javascript hit counter

Tanda-Tanda “Mata” Yang Bermasalah

Mata adalah organ visual yang sangat penting bagi manusia, karena mata digunakan sebagai indera penglihat, yang membantu manusia untuk melihat. Tanpa mata, akan sulit bagi manusia untuk melaksanakan aktivitas maupun kegiatan lainnya.

Walaupun mata bukan termasuk organ vital dan tanpanya pun anda masih bisa hidup, Namun, mata memiliki kepentingan mendasar bagi mereka yang dituntut menggunakannya, atau sangat penting bagi mereka yang pekerjaannya banyak menuntut kerja mata. Lain halnya dengan mereka yang sejak lahir sudah mengalami buta permanen, mereka telah membiasakan diri dengan keadaan tersebut. Hal ini berbeda dengan mereka yang memiliki mata yang sehat, atau setidaknya mereka masih bisa melihat. Pada umumnya, orang-orang akan berusaha mempertahankan kondisi mata mereka agar selalu dalam keadaan yang baik dan sehat.

Akan tetapi, hal tersebut tidak lah mudah untuk dilakukan. Seperti yang terlihat saat ini, banyak sekali masalah yang muncul yang berhubungan dengan masalah kesehatan mata. Banyak yang mengabaikan masalah ini, dan sangat sedikit orang yang peduli terhadap kesehatan mata mereka. Salah satu yang menjadi penyebab masalah kesehatan mata tersebut adalah, kebiasaan terlalu lama bermain di depan layar komputer. Tanpa kita sadari, sebenarnya layar komputer sangat berpotensi mengakibatkan kerusakan pada mata, karena semakin lama mata anda terkena cahaya layar komputer, maka otot-otot mata akan menegang, dan mata akan memaksakan diri untuk bekerja, sehingga hal ini bisa saja mempengaruhi saraf mata.

Hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja, karena akan muncul beberapa tanda-tanda sebagai indikasi bahwa ada sesuatu yang salah pada mata anda.

1. Mata berawan

Beberapa orang cenderung seperti melihat ada awan di atas mata mereka pada saat sedang melihat. Hal ini membuat mereka menjadi lebih sulit untuk melihat dengan jelas, serta membuat mereka mustahil untuk melakukan sebuah pengamatan dengan menggunakan mata tersebut. Menurut dokter ahli mata, gejala umum yang mungkin terjadi pada mata yang berawan ini akan mengganggu penglihatan. Mereka dengan mata seperti ini akan selalu merasa seperti ada kotoran yang menempel di dalam mata mereka. Tidak hanya sampai di situ saja, Tanda ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan anda menderita katarak. Pada umumnya penyakit ini diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia. Tapi tetap saja tidak menutup kemungkinan bagi penyakit ini, untuk menyerang mereka yang masih berusia muda.

2. Mata Kuning

Warna kuning pada mata tidak seharusnya terdapat di daerah iris, yaitu daerah mata yang berfungsi untuk memberikan warna pada mata. Pada umumya, warna coklat lah yang terdapat di daerah ini. Meskipun ada kemungkinan terjadi, tapi kemungkinannya sangat kecil. Orang-orang awam biasanya mengaitkan mata kuning ini sebagai indikasi atau tanda telah terjadinya masalah kesehatan. Warna kuning pada mata biasanya muncul di daerah sclera, yang sebelumnya berwarna putih.

Sebagai warna yang di indikasikan berhubungan dengan penyakit hati, diketahui bahwa mata kuning ini merupakan akibat suatu reaksi dari produksi bilirubin yang di hasilkan di dalam hati.

3. Melihat Bintang-Bintang

Ketika Anda membuat gerakan cepat, misalnya, berdiri dari tempat tidur dengan cepat, kemudian tiba-tiba terjadi perubahan yang membuat Anda pusing, dan melihat bintang-bintang di mata Anda, berarti mata anda sedang bermasalah. Meskipun hal ini merupakan salah satu cara untuk melihat sinar-sinar yang mengganggu tersebut, namun, bintang-bintang tersebut memberikan tanda adanya masalah pada alat visual anda, seperti: terkena miopi maupun glukoma. Gejala awal penyakit ini adalah dengan melihat bintang-bintang dalam cara yang tak terduga. Ini menandakan bahwa ada masalah pada retina mata anda.

4. Kelopak Mata Jatuh

Keriput dan hilangnya nutrisi pada kulit, terutama di wajah, sangat umum terjadi pada orang yang sudah tua. Hal ini biasanya terjadi perlahan-lahan, yang disebabkan oleh beberapa faktor.¬†Hilangnya nutrisi pada kulit Anda, menyebabkan jatuhnya kelopak mata. Penyakit ini di sebut “ptosis”. Penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang yang lanjut usia, tetapi bisa terjadi kepada siapa saja. Faktor lain yang berpengaruh menimbulkan masalah ini adalah penyimpangan yang terjadi di dalam sistem kekebalan tubuh atau tumor di otak.

5. Penglihatan Tidak Teratur

Kemungkinan terjadinya penglihatan yang tidak teratur adalah karena faktor kelelahan, Penggunaan mata yang berlebihan, sehingga otot-otot mata menegang, serta disebabkan oleh paparan perangkat dengan kecerahan yang berlebihan, seperti layar ponsel dan komputer. Adakalanya dimana pada saat-saat tertentu, mata yang tadinya bisa bekerja normal, tiba-tiba berubah berawan, ini menunjukkan bahwa mata anda kehilangan kemampuan periferalnya, dan menunjukkan bahwa terjadi peradangan pada mata anda.

 

Categories: healthy