javascript hit counter

Manfaat Bunga Chamomile Untuk Kecantikan

Selama berabad-abad bunga chamomile telah digunakan sebagai obat alami untuk meringankan berbagai masalah kesehatan seperti sakit perut, insomnia, kram, dan beberapa penyakit umum lainnya.

Selain memiliki sifat terapeutik yang kuat, bunga chamomile juga menjadi pilihan populer untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut adalah beberapa kegunaan bunga chamomile untuk perawatan dan kecantikan kulit:

1.Pelembab yang Efektif dan Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Penuaan kulit akan dihadapi oleh setiap orang seiring bertambahnya usia. Namun, bunga chamomile telah terbukti dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Bunga chamomile mengandung levomenol, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembab alami yang terbukti mengurangi efek buruk sinar matahari, menenangkan rasa gatal, memperbaiki tekstur kulit, dan memperpanjang elastisitas kulit.

2. Bunga Chamomile Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki bunga chamomile dapat membantu mengatasi masalah jerawat, eksim, psoriasis, sunburns, ruam, dan iritasi kulit lainnya.

Sejak dulu, masyarakat telah menggunakan chamomile untuk mengobati berbagai masalah kulit yang umum.

Kini bunga chamomile juga terdapat dalam krim dan salep yang digunakan secara topikal untuk menyembuhkan area kulit yang terkena masalah.

Penelitian menyatakan bahwa herbal ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-jamur. Hal ini menunjukkan bahwa minyak esensial dan flavonoid yang dimiliki bunga chamomile cukup kuat untuk mencapai lapisan kulit lebih dalam.

3. Membantu Menghilangkan Bengkak dan Lingkaran Hitam pada Mata

Salah satu tren kecantikan yang populer saat ini adalah menempatkan teh celup dingin pada mata selama beberapa menit karena dianggap dapat membantu menghilangkan lingkaran gelap di sekitar mata.

Saat ini, bunga chamomile juga dapat ditemukan dalam bentuk teh celup sehingga menjadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah kantung mata atau lingkaran hitam pada mata.

Meski kafein yang terkandung di dalam teh hitam dan teh hijau diyakini sebagai zat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah ini, namun sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam teh chamomile dapat memberikan manfaat tambahan.

4. Bunga Chamomile Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Menurut publikasi ilmiah disebutkan bahwa chamomile efektif bila digunakan untuk mengeringkan luka terbuka dan membantu agar luka tersebut lebih cepat sembuh.

Dalam kelompok orang yang menggunakan chamomile untuk mengobati luka mereka mengalami penurunan 61 persen area luka, dibandingkan pada kelompok yang tidak menggunakan chamomile yang hanya mengalami penurunan area luka 48 persen.

5. Mencerahkan Kulit sehingga Tampak Sehat dan Bercahaya

Meskipun belum ada bukti ilmiah, namun banyak orang yang menyatakan bahwa chamomile dapat digunakan sebagai pemutih kulit alami.

Hal ini berdasar pada manfaat bunga chamomile yang dapat digunakan untuk cleansing (membersihkan) dan melembabkan kulit, mengandung antioksidan kuat, dan efek anti-penuaan (anti-aging) yang ditawarkan.

Kita bisa mendapatkan bunga chamomile dalam bentuk bunga kering, teh herbal, kandungan dalam krim dan salep, atau sebagai minyak esensial.

Hati-hati saat akan mengonsumsi chamomile atau menerapkannya secara topikal untuk kulit karena beberapa orang terkadang mengalami reaksi alergi ketika menggunakan herbal atau minyak esensial.

Cobalah teteskan sedikit pada kulit terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap minyak esensial chamomile.

Categories: healthy