javascript hit counter

Manfaat Bermain Drum Bagi Kesehatan Tubuh

Seiring berjalannya waktu, alat musik Drum menjadi semakin keren dan menjadi satu kebanggan juga bagi orang yang bisa memainkan alat musik tabuh ini. Drum adalah nama alat musiknya dan pemainnya disebut Drumer kalau di zaman sekarang ini. Tak banyak orang yang memiliki kemampuan bisa memainkannya karena memang harus memiliki jiwa seni yang kuat dan itu memang terlahir secara alami. Bisa juga sih jika kamu ingin mempelajari cara bermainnya. Tapi tentu ini membutuhkan waktu yang cukup lama juga ya guys.

Saat bermain drum atau mendengarkan suaranya saja sudah membuat hati tenang dengan hentak-hentakan dari pukulan dari irama yang keluar dari alat musik tersebut. Apakah kamu salah satu orang yang memiliki keahlian pada alat musik Drum? Kalau memang begitu, apa kamu juga sudah mengetahui kalau dengan bermain Drum juga memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh. Seorang Drumer mungkin hanya mengetahui bahwa bermain drum dapat menyenangkan hati saja dan mengiringi sang penyanyi saja.

Dengan kata lain ada beberapa manfaat bermain drum, diantaranya mengembangkan bakat dalam bidang seni serta meningkatkan feel dan kecerdasan otak. Jujur saja guys, bermain Alat Musik ini memang agak susah-susah gampang. Susahnya seorang Drumer sudah pasti tau, harus memberikan aba-aba ketukan yang stabil pada semua pemain musik yang lain, bahkan bisa dikatakan seorang pemain drum memegang peran sebagai pemimpin dalam band. Begitulah susahnya menjadi peran seorang Drumer. Apakah kamu ingin mencoba?

Seorang Drumer hanya mengiringi irama dari alat musik dalam satu Band, bahkan jika semua sudah kompak dalam bermainnya, akan tetapi seorang drumer tidak boleh melewati 1 ketukan saja karena seandainya seorang pemain drum melewatkan 1 ketukan saja bisa menghancurkan musik yang sedang dimainkan. Nah, sekarang saya juga sudah merangkum dalam artikel ini mengenai Manfaat Bermain Drum Bagi Kesehatan. Yuk simak sebentar guys, jangan hanya bisa memainkannya saja dongTapi harus tau juga dong manfaatnya, Berikut di bawah ini ulasannya :

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Seperti yang kamu lihat sendiri bahwa bermain drum memang sangatlah menguras seluruh energi pemainnya karena pada saat memainkannya, tangan dan kaki yang sangat terlibat dalam aktivitas fisik secara terus menerus. Sebab dibutuhkan konsisten serta stamina fisik yang cukup agar permainan drum tetap stabil. Oleh sebab itu bermain drum dalam waktu lama dapat dikategorikan sebagai olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan fisik atau tubuh. Bermain drum sama artinya melatih otot-otot tubuh sehingga sirkulasi darah tetap lancar.

Selain hobi dan mengembangkan bakat bermusik, bermain drum juga disarankan bagi mereka yang terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk berolahraga karena pembakaran kalori saat bermain drum dengan tempo atau beat cepat setara dengan berolahraga 30 menit. Nah, dengan adanya artikel semacam ini, mungkin bisa membantu kamu untuk berolahraga ya guysNggak boleh malas juga kalau untuk kesehatan.

Mencegah Stress

Percaya atau tidak kalau bermain Drum dapat mencegah Stress? Jika kamu tidak percaya, saya sudah mengulasnya. Dari berbagai penelitian sudah menunjukkan bahwa bermain Drum mampu mengobati serta mencegah stres dan depresi. Seperti yang kamu lihat, bagaimana seorang pemain Drum begitu bebas melepaskan emosinya melalui gerakan memukul-mukul Drum. Hal ini lebih positif dibandingkan memecahkan barang atau hal negatif lainnya. Sehubungan dengan psikologi anak, mereka menjadi lebih mampu mengontrol emosi.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang dapat menyerang organ tubuh manapun dan bagian tubuh dalam atau luar. Bermain drum setidaknya bisa sedikit mengobati, meskipun hal ini bukan obat untuk penyakit kanker itu sendiri, namun tentunya bisa menjadi bermanfaat untuk orang yang memiliki resiko dengan penyakit ini. Mengenai hal ini telah diutarakan oleh sekelompok orang yang berpartisipasi dalam percobaan klinis menggunakan protokol Health Rhythms dan hasilnya menunjukkan sistem kekebalan tubuh meningkat, serta adanya peningkatan aktifitas sel pembunuh alami.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer di Indonesia lebih familiar disebut penyakit pikun. Kondisi ini umumnya diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia, namun tak jarang juga dialami orang-orang usia produktif atau usia muda. Penyakit Alzheimer sendiri ditandai dengan berkurangnya kemampuan merekam memori ke otak sehingga membuat seseorang mudah lupa.

Kaitannya dengan drumming, bagi penderita Alzheimer yang secara rutin pernah bermain drum mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan saudara dan sahabat-sahabatnya. Begitu juga dengan kemampuan memprediksi atau menebak irama (Rhythm Predictability) secara berulang-ulang merupakan terapi efektif untuk mereka yang mengalami gangguan Dementia.

Setelah melihat penjelasan mengenai Manfaat Bermain Drum Bagi Kesehatan diatas. Telah membuktikan, kalau bermain Drum itu bukan tentang memukul dan mendengar saja. Pada saat memainkannya tentu ada estetika dalam memainkan alat musik yang jarang orang bisa melakukannya. Seperti yang kamu ketahui, setiap ayunan stick Drum bisa menciptakan irama yang sangat menyejukkan hati. So, Drum bukanlah alat musik yang menghasilkan kebisingan ya guys. Nah, dibawah ini juga ada sedikit ulasan awal mulanya Drum tercipta.

Alat musik Drum awalnya dibuat dengan kayu gelondongan yang di tengahnya dibuat lubang dan di atasnya dipasang kulit hewan untuk menghasilkan resonansi suara saat ditabuh. Katanya sih orang Afrika adalah orang pertama yang menggunakan alat musik tabuh (Drum) pada zaman purba. Pada Periode tersebut drum digunakan sebagai alat komunikasi dengan suku-suku lain atau komunikasi dengan leluhur dalam upacara adat. Ya’ belum pasti juga sih informasinya.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi mengenai Manfaat Bermain Drum Bagi Kesehatan. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya. “Setiap alunan musik mampu meredakan jiwa marah dan mendamaikan dunia yang memanas”

Categories: healthy