javascript hit counter

Keunikan Yang Terdapat Pada Uang Rupiah Baru

Siapa sih yang gak kenal sama uang? jawabannya pasti “tidak ada”. Seluruh lapisan masyarakat pasti mengenal uang. Uang adalah segala sesuatu yang dapat diterima oleh masyarakat umum, sebagai alat tukar, tidak hanya dalam lalu lintas perekonomian, tetapi dalam seluruh kehidupan, yang bisa dipakai untuk melakukan pembayaran baik barang, maupun jasa.

ORI adalah mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka. Pemerintah memandang perlunya untuk mengeluarkan uang sendiri, yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah, tapi juga sebagai lambang utama negara merdeka. Presiden Soekarno menjadi tokoh yang paling sering tampil dalam desain uang kertas ORI dan uang kertas Seri ORI II, yang terbit di Jogjakarta pada tanggal 1 Januari 1947, Seri ORI III di Jogjakarta pada tanggal 26 Juli 1947, Seri ORI Baru di Jogjakarta pada tanggal 17 Agustus 1949, dan Seri Republik Indonesia Serikat (RIS) di Jakarta pada tanggal 1 Januari 1950. Sejak saat itu, uang terus mengalami perkembangan sampai sekarang.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”. Kalimat ini dikutip dari perkataan Presiden Soekarno. Begitu juga dengan pemuatan gambar pahlawan dalam uang rupiah baru emisi 2016 ini, yang bertujuan untuk kembali memperkenalkan¬†pahlawa-pahlawan nasional pada masyarakat. Tidak hanya pahlawan nya saja yang diperkenalkan kepada masyarakat, tetapi kekayaan budaya dan nusantara Indonesia nya juga.

Bank Indonesia telah resmi mengeluarkan 12 uang pecahan rupiah baru pada hari Senin, 19 Desember 2016. Terdiri atas tujuh uang kertas dan empat uang logam. Sejak 71 tahun merdeka, baru pertama kali Indonesia mengeluarkan sejumlah uang baru secara serentak. Kesebelas mata uang baru ini memiliki ciri sosok pahlawan, warna, dan bentuk yang berbeda. Uang rupiah baru ini juga dinilai mempunyai sistem keamanan yang termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Selain itu, desain uang rupiah juga masuk dalam daftar uang terkeren di dunia.

Dalam uang rupiah baru terpampang 11 gambar pahlawan nasional dari 11 uang rupiah baru yang diluncurkan. Hal yang menarik dari uang-uang baru ini adalah, adanya satu sosok pahlawan perempuan yang terpampang di uang baru pecahan 1.000 rupiah. Pahlawan nasional wanita ini berasal dari Aceh, yaitu Tjut Meutiah dengan warna dasar gradasi hijau.

Dalam biografi yang diambil dari berbagai sumber, digambarkan Tjut Meutiah memiliki paras cantik dan mengenakan pakaian adat yang indah, yaitu baju berkerah tinggi dan celana sutra warna hitam serta rambut yang dicepol. Tjut Meutiah menjadi pahlawan perempuan ketiga dalam sejarah uang rupiah Indonesia. Sebelumnya pahlawan perempuan dari Aceh Tjut Nyak Dhien juga pernah hadir dalam uang kertas Rp 10.000 pada tahun 1998.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari 11 uang rupiah yang baru-baru ini dicetak:

1. Uang kertas Rp100.000

Uang kertas ini berwarna merah. Di bagian depan terdapat sosok pahlawan Presiden dan Wakil Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Sementara itu, di bagian belakang menggambarkan wisata nusantara dan budaya, yakni, Raja Ampat dan tari Topeng Betawi.

2. Uang kertas Rp50.000

Uang kertas ini berwarna biru. Di bagian depan terdapat sosok pahlawan Ir. Djuanda Kartawidjaja, sedangkan di bagian belakang menggambarkan wisata nasional Taman Nasional Komodo dan tari Legong.

3. Uang kertas Rp20.000

Uang kertas ini berwarna hijau. Di bagian depan terdapat sosok pahlawan Dr. G.S.S.J. Ratulangi. Sementara itu, di bagian belakang menggambarkan taman wisata Derawan dan budaya tari Cong.

4. Uang kertas Rp10.000


Warna uang kertas ini adalah ungu. Sisi bagian depan terdapat gambar pahlawan Frans Kaisiepo dan di bagian belakang menggambarkan wisata Taman Nasional Wakatobi dan budaya tari Pakarewa.

5. Uang kertas Rp5.000


Uang tersebut berwarna cokelat muda. Di sisi bagian depan terdapat gambar pahlawan Dr. K.H. Idham Chalid. Sementara itu, di bagian belakang terdapat wisata Gunung Bromo dan budaya tari Gambyong.

6. Uang kertas Rp2.000


Uang kertas ini berwarna dominan abu-abu. Sisi bagian depan terdapat gambar pahlawan Muhammad Hoesni Thamrin, sedangkan di bagian belakang terdapat Ngarai Sianok dan budaya tari Piring.

7. Uang kertas Rp1.000


Berwarna dominan hijau. Di bagian depan terdapat gambar pahlawan Tjut Meutia. Sementara itu, di bagian belakang menggambarkan Banda Neira dan budaya tari Tifa.

Selanjutnya, pecahan uang logam rupiah semua berwarna perak.

1. Nominal Rp1.000,-


Terdapat gambar pahlawan Mr. I Gusti Ketut Pudja

2. Nominal Rp500,-


Terdapat gambar pahlawan Letjen TNI T.B. Simatupang

3. Nominal Rp200,-


Terdapat gambar pahlawan Dr. Tjiptomangunkusumo

4. Nominal Rp100,-


Gambar Pahlawan Nasional Prof.Dr.Ir. Herman Johanes

Dengan dicetaknya uang-uang rupiah baru ini, masyarakat menyambutnya dengan antusias. Hal ini terlihat ketika masyarakat mulai berbondong-bondong menukarkan uang rupiah lama yang dimilikinya dengan uang rupiah baru di sejumlah daerah di seluruh Indonesia. Dengan dikeluarkannya uang baru ini, diharapkan dapat menstabilkan perekonomian Indonesia, dan meminimalisir kejahatan pemalsuan uang, karena uang baru ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik.

Categories: info