javascript hit counter

Beberapa Fakta Unik Tentang Air mata Yang Anda ketahui

Tahukah anda bahwa manusia adalah makhluk yang mengeluarkan air mata, untuk alasan yang berbeda-beda?
Menangis atau mengeluarkan air mata adalah sebuah proses fisiologis yang terjadi pada semua makhluk hidup. Akan tetapi, manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang menangis untuk menunjukkan emosi atau perasaan yang berbeda beda.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu anda ketahui tentang air mata, yaitu:

Menangis ternyata baik untuk kesehatan Anda

Selama ini kebanyakan orang menganggap, bahwa air mata merupakan tanda kelemahan dan bahkan diartikan sebagai tindakan manipulasi. Tapi kenyataannya, ketika Anda merasa sedih, secara otomatis Anda akan mengeluarkan air mata. Hal ini terjadi karena tubuh Anda melepaskan suatu bahan kimia. Zat kimia ini bertindak sebagai zat yang berfungsi untuk menenangkan dengan cara alami. Dengan kata lain, air mata bisa mengurangi rasa sakit yang sedang anda alami.

Ketika Anda menangis, tubuh Anda telah masuk ke dalam keadaan yang tenang. Hal ini terjadi karena tubuh Anda akan melepaskan oxytosin setelah menangis. Zat kimia ini memiliki fungsi seperti bius alami. Meskipun menangis bukanlah hal yang sering terjadi, tapi menangis sangatlah penting. Tidak hanya untuk memberikan ketenangan saat anda merasakan sakit, tapi juga bisa melindungi selaput lendir di mata, dari kemungkinan terjadinya dehidrasi. Air mata ini akan membantu menjaga mata Anda dalam kondisi yang baik dan sempurna. Air mata juga mengandung sebuah cairan yang disebut Lysozime D, yang berfungsi untuk membunuh beberapa jenis bakteri.

Menangis ternyata merupakan aktivitas yang baik. Hal ini membantu untuk menjaga agar Anda sehat dan tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Apakah air mata bahagia dan air mata kesedihan itu sama?

Menurut beberapa ilmuwan, air mata dibedakan dalam tiga kategori:

1. Air mata utama

Air mata ini adalah air mata yang menjaga kornea mata secara permanen dari kekeringan. Fungsi air mata di sini adalah untuk melumasi mata dan juga menjaga mata tetap bersih. Dalam keadaan normal, biasanya seseorang akan memproduksi seperlima dari satu sendok teh atau setara dengan 1,1 gram air mata dalam sehari. Seiring waktu, jumlah ini bisa meningkat dan menurun.

2. Air mata refleksif

Air mata ini muncul karena beberapa iritasi. Munculnya air mata ini bisa disebabkan karena benda asing yang masuk ke dalam mata, seperti debu misalnya. Beberapa benda lainnya juga bisa berpotensi menyebabkan air mata, seperti bawang, gas air mata, uap cat dan bahan kimia korosif lainnya. Air mata yang keluar tersebut berfungsi untuk membersihkan mata dari benda-benda asing yang masuk ke dalam mata.

3. Air mata emosional

Air mata emosional ini adalah air mata yang didasarkan pada perasaan, seperti: kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, dan sebagainya. Perasaan-perasaan tersebut berpotensi menghasilkan air mata. Air mata ini akan memberikan efek ketenangan bagi anda.

4. Menangis setelah berhubungan seks

Banyak orang merasa ingin menangis setelah mencapai orgasme. Tidak ada konsensus dalam komunitas ilmiah yang bisa menjelaskan fenomena ini. Namun, beberapa orang percaya bahwa, menangis setelah melakukan hubungan seks secara langsung berhubungan dengan fluktuasi hormon seks.

Jika dilihat sari reaksi psikologisnya, air mata ini dapat terjadi karena alasan, seperti:

Sensasi mencapai klimaks

Rasa bersalah ketika mereka curang pada seseorang, akan reflek membuat seseorang menangis. Kesedihan ini disebabkan jika seseorang sedang berada dalam sebuah hubungan yang buruk atau tidak baik. Jika Anda selalu merasakan reaksi ini saat sedang melakukan hubungan seks, mungkin Anda harus mulai menganalisis hubungan Anda. Tapi jika Anda menangis karena Anda merasa senang dengan hubungan tersebut, maka semua akan baik-baik saja.

Kenapa para kaum pria sangat jarang menangis?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita menangis lebih sering dari pada pria. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan, bahwa wanita menangis empat kali lebih sering daripada pria. Hal ini disebabkan oleh hormon prolaktin. Hormon inilah yang menyebabkan seseorang menangis. Hormon ini sebagian besar hadir dalam darah dan air mata wanita. Di sisi lain, saluran air mata perempuan memiliki struktur yang berbeda dari pada laki-laki. Hal ini yang membuat waita lebih mudah dan sering menangis.

Apakah Binatang juga bisa menangis?

Hewan juga memiliki kemampuan untuk menangis. Ekspresi perasaan binatang bervariasi untuk setiap spesies. Hal ini disebabkan karena sistem limbik pada masing-masing spesies tidaklah sama. Namun walaupun hewan juga bisa mengeluarkan air mata seperti manusia, namun air mata yang dihasilkan antara keduanya sangat berbeda. Hewan khususnya mamalia menangis hanya untuk melakukan fungsi-fungsionalnya saja dan tidak ada kaitannya dengan emosi yang dimiliki manusia.

Categories: info