javascript hit counter

TNT, Obat Yang Menyembuhkan Luka Hanya Dengan Sekali Sentuh

Hallo Guys, kali ini kita akan membahas alat teknologi yang super-super canggih, katanya sih bisa memperbaiki jaringan yang rusak. Bahkan bisa menyembuhkan penyakit, wow fantastik sekali alat ini ya bisa menggantikan fungsi jaringan yang mengalami penuaan. Alat ini juga ditemukan oleh beberapa para ilmuwan dari Ohio State University dan alat ini dinamakan Tissue Nanotransfection (TNT). Yuk, mari kita simak selengkapnya mengenai alat tersebut.

TNT bukan berarti bahan peledak yang pada 2016 telah ditemukan seorang ilmuwan ya, tetapi ini Tissue Nanotransfection (TNT). Alat ini mampu menyembuhkan penyakit dalam kurun waktu dua minggu saja. Berikut dibawah ini juga ada beberapa pengakuan dari para ilmuwan yang telah menguji alat tersebut. Berikut dibawah ini ulasannya :

Mengenal TNT

Penelitian ini dipimpin oleh Chandan Sen, Direktur Center For Regenerative Medicine & Cell Based Therapies dan James Lee adalah seorang profesor kimi dan biomolokuler. Mereka dengan jelas mengatakan bahwa alat yang dinamai Tissue Nanotransfection (TNT) mampu menyembuhkan luka hanya dengan sekali sentuhan saja. Alat ini juga mampu bekerja untuk smua type sel sehingga bisa diterapkan atau disalurkan ke selruh tubuh pasien.

Teknologi ini juga sudah pernah diuji, kemampuannya juga bisa bekerja memperbaiki jaringan yang rusak akibat luka serta menggantikan fungsi jaringan yang akan mengalami penuaan. Ini meliputi organ, aliran darah dan sel-sel saraf. Alat ini juga bekerja secara sederhana dan hanya memerlukan muatan listrik yang sangat kecil untuk menjalankan perangkat pada alat tersebut. Sedikitnya sengatan yang akan dihasilkan oleh alat ini sangat lah kecil dan nyaris tidak terasa untuk tubuh pasien.

Salah satu dari ilmuwan tersebut juga mengatakan,”Dengan menggunakan teknologi nanichip baru kami, organ yang terluka atau yang terganggu bisa saja diganti. Kami telah menunjukkan bahwa kulit adalah area strategis dimana kita bisa menumbuhkan unsur-unsur dari setiap organ yang sedang menurun” begitulah yang dikatakan Chandan Shen.

Walaupun alat ini belum pernah diuji pada manusia atau pasien secara langsung, namun alat ini sudah pernah dites pada hewan, yaitu tikus dan babi. Alat ini juga terbukti saat mereka sedang mengujinya pada seekor tikus yang mengalami luka kaki, hasilnya dalam waktu satu pekan saja chip sudah bisa menyebabkan aliran darahnya akan aktif kembali seperti sediakala dalam hitungan waktu dua pekan. Hasil tes Laboratorium menunjukkan bahwa perangkat ini juga mampu menyembuhkan stroke.

“Ini sangat sulit dibayangkan, karena alat ini berhasil bekerja dengan kemampuannya sekitar 98 persen sejauh ini. Dengan teknologi ini, kita juga bisa mengubah sel kulit elemen organ manapun dengan hanya satu sentuhan saja. Dalam proses ini hanya memerlukan waktu kurang lebih dar satu detik dan tidak Invasif” Lanjut Chandan Sen.

Seperti yang telah dikutip dari Wexner Medical, TNT memilki dua komponen utama. Komponen pertama adalah Chip Nanoteknologi, ini berfungsi menyampaikan sebuah muatan kepada sel tua. Sementara itu komponen yang kedua adalah desain dari muatan biologis untuk konversi sel. Muatan tersebut akan diantarkan dengan menggunakan Chip dan akan menginversi sel tua dari satu type ke type lainnya.

Muatan ini tentunya akan berisi kode Genetik tertentu dalam bentuk DNA atau RNA, yang jika diterapkan atau disalurkan pada sel mampu mengubah sel dari struktur dan fungsinya seperti semula menjadi struktur dan fungsi lain yang diperlukan untuk memperbaiki cedera atau rusak.

Jenis Luka Yang Lama Sembuh

Sebagian jenis luka lama sembuh biasanya dikaitkan dengan kondisi penyakit tertentu. Beberapa jenis luka yang bersifat kronis antara lain:

  • Ulkus kaki diabetik

Salah satu jenis luka yang durasi kesembuhannya lebih lama adalah ulkus (luka) kaki diabetik. Beberapa faktor seperti perubahan struktur tulang kaki, penyakit aterosklerosis pembuluh perifer, dan neuropati perifer yang sering dialami penderita diabetes inilah yang dapat menyebabkan luka kaki diabetik.

  • Ulkus karena tekanan

Jenis luka lama sembuh lain yang sering menjadi keluhan adalah ulkus karena tekanan. Hal ini terjadi akibat adanya kekurangan suplai darah yang disebabkan oleh tekanan berkepanjangan pada tonjolan tulang. Luka ini umum terjadi pada pasien yang mengalami kelumpuhan atau pasien yang pingsan. Kedua kondisi tersebut menjadikan seseorang tidak mampu merasakan atau tidak bisa melakukan perubahan posisi tubuh dalam waktu lama.

  • Ulkus di pembuluh darah

Luka lama sembuh yang diakibatkan oleh berkurangnya pasokan oksigen biasa disebut dengan ulkus statis vena. Luka ini biasanya terjadi di daerah pembuluh darah pada tungkai bawah yang mengalami penyempitan. Berkurangnya pasokan oksigen ini biasanya disebabkan oleh terjadinya penebalan sejenis protein di dalam pembuluh darah.

dengan berbagai penyakit diatas, tentunya bisa disembuhkan oleh alat teknologi yang telah kita bahas tadi sebelumnya. Dengan alat tersebut mungkin lebih memudahkan para pasien untuk melakukan penyembuhan dan tidak harus melakukan Chek-up setiap waktu yang ditentukan oleh para dokter. Tentu saja ini juga sudah dinantikan oleh para seluruh Umat Manusia yang berada disegala penjuru belahan dunia. Mungkin butuh waktu yang lumayan lama untuk memperkenalkan alat teknologi tersebut.

Categories: healthy