javascript hit counter

Pola Hidup Sehat Secara Jasmani Beserta Dampaknya

Pola hidup sehat secara jasmani sangat penting untuk kita perhatikan, yang perlu diperhatikan adalah bagian tubu mana yang sering kali mendatangkan penyakit.

Perut adalah salah satu sumber dari berbagai macam penyakit, yang awalnya dari mulut dan mulut berhubungan pada pola makan dan kebiasaan memakan makanan. Pola hidup untuk mencipkan kesehatan jasmani adalah mengatur pola makan kita, kontrollah makanan kita, jangan sembarangan makan dan berlebihan, jika kita makan dalam jumlah yang berlebihan maka akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh kita. Bentuk dari proses tumbuh dan berkembang, kita membutuhkan pola hidup sehat yang meningkatkan kualitas agar dapat hidup dengan sehat. Kehidupan yang baik akan kita dapatkan kalau mampu memenuhi kebutuhan tubuh kita, makanan yang sehat dan tidak tergabung dengan bahan kimia yang bisa merusak organ tubuh kita.

Pola hidup sehat bukan hanya sekedar fokus pada makanan sehat saja, seiring dengan kebiasaan sehat menjalani kehidupan dan tidak kalah penting yaitu memiliki pola pikir yang positif. Manusia memandang kehidupan dengan optimis, itu bisa mempengaruhi kondisi kejiwaan.

Hidup terarah lebih enak dan selalu bahagia juga tentunya akan dirasakan jika kita sehat secara lahir batin. Kesehatan batin juga menjadikan kita selalu berpikir optimis dalam menatap masa depan kita. Itu semua bisa terwujudkan jika kita berpedoman dan menerapakan pola hidup sehat secara jasmani.

Berikut adalah manfaat yang kita peroleh jika melakukan pola hidup sehat secara jasmani di dalam kehidupan kita, diantaranya yaitu :

  • Dapat tidur dengan nyenyak
  • Dapat bekerja dengan maksimal
  • Dapat belajar baik
  • Dapat berpikir dengan sehat serta positif
  • Merasakan kedamaian, kenyamanan dan ketentraman
  • Mendapatkan interaksi sosial dan kehidupan yang baik
  • Menimbulkan rasa percaya diri
  • Menghemat biaya dalam mendapatkan kesehatan
  • Terhindar dari berbagai penyakit

Dampak positif pola hidup sehat bagi tubuh kita adalah sebagai berikut :

  1. Bertambahnya nafsu makan karena sistem pencernaan lebih baik
  2. Tubuh kita menjadi kokoh dan kuat karena otot-otot kuat dan besar
  3. Menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit
  4. Mempunyai keinginan yang keras dan disiplin
  5. Raut wajah terlihat riang
  6. Peredaran darah menjadi lebih cepat dan lancar
  7. Sirkulasi zat-zat yang berada di dalam tubuh menjadi cepat

Fakta dan ilmu pengetahuan menunjukkan kalau orang pada zaman dahulu bisa memiliki tubuh sehat, mereka jarang terkena penyakit dan berusia panjang dibandingkan manusia pada zaman sekarang. Di zaman sekarang banyak orang meninggal di usia muda karena sakit komplikasi.

Menurut data WHO, 7 % kematian disebabkan karena banyaknya penyakit : jantung, diabetes, stroke dan kanker. Sebagian manusia dari jumlah tersebut memiliki pola makan yang buruk atau pola makan yang modern salah satu menyebabkan penyakit Degenaratif. Penyakit ini adalah yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghacuran terhadap jaringan organ tubuh. Proses dari kerusakan ini dapat disebabkan oleh penggunaan seiring dengan usia maupun karena gaya hidup yang tidak sehat.

Pola makan modern tidak sesuai dengan pengertian pola hidup sehat, terlalu banyak karbohidrat dan lemak serta kekurangan mengkonsumsi serat. Contohnya kalau kita sering memakan makanan cepat saji yang mengandung pengawet, kalori kosong, penyedap rasa dan lemak. Selain itu, kebiasaan ngemil dan merokok juga bisa mempengaruhi dampak buruj bagi kesehatan kita. Karena di dalam rokok ada zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

Inilah 4 contoh dampak buruk bagi remaja yang pola hidupnya tidak sehat :

  1. Takut ketinggalan informasi dan khawatir akan dikucilkan, itu juga yang membuat remaja menjadi sakit. Infibesitas (kelebihan info) lah yang membuat remaja menjadi stres, keluhan dari remaja yang terkena dampak Infibesitas, maka badan akan terasa sangat letih karena kurang tidur dan kurang konsentrasi
  2. Bisa juga karena candu bermain internet, penyakit ini muncul dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga membuat remaja akan menghabiskan waktunya di depan monitor. Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan remaja, misalnya mengerjain tugas dari sekolah. Sehingga menghilangkan konsentrasi untuk kegiatan lainnya.
  3. Membuat remaja menjadi stres, ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi telepon genggam (HP), fitur dan aplikasinya yang sudah dipasang jaringan internet, keinginan untuk terus tersambung dengan internet membuat remaja jadi stress.
  4. Kurangnya pengawasan dari orang tua akan mebuat remaja kecanduan games yang dapat menimbulkan dampak buruk yaitu stress, remaja juga akan menjadi cepat lelah dan tidak dapat membagi waktu, sehingga istirahat tidurnya akan berkurang, itu juga akan mengganggu kosentrasi remaja.

Penerapan pola hidup sehat secara jasmani terbagi menjadi 9 yaitu sebagai berikut :

1. Olahraga, hal yang termudah untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Jenis olahraga yang dilakukan untuk membantu pembakaran metabolisme adalah lari, erobik dan seluruh jenis olahraga yang dapat mengeluarkan keringat.

2. Melakukan gerakan ringan. Mengurangi berat tubuh tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Jika belum siap untuk melakukan program secara terjadwal, lakukan gerakan-gerakan ringan seperti: bermain dengan teman dan keluarga. Berjalan-jalan. Lakukan kegiatan rumah (menyapu, mencuci sampai memijat istri).

3. Makan yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan makanan. Adapun makanan yang dapat terdaftar dalam menu makanan seperti, makan buah-buahan, mengkonsumsi sayur-mayur, makan makanan yang rendah lemak, minum 8 gelas air setiap hari tetapi jangan berlebihan nanti kembung.

4. Makan sesuai waktunya yang sudah di tentukan.

5. Makanlah makanan yang di rebus.

6. Kurangi memakan makanan siap saji atau fast food.

7. Mengemil secara sehat (buah-buahan).

8. Memakan makanan yang memiliki nutrisi yang cukup dan seimbang (daging, ikan, kacang buah dan lain-lain).

9. Hindari soft drink karena minuman jenis ini sedikit mengandung vitamin, mineral, serat atau protein.

Note : Jagalah kesehatan sebelum jatuh sakit !!! Sedia payung sebelum hujan …

Categories: healthy