javascript hit counter

Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi sepanjang tahun. Bukan hanya karena pisang banyak ditemukan dimana dan kapan saja, tetapi karena pisang juga memiliki rasa yang lezat dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Pisang mengandung sejumlah vitamin, mineral dan zat antioksidan, yang membuat mereka menjadi salah satu makanan terbaik untuk melengkapi program diet. Tapi masih banyak orang yang belum menyadari bahwa, bagian dari buah pisang yang selalu di buang, yaitu “kulit pisang”, ternyata mengandung banyak manfaat penting dan luar biasa. Pada kenyataannya, kulit pisang mengandung lebih banyak serat daripada daging pisang, dan mengandung asam amino yang sangat penting untuk tubuh.

Tidak hanya bisa mencicipi rasanya yang lezat, tapi anda juga harus mengetahui manfaat yang dapat diberikan oleh buah ini, juga cara-cara alternatif untuk menggunakannya.

Manfaat Kulit Pisang: 

1. Meredakan dan Mencegah Sakit Kepala
Kalium tinggi yang terkonsentrasi pada kulit pisang merupakan obat yang baik dan manjur untuk mengobati sakit kepala. Anda bisa memakan kulit pisang dengan tujuan untuk memberikan rangsangan, atau bisa juga menempatkan kulit tersebut pada dahi dan bagian belakang leher untuk mendapatkan efek relaksasi.

2. Menghilangkan Kutil
Bagian putih dari kulit pisang adalah solusi yang luar biasa untuk menghilangkan kutil, yang muncul pada bagian tubuh tertentu. Efeknya memang tidak dapat dirasakan langsung, tetapi dengan melakukannya setiap hari, maka anda akan melihat hasil yang memuaskan yang diberikan oleh kulit pisang ini.

3. Mengobati Sembelit
Salah satu cara untuk mengobati sembelit dan masalah pencernaan lainnya, adalah dengan meningkatkan konsumsi serat. Karena kulit pisang mengandung lebih banyak serat daripada daging pisang itu sendiri, anda bisa mengolahnya menjadi minuman seperti jus atau mencampurkannya dengan makanan lain, untuk membantu memberikan serat yang cukup, sehingga masalah sembelit dan masalah pencernaan lainnya dapat di obati.

4. Menghilangkan Jerawat
Senyawa yang terkandung pada bagian putih kulit pisang adalah obat yang baik untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Anda hanya perlu menggosokkan permukaan putih kulit pisang ke wajah anda dua kali sehari, dan jerawat akan lebih cepat kering, peradangan kulit akan berkurang, dan bisa mengecilkan pori-pori wajah anda.

5. Memutihkan Gigi
Meskipun tidak bekerja seperti pemutih gigi profesional, menggosok kulit pisang di gigi bisa membantu mengurangi perubahan warna kuning yang sering terjadi pada gigi. Menggunakannya sehari-hari, akan menghilangkan noda yang menempel pada enamel (lapisan luar) gigi, dan setelah beberapa minggu, akan membuat gigi menjadi lebih putih, bersih dan bersinar.

6. Mengobati Gigitan Serangga
Menggosok sepotong kecil kulit pisang pada gigitan serangga, dapat mengurangi peradangan dan gatal-gatal yang ditimbulkan. Menggunakan kulit pisang untuk mengobati gigitan nyamuk, merupakan pengobatan tertua yang digunakan oleh masyarakat pada zaman dahulu.

7. Mengobati dan Menghilangkan Memar
Kemampuan regeneratif yang terdapat pada kulit pisang berguna untuk, mempercepat penutupan luka dan memar. Mengkonsumsi kulit pisang sebagai teh, dapat membantu melancarkan peredaran darah, dan juga memiliki efek menenangkan ketika dioleskan.

8. Pembersih Furniture (Benda-benda yang terbuat dati kayu dan kulit)
Sisi belakang kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan perabotan kayu, peralatan masak dan aksesoris lainnya yang kotor dan berdebu, sehingga menjadi lebih bersih yang bersinar. Hanya dengan menggosok kulit pisang pada permukaan perabotan selama tiga menit, maka perabotan akan terlihat bersih dan bersinar.

9. Meningkatkan Suasana Hati
Kulit pisang memiliki sejumlah asam amino esensial, yang dikenal sebagai triptofan dalam konsentrasi yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan peningkatan pengeluaran serotonin. Serotonin merupakan senyawa kimia yang bertugas sebagai neurotransmitter(pengantar pesan) dari bagian otak yang satu ke bagian lainnya. Senyawa ini juga berperan aktif dalam pengiriman pesan, emosi, hasrat, dan keinginan. Neurotransmiter ini memungkinkan kita untuk berada dalam suasana hati yang baik untuk menjadi antusias, dan mengalami kesejahteraan. Satu cangkir teh yang diolah dari kulit pisang ini, adalah solusi yang baik untuk menghilangkan stres dan depresi.

10. Mengkilapkan Sepatu
Kulit pisang dapat digunakan untuk menyemir Sepatu yang kusam dan berdebu. Dalam kasus ini, kulit pisang memiliki efek yang mirip dengan furnitur. Hanya saja, setelah memakai kulitnya untuk menggosok sepatu, anda perlu membersihkan nya kembali dengan kain.

11. Kesehatan Kardiovaskular
Fosfor dan kalium yang terkandung dalam kulit pisang, adalah solusi yang baik untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi dan menetralkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Mineral ini penting untuk melindungi kesehatan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi dan mencegah kolesterol jahat mengoksidasi di dalam pembuluh darah. Tentu saja, kulit ini tidak menggantikan obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengendalikan penyakit-penyakit tersebut, tetapi mengkonsumsinya secara teratur, menjadi suplemen yang penting untuk tubuh.

Namun perlu diingat!
Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya anda menggunakan kulit pisang segar. Jika kulit pisang sudah di simpan atau didinginkan, maka kulit pisang tersebut akan kehilangan manfaat pentingnya.

Jika Anda ingin menyimpannya untuk satu atau dua hari, lebih baik untuk menempatkan mereka di daerah yang sejuk, jauh dari sumber panas atau sinar matahari. Sebelum mengkonsumsi nya, pastikan Anda mencucinya dengan bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulitnya.

Categories: healthy