javascript hit counter

Manfaat Dari Cuka Sari Apel

Cuka sari apel atau yang juga dikenal dengan nama apple cider vinegar sangat baik untuk kesehatan dan sudah sejak berabad-abad lalu, bahan ini digunakan sebagai obat beragam jenis penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga serius, cuka apel sangat mampu diandalkan.

Cuka apel tidak membuat perut kita asam, karena bukan makanan pembentuk asam. Cuka apel mengandung zat-zat pembentuk basa, sehingga baik untuk membantu menjaga keseimbangan asam-basa tubuh.

Keseimbangan yang dibutuhkan tubuh kita adalah 80 persen basa dan 20 persen asam. Asam dalam keseimbangan asam-basa tidak ada kaitannya dengan rasa asam pada makanan. Asam pada keseimbangan asam-basa adalah nilai keasaman kimiawi suatu zat/larutan, dinyatakan sebagai pH. Sedangkan rasa asam pada makanan adalah jumlah isi/volume suatu zat dalam makanan yang membawa rasa asam. Ukuran yang digunakan adalah persentase isi atau persentase volume.

Makanan yang rasanya asam tidak selalu memiliki pH asam. Selain cuka apel, buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga, bahkan jeruk nipis dan jeruk lemon termasuk makanan pembentuk basa. Sebaliknya, makanan ber-pH asam tidak selalu rasanya asam. Daging yang dapat meningkatkan keasaman darah, rasanya sama sekali tidak asam. Faktor yang menentukan makanan termasuk pembentuk asam atau basa bukan rasa atau baunya, tetapi jenis kandungan mineralnya, kadar proteinnya, dan kadar airnya.

Keasaman dalam darah yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kondisi yang disebut asidosis. Asidosis menyebabkan gangguan metabolisme, diikuti terjadinya pengentalan atau penggumpalan darah, salah gizi (malnutrisi), dan munculnya penyakit-penyakit degeneratif termasuk obesitas (kegemukan).

Selain untuk menambah cita rasa masakan dan mengempukkan daging, cuka apel sudah lama digunakan orang Barat untuk membuat berbagai ramuan tradisional. Antara lain untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut, mengobati jerawat dan luka akibat sengatan matahari. Kombinasi cuka apel, kelp/kombu (jenis rumput laut berdaun lebar dan panjang), lesitin, dan vitamin B6 sudah digunakan orang selama puluhan tahun untuk menurunkan berat badan. Sayang belum ada data ilmiah mengenai hal ini.

Orang Romawi dahulu gemar meramu cuka apel dengan tanaman herba atau minyak esensial untuk perawatan kulit. Cuka apel berkhasiat bagi kulit karena mengandung unsur-unsur berkhasiat tonik yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah halus pada jaringan kulit; antiseptik untuk mencegah penyebaran bakteri, virus, atau jamur yang dapat memicu infeksi; dan mengandung zat-zat nutrisi lain yang membantu membuang kelebihan lemak pada permukaan kulit dan mencegah kulit kering.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat apple cider vinegar untuk menjaga kesehatan Anda sehari-hari.

Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh akan memicu timbulnya beragam penyakit serius, seperti halnya jantung dan stroke. Maka dengan mengkonsumsi sari cuka apel, kolesterol tinggi dapat segera diturunkan dengan lebih aman dan alami. Sebuah penelitian dari Jepang pernah menunjukkan bahwa setengah ons dari sari cuka apel akan mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh jika dikonsumsi setiap hari.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi bakal meningkatkan risiko diabetes, dan untuk dapat menurunkannya secara mudah, apple cider vinegar jawabannya. Untuk menyeimbangkan kadar gula darah, cukup konsumsi saja beberapa teguk cuka sari apel. Menurut penelitian, penderita diabetes tipe 2 tanpa suntik insulin memerlukan apple cider vinegar sebanyak 2 sendok saja sebelum tidur agar keesokan harinya kadar glukosa menjadi rendah.

Terdapat studi lain yang menyatakan bahwa orang-orang yang tahan terhadap insulin dan mengonsumsi campuran apple cider vinegar dan air sebelum mengonsumsi karbohidrat akan dapat membuat kadar gulanya rendah setelah itu. Peneliti pun berpendapat bahwa kunci dari efek tersebut datang dari efek antiglikemik.

 

Mengatasi Bau Mulut

Masih sekitar masalah mulut, selain dari gunanya yang besar dalam memutihkan gigi, apple cider vinegar bermanfaat mengatasi bau mulut. Mulut yang dipenuhi bakteri tentu akan menghasilkan bau yang tidak sedap ketika Anda berbicara, maka cuka sari apel yang dapat membunuh bakteri ini akan membantu menghilangkan bau mulut Anda. Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu menyikat gigi seperti biasa dan jadikan apple cider vinegar sebagai obat kumur (campurkan 1 sendok teh apple cider vinegar ke segelas air untuk berkumur setiap hari setelah sikat gigi).

 Mengatasi Jerawat

Masalah kulit pun rupanya dapat diatasi oleh apple cider vinegar selain dari khasiatnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Cuka sari apel dapat dimanfaatkan sebagai toner yang natural karena mengandung antibakteri di dalamnya sehingga mampu mengusir jerawat dan menyehatkan kulit wajah. Kulit akan bebas dari sel-sel kulit mati dan kekeringan karena kandungan asam malat dan laktat di dalam apple cider vinegar akan melembutkan dan meregenerasi sel-sel kulit.

Bagi Anda yang wajah dipenuhi bintik-bintik merah selain jerawat, apple cider vinegar juga akan membuat wajah Anda bebas dari masalah tersebut. Kabar baiknya lagi, pH kulit Anda akan terus seimbang bila menggunakan apple cider vinegar sebagai toner dalam penggunaan dan perawatan kulit setiap hari secara rutin.

Menghilangkan Ketombe

Cuka sari apel tidak hanya baik untuk kulit wajah dan organ tubuh bagian dalam Anda, sebab bagi Anda yang kulit kepalanya bermasalah karena ketombe, bahan alami ini siap menjadi solusi terbaik. Keasaman pada apple cider vinegar akan mengubah pH kulit kepala Anda sehingga akan menghindari pertumbuhan dan munculnya lebih banyak ketombe. Caranya cukup mencampurkan ¼ cangkir cuka sari apel ke ¼ cangkir air biasa di botol semprot.

Setelah ramuan jadi di botol semprotan tersebut, perawatan kulit kepala bisa langsung dimulai dengan menyemprotkan cairan ke bagian kulit kepala secara merata. Bungkuslah kepala Anda dengan handuk setelah selesai dan biarkan kurang lebih 15 menit hingga satu jam sebelum akhirnya Anda mencuci rambut seperti biasanya. Demi hasil maksimal, lakukanlah cara ini seminggu 2 kali.

Memutihkan Gigi

Apple cider vinegar pun dapat membantu menghilangkan noda-noda yang terdapat di gigi. Jadi, jika ingin meningkatkan rasa percaya diri dengan membuat gigi putih bersih selain dari menyikat gigi rutin, cuka sari apelakan sangat membantu. Selain gigi dapat diputihkan, segala bakteri yang ada di bagian gusi dan mulut pun akan dibunuh. Sikatlah gigi seperti biasa, lalu gunakan cuka sari apel untuk berkumur.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena terdapat kandungan asam asetat di dalam sari cuka apel, maka tidak salah lagi salah satu manfaat yang bisa didapat dari apple cider vinegar adalah menurunkan berat badan. Bagi yang tengah berada dalam program diet, cobalah untuk mengonsumsi sari cuka apel yang akan mampu membuat nafsu makan Anda berkurang. Tidak hanya nafsu makan berkurang demi mencapai target berat badan ideal, kandungan asam asetat di dalamnya pun akan meningkatkan metabolisme tubuh dan diketahui retensi air pun akan berkurang. Sari cuka apel jugalah yang dapat membantu agar lebih sedikit kalori yang masuk ke aliran darah.

 Mengatasi Kram Kaki

Salah satu tanda bahwa Anda kekurangan mineral kalium adalah munculnya kram yang terlalu sering, terutama di bagian kaki. Mengonsumsi sari cuka apel pun akan membantu Anda mendapatkan asupan kalium yang lebih dari cukup. Jika belum pernah mencobanya, mulailah dengan mencampurkan apple cider vinegar 2 sendok makan dengan madu 1 sendok teh saja ke dalam segelas air hangat. Minumlah agar kram di kaki yang kerap terjadi saat malam bisa berkurang.

 

Categories: healthy