javascript hit counter

Tidur Miring ke Kanan Memilik 15 Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Bukan cuma istirahat yang cukup saja ada manfaatnya tetapi tidur miring kanan atau miring ke kiri sangat banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, hanya saja tidur miring ke kananlah sajalah yang dianjurkan oleh dokter dan para medis.

Inilah 15 manfaat tidur miring ke kanan bagi tubuh manusia :

1. Membiarkan kaki kiri beristirahat

Pada umumnya kita lebih dominan memakai kaki kanan untuk beraktivitas, sementara kinerja kaki kiri adalah menyeimbangi kaki kanan kita yang lebih banyak bergerak dan menjadi tumpuhan kita.

2. Membantu sistem pernapasan lebih lancar 

Tanpa kita menyadarinya, di waktu kita tidur lidah kita akan terdorong kebelakang hampir ke tenggorokan kita dan disitulah sistem pernapasan kita akan menjadi lambat, itu juga salah satu penyebab manusia mengorok (mendengkur), dengan tidur miring itu akan terhindari.

3. Meringankan kerja jantung

Posisi tidur miring kanan juga melancarkan jalannya peredaran darah agar lebih lancar dan merata serta mengurangi masuknya peredaran darah ke jantung. Bisa juga menghindari agar jantung tidak tertimpa orang lain karena jantung mengarah ke bawah.

4. Menyehatkan paru-paru

Pentingnya untuk paru-paru adalah menghindari terjepitnya paru-paru sebelah kiri karena paru-paru sebelah kiri lebih besar dibandingkan paru-paru sebelah kanan, jika kita tidur miring ke kanan maka paru-paru sebelah kiri tidak akan terjepit jantung karena jantung ikut posisinya ke kanan.

5. Mengistirahatkan otak kiri

Otak dibagi menjadi 2 bagian, otak kanan dan otak kiri. Jika kita tidur miring ke kanan, maka otak sebelah kiri yang sarafnya ada di bagian sebelah kanan akan beristirahat serta menghindari penyempitan peredaran darah.

6. Mengurangi rasa tegang di punggung

Tidur miring ke kanan juga memberikan kenyamanan buat kita dikarenakan mengurangi rasa ketengangan di bagian punggung, kaki juga bisa diselonjorkan atau dilipat juga tidak jadi masalah.

7. Menjaga kesehatan lambung

Jika kita tidur miring ke kiri maka pengosongan pada lambung akan terhambat dan penyebab erosi pada dinding asam lambung akan timbul.

8. Melancarkan buang air besar

Saat kita tidur miring ke kanan, maka akan menolong penderita sembelit. Usus besar letaknya sebelum anus, gerak usus besar otomatis akan terangsang karena reaksi otot anus akan lebih lancar buang air besar.

9. Memberikan efek rileks

Dengan tidur miring ke kanan juga memberikan rileks pada tubuh kita dikarenakan lutut mengepit bantal yang berada di tengah, akan tetapi diiringi juga dengan posisi kepala dengan bantal yang nyaman.

10.  Menambah waktu proses terserapnya nutrisi

Tanpa kita sadari, saat kita tertidur maka usus bergerak meningkat, jadi jika kita tidur dengan miring kanan maka penyerapan nutrisi dan zat gizi dari makanan akan bisa diserap secara maksimal saat kita tidur.

11. Mengeluarkan getah pankreas

Saat aliran chime bisa lancar, peningkatan keluarnya cairan empedu akan meningkat dan kabar baiknya adalah bahwa pembentukan batu kantung empedu dapat dicegah dengan tidur miring ke kanan. Getah pankreas akan terjadi peningkatan jika kita tidur miring kanan.

12. Membuat tidur lebih nyenyak

Dengan miring ke kanan ( mendengkur) dan kaki ditekuk, tubuh akan membungkuk, itu akan memberi kenyamanan dan tidurpun akan nyenyak.

13. Mengurangi sakit di punggung dan di leher

Cobalah untuk tidur miring ke kanan dengan posisi lengan lurus ke bawah. Tulang akan lebih terdukung dengan adanya lekukan alami ini sehingga rasa sakit pada leher dan pungung pun akan berkurang.

14. Meningkatkan kebugaran

Manfaat tidur sebelah kanan juga penting untuk kebugaran tubuh. Berbagai organ vital dalam tubuh kita dapat mengambil waktu istirahat saat kita tidur dengan posisi tubuh ke kanan. Ini otomatis akan membuat tubuh kita lebih segar dan bugar saat bangun dikeesokan harinya. Ketika organ-organ tubuh dalam keadaan yang sehat, maka secara tidak langsung tampak dari luar kita akan terlihat bugar dan bersemangat.

15. Mengurangi rasa mules di perut

Terkadang beberapa dari kita mungkin merasa perut suka terasa mulas dan dengan posisi tidur miring akan mengurangi rasa sakit tersebut. Tidur miring memberikan rasa nyaman, apalagi saat kaki ditekuk walaupun kaki lurus sejajar juga tidak masalah.

Itulah 15 manfaat tidur miring ke kanan, setelah membaca artikel ini, cobalah untuk mengubah posisi tidur anda dengan miring ke kanan.

Categories: healthy