javascript hit counter

Perkembangan Teknologi Handphone Yang Tidak Ada Habisnya

Handphone, berasal dari 2 kata bahasa inggris yaitu, “hand” yang berarti “tangan”, dan “phone” yang berarti “telepon”. Maka secara harfiah, handphone memiliki arti “telepon tangan” atau “telepon genggam”.
Handphone merupakan sebuah alat elektronik komunikasi, yang memungkinkan anda untuk saling berkomunikasi satu sama lain, tanpa adanya halangan waktu dan jarak.

Pada zaman sekarang ini, handphone telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hampir semua lapisan masyarakat dari segala usia, telah menggunakan handphone. Handphone bukan lagi sebagai barang mewah, melainkan menjadi sebuah kebutuhan. Bagaimana tidak, dimana mana dan kapan saja, semua orang sibuk mengotak atik handphone mereka masing-masing.

Semakin maraknya kebutuhan akan handphone tersebut, para pengusaha terus mencoba menciptakan model-model handphone terbaru dengan berbagai macam aplikasi pendukung di dalamnya, demi menarik para pelanggan. Tanpa kita sadari, ternyata handphone yang kita gunakan setiap hari tersebut, telah mengalami beberapa revolusi atau perubahan sebelumnya.

Berikut Adalah Revolusi Handphone Yang Terjadi Sampai Saat Ini:

1. Handphone Generasi Pertama

Handphone generasi pertama atau disebut juga 1G, merupakan sebuah handphone yang pertama kali muncul, yaitu pada Tahun 1973, oleh  Martin Cooper dari Motorola Corp, dan diperkenalkan pada masyarakat pada tanggal 3 April 1973. Handphone ini diperkirakan memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram. Sebagai handphone pertama yang muncul, tentu tampilannya kurang menarik. Namun, penemuan pertama inilah yang pada akhirnya yang mendorong terjadinya revolusi handphone sampai saat ini. Handphone ini masih menggunakan teknologi 1-G yang bersifat analog atau disebut AMPS.

AMPS ini memakai frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada frekwensi 800 Mhz. Handphone ini masih bersifat regional atau kata lainnya, hanya dapat di gunakan di wilayah tertentu. Handphone pertama ini tentu saja masih memiliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangan dari handphone pertama ini adalah sulit di genggam karena ukurannya yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena material-material yang digunakan dalam pembuatan handphone ini masih berukuran makro. Selain memiliki kekurangan karena ukurannya yeng terlalu besar, handphone ini juga masih memiliki masalah mobilitas pengguna. Dimana, saat pengguna melakukan panggilan, terbatas pada jangkauan area telpon genggam.

2. Handphone Generasi Kedua

Handphone Generasi kedua atau disebut juga 2G, merupakan sebuah lanjutan dari handphone generasi pertama, yang muncul sekitar tahun 1990-an. Handphone 2G di Amerika, sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa Handphone 2G ini sudah menggunakan teknologi GSM. Teknologi GSM ini menggunakan frekuensi standar yaitu, 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Karena frekwensi tersebut lebih besar dibandingkan dengan handphone generasi pertama, maka handphone GSM ini memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Pada generasi 2G, sinyal yang dipakai bukan lagi sinyal analog, melainkan sudah memakai sinyal digital.

Dengan adanya sinyal digital ini, memungkinkan handphone jenis ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Tidak hanya itu saja, yang menjadi pembeda antara handphone generasi pertama dan kedua adalah dari segi ukurannya. Ukuran handpone generasi kedua ini, lebih kecil dan lebih ringan, karena sudah menggunakan teknologi chip digital. Keunggulan dari handphone generasi 2G ini, adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang digunakan lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang bisa membahayakan pengguna.

3.Handphone Generasi Ketiga

Handphone jenis ini disebut juga 3G. Handphone ini merupakan perkembangan yang sudah mencapai modernisasi. Handphone generasi ketiga ini sudah memiliki bentuk yang jauh lebih baik dibandingkan handphone sebelumnya. Handphone generasi ketiga ini, memungkinkan operator jaringan untuk memberikan jangkauan yang luas bagi penggunanya, termasuk internet untuk melakukan video call berteknologi tinggi.

Pada handphone generasi ketiga atau 3G ini, terdapat 3 standar telekomunikasi, yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Walaupun sudah mencapai tahap kesempurnaan baik secara eksternal, maupun internal, handphone ini masih tetap memiliki kekurangan. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Akan tetapi, hal yang menarik pada handphone ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel, sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap, bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile.

4. Handphone Generasi Keempat

Handphone generasi keempat  ini disebut juga 4G. handphone 4G ini, merupakan handphone yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G yang berdasarkan heterogenitas jaringan IP, memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi yang berbeda. Tidak hanya itu saja, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing,online game, dan lain-lain.

Handphone ini akan terus mengalami perubahan yang semakin maju lagi seiring berjalannya waktu, semakin majunya teknologi, serta semakin luasnya pemikiran atau ide-ide manusia untuk mencipta.

Categories: Kontent,techno