javascript hit counter

Tidak Pernah Puas Dengan Penampilan? Bisa Jadi Anda Terkena Gangguan Psikologis

Banyak wanita yang sangat terobsesi untuk mendapatkan penampilan yang cantik. Keinginan untuk selalu dipuji karena penampilan yang dimiliki, menjadi salah satu faktor, kenapa wanita selalu haus akan perubahan diri. Tak jarang, rasa ketidakpuasan akan dirinya menjadi salah satu faktor yang membuat para wanita ini tidak segan untuk melakukan perubahan terhadap dirinya, sekalipun itu menyakitkan.

Sifat seseorang yang selalu tidak puas terhadap keadaan diri yang dimilikinya dan terus berusaha untuk merubah dirinya, ternyata merupakan sebuah Gangguan Psikologis. Gangguan ini disebut dengan Obsesif Kompulsif. Obsesif kompulsif merupakan gangguan terhadap suatu hal yang dilakukan berulang-ulang karena adanya obsesi. Dalam dunia kecantikan, banyak orang yang mengalami gangguan ini. Rasa kecewa karena mereka merasa tidak cantik atau kurang cantik dan terobsesi untuk sering melakukan program kecantikan, seperti: operasi plastik atau botox tanpa henti, termasuk kedalam orang-orang yang terkena Gangguan Obsesif Kompulsif.

Obsesif kompulsif ini merupakan gangguan psikologis yang perlu diperhatikan dan diwaspadai. Ketika seseorang terlalu sering melakukan perubahan pada dirinya, dia bisa menyakiti dirinya sendiri tanpa disadari. Melakukan perubahan diri memang perlu untuk dilakukan, akan tetapi, jika terlalu sering dilakukan, dan tidak ada rasa kepuasan setelah melakukannya, dan malah ingin melakukan pembaharuan yang lainnya, adalah sesuatu yang salah dan menyimpang.

Tak hanya wanita, pria juga bisa terkena gangguan psikologis ini. Seorang wanita yang terobsesi untuk menjadi seperti “barbie”. Wanita yang memiliki obsesi untuk memiliki wajah seperti Barbie ini, akan menghalalkan segala cara untuk merombak wajahnya agar menjadi sama seperti Barbie. Dan jalan yang diambil adalah melalui operasi. Awalnya mungkin keinginannya adalah untuk merubah bagian wajah saja, tapi selang beberapa lama, keinginan untuk mengubah diri agar persis seperti Barbie yang sebenarnya akan muncul dan akan mendorongnya untuk melakukan operasi kembali. Kali ini mungkin dilakukan pada bagian tubuh yang lainnya. Obsesi yang berlebihan inilah, yang pada akhirnya akan membuat orang tersebut mengalami Gangguan Psikologis yang lebih berat. Awalnya mungkin akan baik-baik saja. Tapi jika dilakukan terus-menerus, maka akan memperburuk keadaan anda.

Keinginan untuk merubah diri ini biasanya timbul karena beberapa hal, seperti:

1. Mendapatkan ejekan dari orang lain karena penampilan yang berbeda yang dimiliki

Salah satu penyebab seseorang tidak pernah merasa puas dengan keadaan yang dimilikinya, adalah karena mendengar ejekan-ejekan orang lain, yang melontarkan sejumlah komentar-komentar negatif, yang mematahkan semangatnya dan menimbulkan keinginan untuk mengubah diri. Inilah bahayanya jika seseorang mendapatkan komentar-komentar negatif dan tidak ada seorangpun yang memberikan pengertian untuk belajar menerima komentar negatif tersebut.

2. Iri melihat orang lain yang memiliki penampilan lebih baik

Melihat dan kemudian membandingkan diri dengan orang lain menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya obsesi untuk terus melakukan perubahan pada diri. Seakan-akan tidak rela jika orang lain mendapatkan pujian yang lebih baik, orang ini akan selalu merasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya. Jika berlanjut tanpa adanya kontrol, maka akan menimbulkan Gangguan Psikologis yang lebih berat.

3. Kurangnya perhatian dari orangtua dan orang-orang di sekitar

Jika orangtua atau anggota keluarga lainnya menunjukkan perhatiannya pada anda dan secara teratur membekali anda dengan ajaran-ajaran yang benar, mungkin anda tidak akan mengalami masalah psikologis seperti ini. Kebanyakan penderita gangguan ini, adalah mereka yang kurang mendapatkan perhatian dari orangtua dan orang-orang di sekelilingnya.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan anda terkena gangguan psikologis ini. Tapi hal ini masih bisa diobati, jika anda memiliki kemauan untuk sembuh. Jika anda mulai merasa kalau anda merasakan gejala-gejala yang mengarah kepada gangguan ini, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan pihak yang berkompeten dalam masalah ini.

Langkah awal untuk mencegah gangguan ini terjadi pada anda, yaitu anda harus selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan kepada anda, menerima setiap kritikan dan masukan dengan lapang dada. Jangan langsung mengambil keputusan yang terburu-buru, karena segala sesuatu yang instan, pasti berakhir dengan instan juga.

Categories: beauty,healthy,info