javascript hit counter

Sembilan Keajaiban Brokoli Bagi Kesehatan

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang dimilikinya serta rasanya yang lezat, menjadikan sayuran ini begitu dikenal di mayarakat. Kandungan zat besi dan kalium di dalam brokoli, bisa membantu mengobati penyakit anemia dan nyeri sendi.

Banyak orang mungkin sangat menyukai sayuran ini, dan tak sedikit juga yang membenci atau tidak menyukainya. Brokoli merupakan sayuran hijau yang berbentuk seperti “pohon” dan berasal dari keluarga crucifer (yang juga termasuk kubis). Brokoli tumbuh bebas dalam jumlah yang besar dan warnanya yang hijau gelap sangat menarik perhatian. Akan tetapi, sayangnya, tangkai besar brokoli ini tidak dapat dimakan.

Berikut akan kami jelaskan mengenai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam brokoli, yang bermanfaat bagi kesehatan anda.

Apa-Apa Saja Yang Bisa Diberikan Brokoli Kepada Kita?

Brokoli adalah spesies tanaman yang tumbuh di daerah beriklim dingin dan tumbuh subur pada musim panas. Sebagian besar orang lebih senang menikmati brokoli dengan cara mengukusnya terlebih dahulu, dan sebagiannya lagi lebih senang menikmatinya dalam keadaan mentah. Rasa dari brokoli sangat mirip dengan sayur kembang kol. Produsen utama penghasil brokoli adalah Cina, India, Amerika Serikat, Spanyol, dan Italia.

Brokoli tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tapi juga mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya berjumlah sangat banyak, seperti: vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Brokoli juga mengandung serat, selenium, dan lutein. Brokoli juga kaya asam folat, zat besi, dan vitamin A. Semua nutrisi tersebut sangat diperlukan tubuh untuk melakukan tugas pengolahan makanan di dalam tubuh.

Brokoli Sebagai Makanan dan Obat-obatan

Banyak orang memanfaatkan buah dan sayur sebagai pelengkap saat makan di rumah. Tak jarang pula orang memakai beberapa jenis sayuran sebagai penghias masakan, seperti seledri misalnya. Untuk sayur brokoli, banyak yang bisa dilakukan. Sayur ini bisa dipakai sebagai hiasan makanan, juga bisa dinikmati sebagai menu utama saat makan. Tidak hanya itu saja, brokoli mengandung Fitokimia, yaitu zat yang terdapat pada tumbuhan yang mampu mencegah timbulnya penyakit. Fitokimia ini dapat mencegah tubuh terinfeksi beberapa penyakit berikut:

1. Mencegah kanker
Glukosinolat merupakan salah satu zat yang terkandung didalam brokoli, yang bertanggung jawab untuk menjaga tubuh dari sel-sel kanker. Ada juga zat yang disebut Sinigrin, yang merupakan salah satu nutrisi dalam brokoli yang mampu membunuh sel kanker. Sinigrin ini akan “merangsang” kematian  sel-sel tumor secara alami, serta mencegah terjadinya prakanker di dalam perut dan usus.

Glukosinolat juga mencegah kanker pada:

-Tenggorokan
-Paru-paru atau mulut perokok
-Payudara pada wanita
-Prostat pada pria dan juga mencegah kanker hati

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Asam folat yang ditemukan di brokoli sangat penting bagi tubuh, karena memungkinkan tubuh untuk tidak hanya menyerap zat besi, tetapi juga mencegah malformasi janin (lahir cacat), mencegah penyakit jantung, serta membantu menghindari infark jantung, aritmia dan aterosklerosis. Mengkonsumsi brokoli juga dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit hipertensi.

3. Mengurangi anemia
Brokoli adalah salah satu makanan yang memberi zat besi paling banyak. Oleh karena itu, sangat cocok untuk pasien anemia. Mengkonsumsi brokoli juga sangat disarankan untuk orang-orang yang keadaannya rentan terhadap penyakit anemia ini, seperti:

– Wanita hamil
– Wanita dengan berlimpah periode menstruasi
– Orang yang memiliki penyakit hidung berdarah (mimisan)
– Ibu yang sedang menyusui

4. Membantu Sistem Pencernaan
Vitamin B kompleks yang terkandung di dalam brokoli, berfungsi untuk menghasilkan enzim. Salah satu enzim yang dihasilkan adalah enzim pepsin yang sangat dibutuhkan lambung dalam pencernaan makanan. Jika anda sering mengalami masalah dengan sistem pencernaan anda, anda bisa mengkonsumsi sayur kaya gizi ini, setidaknya sekali seminggu. Serat yang dimiliki oleh sayuran hijau ini, akan membantu gerakan usus, menghilangkan racun dalam usus dengan cara membuang limbah makanan sisa didalam usus, serta memberikan perasaan kenyang. Dengan begitu, sayur ini sangat cocok dijadikan makanan bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

5. Mengurangi Depresi dan Rasa Khawatir
Dengan memakan brokoli, kita tidak hanya akan merasa kenyang, tetapi suasana hati juga akan menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena brokoli sangat membantu dalam memproduksi dopamin (berfungsi mengatur emosi). Hal inilah yang mampu mengurangi kecemasan, stres dan depresi.

6. Menghindari Terjadinya Retensi Cairan
Karena mengandung zat kalium, brokoli sangat baik dikonsumsi oleh para penderita edemas, hipertensi, dan obesitas. Zat kalium ini akan membantu menghindarkan para penderita dari kemungkinan terjadinya retensi cairan didalam tubuh.

7. Mengurangi nyeri sendi
Brokoli dapat menghilangkan masalah serius yang terjadi pada persendian, karena kalium dan gultathione yang dikandungnya. Ini adalah makanan yang sempurna untuk penderita arthritis dan arthrosis.

8. Mendukung penampilan fisik
Sifat-sifat antioksidan dari keluaga crucifer ini, memungkinkan kita untuk mendetoksifikasi tubuh kita menjadi tampak lebih cantik dan muda. Brokoli juga dapat mencegah rambut rontok, man mengurangi masalah-masalah kulit, seperti: jerawat, kulit kering, bintik-bintik, dan kerutan.

9. Mengatur Produksi Kelenjar Tiroid
Brokoli Ini memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi kelenjar tiroid di dalam tubuh. Brokoli ini sangat dianjurkan bagi para penderita hipertiroid, Tetapi bagi para penderita hipotiroid, ada baiknya untuk menghindari pengkonsumsian brokoli, karena bisa membahayakan hidup si penderita.

Untuk menikmati brokoli ini dengan cara yang tepat, anda bisa mengukusnya selama kurang lebih 3-5 menit, sehingga nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak akan terbuang percuma.

Categories: healthy