javascript hit counter

Wow, Manfaat Belut Sangat Banyak Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya tumbuhan saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata belut juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Belut merupakan hewan sawah yang banyak disukai sebagian orang. Bahkan tidak jarang juga kita temui orang yang menangkap belut di daerah persawahan untuk dimakan sendiri. Tapi sekarang sudah ada yang menjual dipasaran sehingga kita tidak perlu susah payah untuk menangkapnya.

Nah, sekarang yang perlu kita ketahui tentang belut yaitu manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Bukan hanya enak dimakan saja loh, Belut juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan gizi yang cukup baik seperti Vitamin A, B, C, Kalsium, Zat besi, Fosfor dan masih banyak lagi kandungannya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Didalam lingkungan kita, Belut sebenarnya berfungsi sebagai Indikator (petunjuk) yang digunakan untuk mendeteksi terjadinya pencemaran lingkungan atau penurunan kualitas air. Belut juga lebih suka beranak pada perairan yang dangkal. Lantas apa saja sih manfaat belut bagi Kesehatan kita dan apa saja sih efek samping dari mengkonsumsi hewan ini, Berikut penjelasannya:

Manfaat Belut Bagi Kesehatan Tubuh

  • Belut mengandung Omega-3 asam lemak yang baik untuk saraf (jaringan tubuh), apalagi jika anak-anak yang mengkonsumsinya, sangat baik untuk perkembangan otak si anak.
  • Mendukung sistem Reproduksi pada tubuh kita, ini sangat baik dikonsumsi pengantin baru yang ingin segera memiliki bayi. Konsumsi belut ini secara teratur maka akan membantu untuk menyehatkan Rahim dan Sel-sel Sperma agar tetap sehat dan subur.
  • Mendukung pembentukan protein, sebab kandungan protein pada belut sangat baik untuk protein tubuh. Kandungan protein ini memiliki peran sebagai generator, sehingga regenerasi sel-sel yang rusak pada tubuh kita akan berfungsi lebih cepat dari biasanya.
  • Belut juga mampu menjaga kesehatan pada mata dan meningkatkan kesehatan mata karena belut yang mengandung Vitamin A yang baik untuk mata. Bukan hanya sayuran saja yang memiliki Vitamin A.
  • Manfaat lain dari belut juga meningkatkan ketahanan tubuh kita, setelah beraktivitas sepanjang hari sudah pasti akan menguras stamina kita. Dengan mengkonsumsi belut akan menambah stamina kita, karena nilai kalorinya yang cukup tinggi, ini juga lebih efektif dibandingkan mengkonsumsi daging, telur dan lainnya.
  • Membuat tulang lebih kuat, Kekuatan tulang sangatlah penting bagi tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mendukung pertumbuhan tulang, salah satu makanannya adalah belut. Kandungan fosfor pada belut lebih tinggi dibandingkan kita mengkonsumsi dua butir telur, karena itu juga baik untuk pembentukan tulang yang kuat.
  • Menghindari resiko pemyempitan pembuluh darah, Adanya zat Antioksida seperti vitamin C dan Mineral membuat kadar kolesterol dalam darah seimbang. Terutama menekan jumlah kolesterol jahat.
  • Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan saat ini paling ditakuti, termasuk penyakit payudara. Penyakit yang sangat ditakuti oleh kebanyakan wanita ini bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi belut, sebab dalam daging belut ada kandungan arginin yang berfungsi bagus untuk melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara. Belut juga sangat bagus untuk kesehatan jantung, maka sebaiknya mengkonsumsi belut, karena dengan mengkonsumsi belut maka bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah.
  • Belut juga mengandung zat besi bagi tubuh manusia yang berfungsi untuk mencegah anemia. Zat besi yang kurang pada tubuh akan mempengaruhi pembentukan zat-zat hemoglobin pada sel darah sehingga kurang mensuplai oksigen ke seluruh tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh terganggu, sangat tepat untuk mengkonsumsi belut ini.

Jika ingin mengkonsumsi belut maka kita jangan takut akan asam lemak dan kolesterolnya yang tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi belut dengan cara dipanggang saja. Komposisi asam lemak dan kolesterol yang diolah dengan cara dipanggang ini mempunyai resiko yang kecil terhadap tumpukan kolesterol jahat karena proses pembakaran daging belut mampu menghilangkan sebagian kandungan lemak yang terkandung pada belut akan mencair dan membuat berkurangnya kadar lemak tersebut.

Sangat berbeda dengan pengolahan belut dengan cara di goreng, belut yang digoreng dengan memakai minyak justru akan membuat minyak yang ada pada belut bertambah besar karena kadar lemaknya yang tidak mencair secara sempurna di dalam belut.

Efek Samping dari Daging Belut

Selain manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, ikan, belut juga memiliki efek samping yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi, hal ini sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan sidat. Mengapa hal ini tidak dianjurkan? Bukan tanpa alasan, karena belut memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang tentu saja tingkat kolesterol dapat memperburuk. Dan ingat, jangan mengkonsumsi berlebihan kepada orang-orang yang tidak memiliki kolesterol.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih membantu dan menambah wawasan para pembaca.

Categories: healthy