javascript hit counter

5 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Tertinggi di Dunia

Uang, merupakan sebuah alat transaksi yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia sejak lama. Sebelum adanya uang sebagai alat transaksi jual-beli, masyarakat pada zaman dulu melakukan sistem pebayaran yang disebut Barter. Barter adalah kegiatan saling menukarkan barang antara satu sama lain.

Namun sekarang, masyarakat tidak perlu lagi melakukan sistem barter, karena uang sudah tercipta. Uang yang saat ini digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai alat transaksi, juga mengalami beberapa perubahan desain, sesuai dengan kebijakan masing-masing negara. Tidak hanya itu saja, setiap negara-negara di dunia memiliki mata uang yang berbeda-beda satu sama lain.

Mata uang tersebut mempunyai tingkat dan nilai tukar yang berbeda. Ada beberapa negara yang mata uang nya memiliki nilai tukar yang lebih mahal dibandingkan negara-negara lain, sebaliknya adapula yang memiliki mata uang yang nilai tukarnya sangat rendah. Mata uang dengan nilai yang tinggi, biasanya dimiliki oleh negara yang sangat kaya serta memiliki sistem perekonomian negara yang kuat.

Berikut ini adalah 5 mata uang yang memiliki nilai tukar paling tinggi di dunia:

1. Pound Sterling, Inggris

Pound Sterling merupakan mata uang negara Inggris. Pound sterling adalah mata uang resmi yang berlaku sebagai alat pembayaran di negara ini. Satu pound terdiri dari 100 pence. Para turis yang berkunjung ke negara ini, harus rela mengeluarkan uang yang cukup banyak. Hal ini disebabkan karena mata uang pound sterling merupakan salah satu mata uang yang memiliki nilai tukar tertinggi di dunia. Pound Sterling ini didesain dengan gambar sang ratu sebagai gambar
di belakangnya.

2. Dolar Amerika Serikat (AS)

Mata uang Dolar AS ini sangat terkenal di seluruh dunia. Hampir 85 persen dari total transaksi di pasar valuta asing menggunakan mata uang ini sebagai alat transaksi. Inilah alasan mengapa Dolar AS dikenal sebagai mata uang dunia. Amerika Serikat juga merupakan negara yang memiliki perekonomian yang sangat kuat, bahkan menjadi negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Mata uang ini juga merupakan mata uang yang memiliki nilai tukar yang tingi di dunia.

3. Dolar Australia

Australia merupakan sebuah negara dengan pemandangan yang indah, dan memiliki perekonomian yang juga kuat. Negara ini memilih Dolar Australia yang dilambangkan dengan A$ sebagai mata uang negaranya. Dolar Australia merupakan salah satu mata uang yang sangat bernilai tinggi di dunia, karena dipakai sekitar 7,6 persen di dalam transaksi sehari-hari di dunia. Mata uang ini biasanya disebut dengan Aussie.

4. Dinar Bahrain

Bahrain terkenal sebagai negara yang sukses menciptakan lapangan pekerjaan atau kesempatan kerja. Negara ini juga sangat terkenal di dunia karena memiliki mata uang yang nilai tukarnya yamg tinggi. Bahrain memiliki mata uang Dinar, yang termasuk salah satu mata uang yang paling berharga di dunia. Banyak orang dari negara-negara lain di dunia yang memang sengaja datang ke negara ini, untuk mencari pekerjaan. Hal ini disebabkan karena masyarakat di seluruh dunia tahu, bahwa mereka akan mendapatkan bayaran atau gaji yang tinggi atas kerja kerasnya di negara ini. Negara ini juga dianggap sebagai negara paling liberal di dunia. Negara ini menjadikan gambar anggota kerajaan sebagai latar belakang mata uang Dinarnya.

5. Dinar Kuwait

Dinar Kuwait adalah mata uang resmi di Kuwait. Dinar Kuwai kini menjadi salah satu mata uang bernilai tertinggi di dunia. Kuwait dikenal sebagai negara yang sangat kaya karena memiliki cadangan minyak yang cukup besar. Negara ini merupakan pengekspor minyak terbesar ke seluruh negara-negara di dunia. Tak heran, jika mata uang negara ini menjadi mata uang yang paling berharga di dunia.

Mata uang di atas memiliki nilai yang sangat tinggi dalam kegiatan transaksi di seluruh dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakan di tahun-tahun mendatang, Indonesia bisa masuk ke dalam daftar negara, yang memiliki mata uang dengan nilai tukar yang tinggi?

Categories: info