javascript hit counter

Menyembuhkan Penyakit “Psoriasis” Dengan Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Meskipun dokter merekomendasikan bahwa, obat-obat topikal sangat efektif untuk menangani penyakit psoriasis, yaitu penyakit auto-imun yang menyerang kulit, yang ditandai dengan sisik berlapis berwarna keperakan, yang disertai dengan penebalan warna kemerahan dan menimbulkan gatal-gatal, namun, ada solusi lain yang lebih alami yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejala kondisi penyakit ini.

Berikut ini adalah 9 bahan-bahan alami yang dapat digunakan, untuk membantu meringankan gejala penyakit psoriasis.

Tapi sebelum mengkonsumsi bahan-bahan ini, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba jenis pengobatan baru apapun, bahkan walaupun pengobatan tersebut menggunakan bahan-bahan alami, tetap saja dapat berinteraksi dengan obat lain atau dapat mengiritasi kulit yang sensitif.

1. Minyak Pohon Teh

Berasal dari tanaman asli Australia, minyak pohon teh ini banyak digunakan sebagai anti-inflamasi (anti peradangan), yang dapat membantu mengobati psoriasis, pada kaki, jamur kuku, dan jerawat, kata Jennifer Burns, NMD, seorang dokter naturopati di BienEtre Center di Phoenix, Arizona. Minyak pohon teh memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga tidak boleh menerapkannya langsung ke kulit. Beberapa ahli seperti, Carolyn Dean, MD, ND, seorang ahli kesehatan alami di Kihei, Hawaii, serta Dr Dean merekomendasikan untuk, mencampurkan minyak pohon teh kedalam minyak zaitun, dan mengoleskannya pada daerah yang terkena penyakit psoriasis, dengan menggunakan bola kapas. Jika psoriasis itu terdapat di kulit kepala, anda cukup menambahkan 10 tetes minyak pohon teh kedalam sampo Anda, dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun yang biasa ada di dapur Anda, dapat melakukan tugas ganda sebagai anti-inflamasi, untuk menenangkan kulit Anda. Berkat kandungan asam lemak dan kandungan vitamin E yang tinggi di dalam minyak zaitun, membuat minyak ini bisa dijadikan sebagai pelembab untuk mencegah dehidrasi pada kulit. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Juli 2014, telah menemukan sebuah kemajuan akan manfaat minyak zaitun dalam perawatan kulit & luka. Minyak zaitun bahkan diketahui bisa membantu menyembuhkan luka bakar dan luka-luka lainnya.

Untuk meringankan gejala psoriasis, Oleskan sedikit minyak zaitun ini pada kulit kepala Anda, siku, atau di mana pun psoriasis tersebut muncul. Minyak ini akan membantu meregenerasikan kulit mati, kata Dr Burns. Untuk menenangkan tubuh secara keseluruhan, tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun hangat ke air mandi Anda, dan anda dapat merasakan manfaatnya.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan kulit kering dan rambut, tetapi dapat membantu meringankan gejala psoriasis. Minyak kelapa bisa membantu untuk menjaga kelembaban kulit, serta menyembuhkan luka bakar. Dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa pada kulit, maka pada waktu yang sama, Anda telah memakai pelembab kulit. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan kulit kepala, serta membantu meringankan psoriasis.

4. Oatmeal

Oatmeal banyak diitemukan didalam berbagai produk kesehatan dan Kecantikan. Oatmeal dapat membantu untuk meringankan gatal dan kemerahan yang terkait dengan kulit kering dan psoriasis.

5. Aloe Vera

Menurut seorang ahli bernama Burns, Aloe vera bermanfaat membantu mengurangi peradangan, dan membantu mempercepat waktu penyembuhan. Tidak hanya itu saja, aloevera juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit, maupun luka goresan berkat sifat antibakteri, antiseptik, dan fungisida yang dimilikinya. Aloe vera juga membantu mempercepat pertumbuhan sel dan bertindak sebagai agen detoksifikasi. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya murni atau mencari krim yang mengandung 0,5 persen aloevera, kemudian mengoleskannya dua sampai tiga kali sehari untuk membantu melembutkan kulit dan mengobati psoriasis.

6. Baking Soda

Baking soda tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak dan sebagai pembersih, melainkan dapat pula digunakan didalam rutinitas Kecantikan seperti, memutihkan gigi, serta membantu pengelupasan kulit kering. Sifat anti-jamurnya membuat baking soda efektif untuk mengobati gatal akibat psoriasis, serta mengobati luka bakar. Anda bisa mencampur 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, yang dapat dioleskan ke daerah yang terkena psoriasis.

7. Garam Laut Mati

Tak jarang kita temukan orang bepergian ke laut mati untuk sekedar berendam disana. Hal ini mereka lakukan semata untuk mendapatkan manfaat dari kandungan garam yang terdapat di laut tersebut, yang dipercaya sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit. Tingkat keasinan yang dihasilkan oleh garam ini, 10 kali lebih asin dan lebih kaya akan mineral dibandingkan dengan garam yang terdapat di dalam lautan lainnya, Untuk mengobati gatal-gatal dan efek kemerahan pada kulit, cukup tambahkan garam laut mati (atau garam Epsom) ini di bak mandi hangat anda, dan berendam lah selama 10-15 menit. Garam akan membantu untuk melunakkan jaringan kulit mati, sehingga kulit mati tersebut cepat berganti dengan kulit baru. Pastikan pula untuk memakai pelembab setelah Anda mandi.

8. Ekstrak Kulit Pohon Pinus

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 bulan Maret lalu, dalam jurnal Panminerva Medica, menggunakan kulit pinus dapat mengobati efek psoriasis, dan mengurangi perkembangan penyakit ini. Kulit pinus juga memiliki sifat antioksidan, yang membuatnya bermanfaat untuk mengobati jerawat, dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Selain itu, Burns, seorang ahli mengatakan bahwa, ekstrak pohon pinus dapat digunakan sebagai suplemen, untuk membantu mengurangi peradangan psoriasis. Akan tetapi, lebih baik untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, sebelum menggunakan kulit pinus ini dalam perawatan kecantikan Anda. Karena, pemakaian ekstrak ini akan menimbulkan efek iritasi dan sebagainya pada kulit yang sensitif.

9. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu sebagai obat anti-gatal jika digunakan dengan benar. Tetapi jika Anda mengoleskannya dan membiarkannya pada kulit Anda terlalu lama, atau tingkat keencerannya tidak benar, keasaman dari cuka akan berdampak mengeringkan kulit Anda, serta menyebabkan iritasi lain. Akan lebih baik jika anda mencampurkan cuka sari apel ini dengan air, kemudian mengoleskan campuran tersebut pada kulit atau kulit kepala, dan jangan membiarkannya lebih dari 10 menit, kemudian bilas.

Categories: healthy