javascript hit counter

Stalking “Mantan” Menjelang Tahun Baru Bisa Menimbulkan Depresi

Pergantian tahun hanya tinggal menunggu beberapa hari saja. Seluruh masyarakat khususnya Indonesia sudah menantikan datang nya hari ini. Kenapa? Karena pergantian tahun baru sama artinya dengan “Long Holiday” atau “Libur Panjang”. Sebagian besar masyarakat telah mempersiapkan liburannya masing-masing.

Menjelang pergantian tahun 2016 ini, ada hal penting yang perlu dihindari oleh para pengguna sosial media. Bagi para jomblo, baik yang sudah lama menjomblo, maupun yang baru saja menjomblo, diharapkan tidak melakukan stalking akun mantan kekasih anda di Facebook ataupun sosial media lainnya. Jika anda tetap ‘nekat’ untuk melakukannya, maka bisa menimbulkan depresi dan stress ringan pada anda.

Hal ini terungkap dalam sebuah hasil penelitian terbaru, yang telah dilakukan. Studi dari University of Copenhagen menunjukkan bahwa stalking mantan kekasih di sosial media, khususnya Facebook berdampak buruk bagi kesehatan mental. Tidak hanya stalking mantan, tetapi hal ini juga berlaku untuk setiap orang yang Anda kenal maupun tidak.

Stalking ataupun mengintai akun Facebook seseorang, tanpa bersosialisasi secara nyata di dalam lingkungan, bisa menimbulkan rasa sedih pada orang tersebut, terutama pada saat moment-moment penting dan spesial, seperti perayaan Natal atau Tahun Baru, yang sebentar lagi akan tiba. Hal ini bisa saja terjadi, karena saat perayaan hari raya atau acara tertentu lainnya, postingan tentang keriuhan, keceriaan dan kebersamaan bersama keluarga ataupun teman, menggambarkan kehidupan orang lain yang lebih sempurna, daripada yang anda miliki.

Biasanya, pada saat-saat tersebut, kebanyakan orang hanya akan memperlihatkan kehidupan mereka yang bahagia dan menyenangkan, kepada semua orang atau teman di sosial media. Banyaknya postingan yang menyiratkan kebahagiaan dan kesenangan tersebut, akan membuat orang-orang yang melihatnya, membandingkannya dengan kehidupan sosial yang sempurna.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Cyberpsychology, melibatkan lebih dari 1.300 partisipan. Penelitian ini dilakukan dengan melacak aktivitas online para pengguna sosial media. Dari hasil analisa, menemukan bahwa penggunaan sosial media setiap hari bisa mempengaruhi kesehatan emosional, dan tingkat kepuasan dalam hidup.

Gambaran kehidupan yang ideal akan terbentuk, kesenangan, kebahagiaan dan hidup yang penuh dengan keceriaan seolah-olah menjadi sesuatu yang selalu dirasakan. Padahal kehidupan tidak selalu sesempurna seperti yang tergambar dalam postingan foto, status atau video yang diunggah di media sosial.

Seseorang bisa menghabiskan waktunya di Facebook maupun media sosial lainnya setiap hari. Media sosial memang sangat membantu anda, untuk terhubung dengan orang lain lebih mudah dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya, akan tetapi, yang menjadi permasalahannya adalah apakah hal ini selalu baik untuk anda? Berdasarkan penelitian saat ini, jawabannya adalah tidak,”. Di dalam studi tersebut dinyatakan bahwa, postingan di Facebook berpotensi membuat orang lain iri, karena menganggap kehidupan mereka jauh lebih baik dari dirinya yang sekarang. Terlebih lagi jika konsumsi Facebook tak terkontrol. Misalnya dalam sehari seseorang bisa menggunakan Facebook puluhan kali dan dalam waktu yang relatif lama.

Facebook sebenarnya cukup membantu untuk menjaga kekerabatan antar teman, rekan kerja ataupun kerabat. Namun sebaiknya anda bisa lebih bijak dalam menggunakannya. Konsumsinya harus dibatasi, apalagi di saat-saat menjelang perayaan hari besar seperti sekarang ini.

Anda disarankan untuk tidak sering-sering stalking Facebook orang lain terutama mantan saat Natal atau Tahun Baru. Lebih baik gunakan waktu libur panjang yang anda miliki, untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan ‘kehidupan nyata’ yang ada di depan mata anda. Kalau sekarang anda merasa kesepian, karena tidak ada sosok kekasih yang bisa menemani waktu liburan anda, tenang saja, gak punya pacar bukan berarti hidup anda selesai kan? anda masih punya teman dan keluarga yang bisa anda ajak melewati saat-saat seperti ini.

Categories: info