Pereret

Pereret adalah salah satu alat musik yang berasal dari Lombok, pembuatan Pereret pada umumnya lebih dititikberatkan pada segi musikalitas daripada segi artistiknya. Oleh karena itu Pereret tidak diberi ornament-ornament. Untuk memperoleh nada yang diinginkan dengan menggunakan system penjarian tertentu. Pereret juga terbuat dari bahan kayu.

10. Ole-ole

Ole-ole terbuat dari batang padi dan alat musik ini berasal dari Sumatera utara . Ole-ole sebenarnya bukan alat musik pertunjukan. Instrumen ini hanya terbuat dari batang padi yang ruasnya dipecah dan ditiup sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada. Ia biasanya dimainkan oleh para petani yang sedang memanen padinya di sawah.

11. Clarinet

Clarinet modern yang dibuat sekarang ini pada awalnya dibuat oleh seorang seniman yang berasal dari Nuremberg, Johan Cristoph Denner pada tahun 1690. Alat musik ini juga berasal dari Italia dan terbuat dari bahan kayu (woodwond) .

12. Saxophone

Saat ini Saxophone sangat popular digunakan dalam musik jazz dan memiliki berbagai jenis dengan range yang berbeda-beda. Saxophone berasal dari negara Belgia dan dibuat oleh pemain Clarinet yang bernama Adolphe sax pada awal tahun 1840.

13. Oboe

Oboe adalah alat musik melodis (tiup) yang mampu memberikan suara amat halus, ekspresif. Oboe memakai jarak not (note range) sopran, menggunakan selaput gelagah dobel dan ukuran panjangnya 62 cm. Batang kayu berbentuk seperti kerucut ramping panjang yang ujungnya melebar menyerupai lonceng.

Itulah 13 alat musik tiup dari berbagai daerah dan negara. Semoga bisa membantu dan menanbah wawasan kita semua.

Categories: music