javascript hit counter

Manfaat Karaoke Bagi Kesehatan dan Mental

Hidup seorang Manusia itu selalu diiringi dengan musik. Baik itu di Tv, Ponsel bahkan disaat sedang berjalan-jalan juga akan terdengar musik. Tidak hanya itu saja, bahkan sekarang ini sering terlihat oleh kita tempat-tempat karaoke yang semakin bertambah sehingga membuat orang-orang pada berbondong-bondong mengunjunginya. Saat ini Karaoke juga merupakan salah satu Aktivitas yang paling sering dilakukan ketika kita sedang berkumpul bersama teman atau keluarga. Karaoke juga dapat memberikan hiburan gratis untuk kita. Hal ini dinilai dapat mengurangi stres dan membuat kita merasa segar.

Ada pepatah yang mengatakan “Bernyanyi lebih murah dari pada terapi, lebih sehat dari minum dan lebih menyenangkan dibanding olahraga”. Hebat bukan? Ya, ternyata bernyanyi baik untuk kesehatan Anda loh, tidak cuman kesehatan fisik, tapi juga kesehatan jiwa.

Banyak orang yang memiliki kegemaran bernyanyi, mulai dari di jalan, di depan komputer, di tempat karaoke, bahkan di kamar mandi sekalipun. Untuk masalah kesehatan, suara bagus ataupun fals tentu bukan jadi penghalang, justru kebiasaan bernyanyi tersebut harus diteruskan karena manfaatnya sangat luar biasa. Dibawah ini juga ada beberapa video yang sedang bernyanyi mengekspresikan dirinya dengan penuh penghayatan, dari ekspresi seperti itu juga akan menghilangkan rasa stres. Berikut videonya:

Karaoke pun bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan menarik yang memungkinkan Anda partisipasi dalam perkembangan musik untuk kehidupan sehari-hari. Robert Von Nordheim, kolumnis UIS Weekly Campus Newspaper ‘The Journal’ mencoba menceritakan kisahnya tentang manfaat berkaraoke. Selama beberapa minggu semester pertamanya di Inggris, ia merasa sangat gugup dan takut terlibat dengan lingkungan sosial di luar tempat tinggalnya. Sampai suatu hari ia dipaksa untuk memasuki sebuah ruangan mahasiswa dan ternyata disana sedang digelar aktivitas karaoke mingguan. Setelah melakukan karaoke bersama, Nordheim mengaku lebih semangat untuk bergaya dan menari.

Menurut Nordheim, bernyanyi membuat kita merasa lebih baik bahkan bisa meningkatkan kesehatan pernapasan dan stamina, seperti layaknya kebanyakan aktivitas fisik lainnya. Karaoke juga dapat menyebabkan tekanan darah yang lebih rendah dan suasana hati yang lebih baik. Bahkan para dokter telah memulai meresepkan terapi musik untuk pasien dengan kecemasan tinggi atau gangguan pernapasan.

Menyanyi juga memicu pelepasan oksitosin, hormon yang menimbulkan perasaan cinta, senang dan kasih sayang. Meskipun kebanyakan orang tegang dan cemas sebelum bernyanyi, mereka pasti akan merasa santai setelahnya. Hal ini juga akan membuat mereka lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Karaoke juga dapat menghasilkan manfaat mengejutkan lainnya, seperti meningkatkan rasa percaya diri Anda dan mengurangi stres ketika harus berhadapan dengan banyak orang. Karaoke juga dapat membantu Anda melatih dan memperkuat suara Anda, menghafal frase dan mengekspresikan emosi Anda. Hal tersebut pun akan memengaruhi kemampuan berbicara di depan umum yang lebih baik. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa penyanyi amatir sangat menikmati pengalaman menyanyi mereka lebih dari penyayi profesional. Selain itu tingkat percaya diri mereka pun akan melonjak.

Tidak hanya itu saja, ternyata karaoke juga baik untuk kesehatan jantung. Meskipun terkadang sakit karena keadaan kantong. Mari kita simak, Berikut penjelasan kalau karaoke baik untuk kesehatan jantung:

Baik untuk Jantung

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Alcoholism: Clinical & Experimental Research para peneliti menemukan bahwa karaoke pada malam hari disertai dengan minum-minum santai (dalam kadar yang terbatas) bersama teman atau keluarga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi stres.

Sementara itu, ilmuwan pun percaya bahwa konsumsi alkohol dengan jumlah yang sedikit atau alkohol yang rendah dapat mengurangi risiko pasien penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko mengalami stroke. “Minum dengan seorang teman baik tepat membuat Anda merasa bahagia dan sehat” kata Takeshi Tanigawa, profesor dari Ehime University Graduate School of Medicine di Jepang.

Dokter pun percaya bahwa karaoke dengan teman-teman dapat meredakan ketegangan yang disebabkan oleh pekerjaan. Lebih jauh lagi, karaoke dapat memberikan dukungan sosial yang lebih baik terhadap pasien, terutama ketika mereka merasa diterima dengan baik oleh orang banyak.

Tanigawa mengatakan, setelah menyanyi, akan ada sebuah tepuk tangan yang meriah akan berdampak baik untuk tubuh. Ini adalah jenis dukungan sosial yang baik dan membantu dalam menghadapi situasi yang merugikan atau yang membuat stres.

Semoga artikel ini bisa memberitahukan bahwasannya karaoke bisa membuat kesehatan mental seseorang akan lebih baiki lagi.

Categories: healthy