javascript hit counter

Warna Mata Dapat Mengidentifikasi Penyakit Dan Kondisi Kesehatan Tubuh

Warna pada mata berfungsi untuk memberikan keindahan dan perbedaan pada mata. Setiap orang memiliki warna mata yang berbeda-beda satu sama lain. Akan tetapi, warna mata ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pemberi keindahan dan perbedaan pada mata. Warna tersebut ternyata bisa menjadi sebuah indikasi dari penyakit tertentu.

Variasi warna mata seseorang, bisa menjadi identifikasi kemungkinan mengidap suatu penyakit, dan tahap awal dari munculnya masalah kesehatan. Warna mata tidak hanya sekedar memberikan sinar pada mata, pancaran kecantikan, dan perbedaan. Tetapi juga mencerminkan banyak hal tentang Anda.

Biasanya, warna mata seseorang merupakan suatu bentuk warisan dari orang tua. Akan tetapi, tidak selamanya warna mata pada seluruh anggota keluarga memiliki warna yang sama. Bahkan anak kembar sekalipun tidak selalu memiliki warna mata yang sama. Faktor genetik memang merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi warna pada mata. Faktor genetika ini yang akan menentukan, apakah warna mata anda coklat, hazel, hijau, biru, abu-abu, atau beberapa kombinasi juga variasi warna lainnya.

Sebuah ungkapan mengatakan bahwa “mata adalah jendela jiwa”. Ungkapan ini mendefinisikan bahwa mata bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Mata juga merupakan indera yang bisa memberikan anda informasi tentang kondisi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa indikasi penyakit atau kondisi kesehatan jika dilihat dari warna mata anda:

1. Orang dengan mata gelap kemungkinan besar memiliki katarak

Kondisi ini biasanya dikaitkan dengan kondisi penuaan seseorang. Pada awalnya kondisi seperti ini akan membuat penglihatan anda menjadi kabur. Katarak adalah kondisi dimana di dalam mata seperti terdapat awan atau kabut. Orang-orang dengan warna mata gelap lebih rentan terkena resiko menderita katarak. Akibat dari kondisi ini adalah kehilangan penglihatan.

Hal ini terbukti melalui studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal American Journal of Opthalmology. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan mata gelap memiliki risiko 1,8 sampai 2,8 kali lebih besar untuk menderita katarak. Walaupun demikian, penyakit ini masih dapat dicegah. Yang perlu dan harus anda lakukan adalah, melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berlebihan. Sinar matahari memiliki peranan penting dalam kesehatan jika jumlahnya tidak berlebihan. Adapun hal yang disarankan bagi anda adalah:

– Anda bisa berada di bawah sinar matahari pagi, dimana matahari masih tidak terlalu tinggi. Hindari pemaparan sinar matahari pada siang hari dan sekitar pukul 3 sore.
– Gunakan kacamata yang berkualitas baik saat anda akan keluar rumah pada siang hari. Kacamata yang anda gunakan tersebut tidak hanya akan menunjang penampilan menjadi lebih baik, tetapi juga akan menghindarkan mata anda terkena sinar matahari langsung. Kacamata yang berkualitas baik dapat melindungi mata hingga 90 persen dari radiasi matahari. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi anda untuk tidak sembarangan memilih kacamata.

2. Orang dengan mata berwarna biru cenderung rentan terhadap penyakit Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi di mana kulit kehilangan melanin atau pigmen, yang menentukan warna pada kulit, rambut, dan mata Anda. Hal ini terjadi akibat sel-sel yang memproduksi melanin mati. Akibatnya, pigmen kulit Anda memudar dan muncul bercak putih dalam bentuk yang tidak teratur, yang semakin lama ukurannya dapat membesar. Beberapa studi menemukan bahwa penyakit ini sering terjadi pada orang dengan mata biru.

Temuan ini diperoleh setelah mempelajari 3.000 penderita vitiligo. Semua orang yang terlibat dalam penelitian ini adalah Kaukasia (ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara). Dua puluh tujuh persen memiliki mata biru, 30 persen memiliki mata hijau atau cokelat, dan 43 persen memiliki mata coklat.

3. Orang dengan mata biru juga rentan terkena melanoma

Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, yaitu sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin inilah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada, biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma.

Biasanya, melanoma ini banyak diderita oleh orang-orang yang memiliki warna mata biru. Untuk mengurangi resiko terkena melanoma, anda bisa menghindarkan kulit agar tidak terkena paparan langsung sinar ultraviolet, baik yang alami maupun buatan, meski kemunculan melanoma tidak selalu bisa dicegah, namu tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit ini. Salah satu pencegahan melanoma yang mudah dilakukan adalah menggunakan tabir surya dan memakai pakaian yang lengkap untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bersifat merusak.

4. Orang-orang dengan warna mata yang gelap sangat sensitif pada alkohol

Orang dengan mata berwarna hitam atau coklat, lebih sensitif pada minuman beralkohol daripada mereka yang memiliki mata biru atau hijau. Hal ini diterbitkan dalam sebuah majalah ilmiah US tentang kepribadian dan perbedaan individu. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi alkohol lebih besar pada mereka dengan mata berwarna terang.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang dengan mata berwarna gelap, dapat menjadi lebih sensitif terhadap alkohol pada umumnya.

5. Perubahan warna mata bisa menjadi tanda bahwa sesuatu yang buruk terjadi

Apakah Anda pernah melihat di bagian putih mata menjadi berwarna kemerahan? Hal ini bisa menjadi suatu pertanda bahwa anda terkena alergi. Jika mata berubah menjadi kuning, Anda mungkin sedang mengalami masalah kesehatan pada hati. Jika hanya salah satu mata yang berubah warna, hal ini bisa menjadi tanda bahwa anda terkena penyakit keturunan seperti neurofibromatosis.

Jika Anda melihat perubahan pada warna mata, Anda bisa mencoba pergi ke dokter mata untuk melakukan konsultasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan anda terkena penyakit yang berbahaya. Dokter akan memberitahu Anda solusi jika terjadi masalah pada kesehatan anda dan mengarahkan Anda ke dokter spesialis lain, apabila perubahan warna mata anda menjadi gejala dari kondisi kesehatan yang lainnya.

Bagaimanakah warna mata Anda? Setelah mengetahui hal di atas, sekarang Anda bisa mengetahui beberapa kondisi kesehatan dari warna mata yang anda miliki. Ini akan membantu anda untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, untuk menjaga kesehatan organ penting yang ada di dalam tubuh anda.

Categories: healthy