javascript hit counter

5 Alasan Untuk Memaafkan Dan Melupakan Kesalahan Orang Lain

Memaafkan seseorang dan melupakan semua kesalahan yang telah diperbuatnya, mungkin adalah hal tersulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Bahkan sebagian orang mungkin akan menyimpan dendam dan memiliki keinginan untuk membalas perbuatan seseorang tersebut.

Tapi tahukah anda, bahwa yang anda lakukan itu akan merugikan diri anda sendiri? Tidak mau memaafkan dan melupakan perilaku buruk seseorang pada anda, bisa menimbulkan penyakit untuk anda. Tentu saja hal ini akan merugikan anda. Memiliki sikap pemaaf dalam kehidupan, akan membuat anda semakin menikmati kehidupan yang anda punya. Jika masih terasa sulit bagi anda untuk memaafkan kesalahan orang lain, setidaknya marilah mulai belajar untuk mencobanya.

Saat anda memutuskan untuk memaafkan kesalahan orang lain dan melupakan kesalahan tersebut, ini merupakan satu langkah awal yang baik untuk meyembuhkan luka anda. Untuk melakukan hal tersebut, memang memerlukan keberanian dan jiwa yang besar. Mengesampingkan ego, juga sangat diperlukan saat melakukan hal ini.

Berikut lima alasan mengapa anda harus mengampuni dan melupakan kesalahan orang lain pada anda:

1. Sulit untuk memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain dapat mempengaruhi kehidupan anda

Ketika seseorang menyakiti anda, maka secara tidak langsung apa yang dilakukannya akan mempengaruhi kehidupan anda. Saat sakit hati sudah mempengaruhi anda, maka segala sesuatu yang anda lakukan tidak akan mencapai hal yang maksimal. Banyak hal yang akan anda lalaikan karena sibuk memikirkan sakit hati tersebut. Memutuskan untuk memaafkan orang yang menyakiti anda tidak akan merugikan, bahkan menjatuhkan harga diri anda. Melainkan anda akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri, dari apa yang anda lakukan tersebut. Rasa sakit yang anda simpan terlalu lama, akan menyebabkan Anda berada dalam mood yang buruk, hidup dalam kepahitan dan amarah. Itulah sebabnya mengapa Anda harus bisa melawan ego anda sendiri.

2. Tidak memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain bisa menimbulkan masalah baru

Untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain, pertama-tama anda harus membuat komitmen pada diri sendiri. Komitmen ini akan membantu anda dalam mengambil suatu keputusan. Tidak selamanya memaafkan oranglain berarti melupakan semua kesalahannya pada anda, karena melupakan kesalahan orang lain yang sudah sempat meninggalkan bekas luka yang sangat dalam, bukan lah sesuatu yang mudah. Tapi ketika anda memutuskan untuk memaafkan, setidaknya anda sudah melepaskan satu ikatan yang membelenggu kehidupan anda. Saat anda memutuskan untuk tidak memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain pada anda, kemungkinan masalah baru untuk muncul akan jauh lebih besar. Ingatlah bahwa masalah akan terus muncul dan semakin menjadi-jadi.

3. Ungkapkan perasaan anda

Mengungkapkan apa yang anda rasa sangat diperlukan untuk melepaskan sentimen dan membebaskan perasaan terhadap orang yang menyakiti Anda. Bukan berarti Anda harus melakukan konfrontasi, yang bahkan akan menyebabkan masalah lebih buruk. Sebelum berbicara dengan orang yang menyakiti anda tersebut, pertama Anda harus menjelaskan apa yang anda rasakan dan berpikir terlebih dahulu tentang apa yang akan Anda katakan. Anda bisa mencoba menjelaskan tentang alasan kekecewaan dan kemarahan anda pada orang yang menyakiti anda. Mengatakan semua perasaan tersebut dengan kalimat yang baik dan sopan, akan memberikan kelegaan tersendiri untuk anda.

4. Menerima kesalahan orang lain

Emosi yang tersembunyi didalam diri merupakan salah satu hal yang membuat anda menjadi sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain. Emosi ini bisa berupa kesedihan, penghinaan, penolakan, dan penipuan. Mencoba menerima kesalahan tersebut dan membawa diri ke dalam posisinya, mungkin bisa meluluhkan rasa kekecewaan anda, sehingga anda mau memaafkannya.

5. Melepaskan situasi

Memulai, bergerak maju dan tidak melihat ke belakang. Anda harus tahu bahwa menunda untuk memaafkan orang lain merupakan hal yang salah dan mungkin saja tidak akan pernah terjadi sama sekali. Anda mungkin akan memerlukan waktu untuk bisa memaafkan orang lain. Tapi sebaiknya, anda memutuskannya dengan cepat. Anda hanya perlu berhadapan dengan orang tersebut dan berkata, “Aku memaafkan mu.” Maka Anda akan merasakan segala sesuatu berubah menjadi lebih baik dan Anda akan terbebas dari rasa sakit yang menyiksa anda.

Saat akan memaafkan orang lain. Ingatlah sebuah kalimat bijak yang mengatakan “Apa yang kau ikat di bumi, akan terikat di surga. Dan apa yang kau lepaskan di bumi, akan dilepaskan di surga”. Memaafkan dan mengampuni oranglain diibaratkan sebagai dosa. Semua pilihan bergantung pada anda.

Categories: info