javascript hit counter

#ShameOnYouMalaysia, Inilah Yang Menjadi Insiden Merah Putih

Indonesia telah mendapatkan berbagai masalah yang tak lain adalah ulah dari negara Malaysia yang dengan sengaja Meletakkan Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia pada halaman Past Game Host Countries dengan terbalik. Yang seharusnya Bendera Indonesia adalah Merah Putih, namun ulah Malaysia yang meletakkan bendera Indonesia adalah Putih Merah. Lambang Putih Merah adalah negara Polandia, seperti yang kita ketahui sebelumnya.

Dengan terjadinya insiden ini, membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia yang bernama Imam Nahrawi menuliskan satu penyesalan pada akun Twitternya atas kejadian yang diperbuat Negara Malaysia sebagai tuan rumah di Gelaran Sea Games ke29 tersebut. Menurutnya ini adalah ketelodaran mereka (Malaysia) dalam meletakkan lambang negara Indonesia.

Tak berselang lama Minister of Youth & Sports Malaysia atau lebih mudahnya sebut saja pejabat setingkat dengan Imam Nahrawi melontarkan permintaan maafnya kepada Bapak Pemuda dan Olahraga Indonesia itu melalui akun twitternya. Tak berselang lama juga dari cuitan kedua Menteri Pemuda dan Olahraga dari kedua negara ini, Malaysia melalui Ketua Panitia Pelaksanaan Sea Games melakukan permohonan maaf secara tertulis.

Kami sangat menyesalkan kesalahan dan mempercayai ikatan kuat antara kedua negara akan semakin menguat dalam semangat Sea Games,” bunyi pernyataan pihak Panitia Sea Games Kuala Lumpur. Rencananya Ketua Panitia Pelaksanaan Sea Games Malaysia dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Brigjen Khairy Jamaluddin akan mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia untuk meminta maaf atas nama Komite, dikutip dari Sindonews.

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan yang tidak disengaja dalam menerbitkan bendera yang salah untuk Indonesia” (20/8/2017). Sebenarnya Indonesia dan Malaysia memiliki track record yang cukup panjang mengenai perseteruan di berbagai bidang kehidupan. Tapal batas antara Indonesia dan Malaysia, insiden saling klaim kebudayaan satu sama lain, tenaga kerja Indonesia di Malaysia, hingga isu-isu konflik seksi lainnya.

Namun bukan tidak banyak yang membuat Netizen terluka akibat insiden yang terjadi dan dilakukan oleh malaysia tersebut. Tak kurang dari 36.000 #ShameOnYouMalaysia digunakan oleh pengguna twitter di Indonesia. Sebab luka lama yang dahulunya belum terobati akibat konflik-konflik yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia. Bahkan Isu-isu kecil saja bisa menjadi satu permasalahan yang besar serta pertikaian Multidimensional.

Apalagi disaat seperti ini, simbol kenegaraan Indonesia yang terbalik. Dimana RI sedang merayakan hari peringatan HUT kemerdekaan yang ke 72. Tentu ini akan sangat membuat para masyarakat yang berada di Indonesia semakin mengamuk dengan adanya konflik seperti ini. Sebab Secara Filosofi Bendera kebangsaan Indonesia yang terdiri dari warna Merah dan Putih. Tentu ini mempunyai arti yang sangat mengangumkan bagi rakyat Indonesia.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih

Merah yang melambangkan keberanian dan Putih yang melambangkan berarti suci. Bahkan warna Merah juga sangat melambangkan raga manusia, sedangkan Putih melambangkan jiwa manusia. Tentu seperti yang bisa kita ambil tanggapannya dari kombinasi kedua warna yang saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa raga manusia untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang seutuhnya.

Sang Saka Merah Putih yang pertama kalinya telah dikibarkan di Jalan Pengangsaan Timur No. 56 Jakarta. Pada saat itu, bertepatan dengan momentum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan bendera yang telah dijahit oleh Almarhumah Ibu Fatmawati. Lalu Presideng Indonesia pada saat itu adalah Soekarno yang pada tanggal 31 Agustus 1945 telah mengeluarkan Maklumat yang menetapkan bahwa mulai 1 Septembel 1945 Sang Merah Putih telah dikibarkan secara terus menerus di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Peristiwa Perobekan Bendera Belanda

Insiden perobekan Bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) pada tanggal 10 November 1945 di Hotel Yamato merupakan klimaks gerakan pengibaran Bendera Indonesia. Yang akhirnya berujung pada pecahnya pertempuran yang kurang lebih selama tiga minggu, dan tercatat setidaknya 6.000-16.000 pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran dan 200.000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Atas dasar peristiwa ini, tanggal 10 November dijadikan Hari Pahlawan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga saat ini.

Sampailah pada saat ini, atas dasar apa mereka (Malaysia) membalikkan lambang negara Indonesia menjadi Putih Merah yang tadinya Merah Putih. Apa ini pertanda adanya bahwa Malaysia memang dengan sengaja melakukan hal seperti ini, agar rakyat Indonesia merasa kesal dan akan mengamuk. Kalau kita lihat secara Logika bisa saja ini adalah kesengajaan dari malaysia. Kenapa tidak? Kenapa hanya Lambang Indonesia saja yang terbalik?

Padahal bisa terlihat dengan jelas, bahwa disana terdapat berbagai lambang kenegaraannya masing-masing dan kenapa hanya Bendera Indonesia saja yang terbalik? Ya’ biarkan para kepemerintahan saja yang akan mengurus ini semua. Sebab kita sebagai rakyat Indonesia hanya bisa berdoa yang terbaik saja buat negara kita. Semoga pemerintah Indonesia bisa menyelesaikannya sdengan cepat dan tidak ada lagi konflik lainnya.

Semoga juga artikel ini bisa menambah wawasan para pembaca sekalian, akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya yang sudi kiranya mau membaca artikel saya ini.

Categories: info