javascript hit counter

Sepuluh Keajaiban Teh Hijau

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Minum Teh Hijau Setiap Hari?

Teh hijau sangat bermanfaat bagi tubuh selama kita masih mengkonsumsinya secara wajar atau tidak berlebihan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan Teh Hijau, Anda dapat mengkonsumsinya 2(dua) gelas sehari.
Teh hijau bukan hanya sekedar dikonsumsi sebagai minuman alami, tetapi juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan tradisional Cina selama ratusan tahun.

Pemanfaatan terhadap Teh Hijau ini secara perlahan menyebar ke seluruh wilayah benua Asia selama berabad-abad. Dan sekarang, Dunia dapat merasakan manfaat dari Teh Hijau tersebut karena Teh Hijau sudah mulai tumbuh di banyak tempat lainnya di dunia.

Berbeda dari jenis teh lainnya,teh hijau ini tidak melalui proses fermentasi. Teh hijau membuat antioksidan dan polifenol tanpa harus melalui proses tersebut. Inilah salah satu yang menjadikan Teh Hijau lebih unggul dibanding teh lainnya.
Zat-zat yang terkandung didalam teh hijau tersebut sangat baik untuk membantu kesehatan Anda. Teh hijau juga mampu mengontrol berat badan anda sehingga baik dikonsumsi untuk diet bahkan Teh ini juga banyak digunakan untuk pencegahan kanker.

Ada banyak alasan lain yang akan merangsang keinginan anda untuk meminum teh hijau pada saat-saat sekarang ini karena ada banyak manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh Teh Hijau ini kepada anda. Berikut beberapa sejumlah manfaat dari Teh Hijau bagi kesehatan anda.

1. Membantu menurunkan berat badan (baik digunakan untuk program Diet)
Konsentrasi yang tinggi dari kandungan polifenol di dalam teh hijau membuat teh ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi berat badan.

2. Teh Hijau mengandung zat antioksidan. Zat ini mampu mengurangi pengeluaran energi yang berlebihan, dan membantu tubuh untuk menghindari penimbunan lemak.

3. Mencegah diabetes
Antioksidan dalam minuman alami ini juga memiliki kemampuan dalam mengendalikan kadar glukosa darah dan membantu untuk mencegah penyakit Diabetes.

4. Meminum Teh Hijau setelah makan setiap hari akan mencegah peningkatan gula darah dan menyimpan gula sebagai lemak.

5. Melindungi kesehatan jantung
Segelas kecil teh hijau sehari dapat mencegah berbagai macam penyakit kardiovaskular, seperti penumpukan kolesterol dan gangguan peredaran darah. Antioksidan di dalam Teh Hijau akan membantu mempercepat proses pembentukan  darah sehingga saat terjadi luka tidak akan mengakibatkan pendarahan, membersihkan arteri, dan mengendalikan kelebihan Lipid di dalam darah. Tidak hanya itu saja, Banyak ahli mengatakan bahwa zat-zat aktif yang terkandung didalam teh hijau mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung, stroke dan trombosis.

6. Mencegah masalah visual
Selain mengandung polifenol, teh hijau juga mengandung zat-zat seperti vitamin C dan E, lutein dan zeaxanthin yang diserap oleh jaringan yang berbeda didalam mata. Jaringan ini meliputi retina, yang membantu mencegah perkembangan glaukoma dan penyakit visual lainnya. Zat ini bersama dengan antioksidan juga membantu mengurangi stres yang merupakan penyebab utama dari visi degenerasi.

7. Mencegah kutil
Minum teh hijau setiap hari berguna untuk melawan penyebaran human papilloma virus (HPV), yang berpotensi menimbulkan kutil. Gallete epigallocatechin merupakan salah satu komponen utama teh hijau, itu akan menghambat siklus selular yang membuat HPV dapat menyebar.

8. Mencegah Alzheimer dan Parkinson’s disease
Berkat kemampuannya untuk memperlambat kerusakan yang dilakukan oleh radikal bebas, minuman alami ini memberikan hasil positif dalam pencegahan kerusakan serebral dan pengembangan penyakit seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Antioksidan yang terdapat pada Teh Hijau akan menciptakan sebuah pelindung untuk melawan pengaruh negatif dari degenerasi seluler dan merangsang aktivitas saraf.

9. Mencegah batu ginjal
Mengkonsumsi sedikit teh hijau setiap hari adalah cara yang baik untuk menghindari pengapuran ginjal atau batu ginjal. Ekstrak Teh Hijau akan mengurangi produksi kalsium oksalat. Kalsim oksalat adalah endapan didalam ginjal yang menyebabkan pembentukan batu ginjal.

10. Menghindari Terbentuknya Rongga didalam Mulut
Catechin merupakan salah satu jenis antioksidan kimia yang ditemukan dalam teh hijau. Catechin berfungsi untuk menghancurkan virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan, rongga mulut, maupun penderitaan mulut lainnya.

Pada saat kapan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi Teh Hijau?

Di atas telah disampaikan beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh teh hijau. Akan tetapi, walaupun banyak manfaat yang terkandug didalam teh hijau, bukan berarti kita dapat mengkonsumsinya secara bebas atau asal. Ada beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan mengenai kapan anda seharusnya tidak mengkonsumsi Teh Hijau.
Anda tidak boleh mengkonsumsi Teh Hijau lebih dari 2(dua) gelas, karena mengkonsumsi Teh Hijau secara berlebihan dapat menyebabkan efek negatif seperti:

– Sakit kepala
– Menimbulkan rasa gugup
– Diare
– Kesulitan tidur
– Iritabilitas
– Meningkatnya laju jantung
– Pusing

Anda juga tidak boleh mengkonsumsi Teh Hijau ketika sedang mengkonsumsi obat atau minuman beralkohol. Hal ini disebabkan karena jika kafein yang terkandung didalamnya dikombinasikan dengan bahan lain, dapat menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan.
Teh hijau juga tidak dianjurkan bagi wanita hamil atau wanita yang sedang menyusui karena dapat menyebabkan efek samping untuk bayi.

Pasien dengan tekanan darah tinggi, anemia, dan masalah pencernaan juga harus menghindari mengkonsumsi teh hijau walau hanya meminum sedikit, tetap harus dalam pengawasan medis.
mengkonsumsi Teh Hijau secara bertanggung jawab akan menentukan apakah Teh Hijau tersebut bermanfaat bagi kesehatan anda atau tidak. Mengkonsumsi Teh Hijau secara berlebihan untuk maksud mempercepat proses penurunan badan atau diet, dapat merusak Tubuh anda sendiri.

Pastikan Anda lebih bijak dalam mengkonsumsi Teh Hijau. Hindari konsumsi yang berlebihan. Cukup 2(dua) gelas teh hijau setiap hari. Setelah itu anda bisa menikmati keajaiban dari Teh Hijau bagi kesehatan anda.

Categories: healthy