javascript hit counter

Lipstik Mengandung Sejumlah Bahan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Lipstik merupakan salah satu kosmetik yang pada umumnya digunakan oleh wanita untuk mewarnai bibir. Lipstik memiliki bentuk yang bermacam-macam dengan warna yang juga bervariasi. Sebagian besar wanita moderen akan menggunakan lipstik secara teratur setiap hari.

Tapi tanpa disadari beberapa jenis lipstik bisa berbahaya bagi kesehatan gigi. Peneliti dari University of Sao Paulo, Brazil menemukan dampak buruk lipstik bagi kesehatan. Peneliti menemukan beberapa lipstik mengandung parafin, yaitu salah satu zat kimia yang bisa merusak enamel gigi.

Lipstik yang dijual bebas di pasaran, banyak mengandung logam berbahaya yang bisa berefek negatif bagi kesehatan. Bahkan, beberapa logam berbahaya yang terdapat di dalam lipstik tersebut, terdeteksi pada tingkat yang mengkhawatirkan bagi kesehatan. Namun, tidak banyak wanita yang mengetahuinya, sehingga masih terus saja memakai lipstik yang dibeli sembarangan di toko-toko kosmetik, tanpa memperhatikan resiko yang mungkin diakibatkan dari lipstik tersebut.

Tentu saja, tidak semua toko menjual lipstik yang berbahaya bagi kesehatan. Masih ada beberapa toko yang menjual lipstik yang aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Itulah sebabnya, mengapa para wanita harus lebih selektif dalam membeli dan memilih lipstik yang berkualitas, dan tidak langsung membeli lipstik-lipstik yang diobral dengan harga murah yang biasanya akan membuat para wanita langsung tergiur untuk membelinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kandungan lipstik yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

1. Logam Beracun

sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Berkeley, AS, menemukan bahwa terdapat kandungan logam berat pada 32 produk lipstik dan lip gloss yang biasa dipakai oleh para wanita.

Salah satu logam berat yang ditemukan di dalam lipstik adalah timbal. Timbal adalah logam berat yang bersifat sangat beracun, yang dapat mempengaruhi sistem saraf dan organ tubuh manusia. Logam ini juga merupakan logam yang beresiko menyebabkan kanker.

Pengaruh racun timbal ini sangat berbahaya bagi anak-anak. Itulah sebabnya mengapa anda harus menyimpan lipstik di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak, karena biasanya, anak-anak suka meniru perilaku orang di sekitarnya, terutama perilaku orang tuanya.

Tidak hanya mengandung timbal, ada beberapa logam berat lainnya, yang ditemukan di dalam lipstik, seperti: aluminium, kadmium, kromium, dan mangan. Sederetan logam tersebut juga dapat meningkatkan resiko terkena tumor di dalam perut, khususnya bagi kaum perempuan. Temuan logam dalam lipstik ini, perlu diperhatikan lebih lanjut, mengingat intensitas pemakaiannya yang cukup besar. Logam berat dalam lipstik berpotensi masuk ke tubuh ketika makan, minum, berciuman, dan lain-lain.

2. Triclosan

Bahan berbahaya lainnya yang terdapat di dalam lipstik, yang bisa menyebabkan dampak buruk pada kesehatan tubuh adalah triclosan. Triclosan merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan untuk mencegah infeksi bakteri. Selain lipstik, triclosan biasa terkandung di dalam produk pasta gigi, pencuci wajah, sepatu, karpet, dan selimut.

Kekhawatiran terhadap bahan triclosan ini, diawali dengan penelitian yang dilakukan terhadap tikus dan ikan. Penelitian yang dilakukan ini, bertujuan untuk mengetahui dampak triclosan terhadap fungsi otot kedua hewan tersebut. Senyawa ini terbukti bisa mengurangi cengkeraman otot dan mengurangi jarak renang ikan.

Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan adanya penurunan kontraksi otot jantung pada tikus. Triclosan diduga dapat menyebabkan gagal jantung. Penelitian ini masih menggunakan hewan sebagai objeknya, sehingga pengaruh triclosan pada manusia memerlukan riset lebih lanjut.
Kandungan triclosan di dalam lipstik memang tidak memberikan dampak langsung pada pemakainya. Anda akan menemukan dampak tersebut setelah 5 tahun. Sesuatu yang memiliki dampak jangka panjang, tentu sangat berbahaya.

3. Ftalat

Ftalat merupakan kandungan lain yang terdapat di dalam lipstik. Ftalat adalah bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik. Lipstik memerlukan bahan ini untuk mendapatkan tekstur yang lebih lembut. Bahan ini dianggap berbahaya karena zat ini bisa tertelan, dan juga bisa terserap melalui selaput mulut. Beberapa penelitian menyatakan bahwa pemakaian lipstik yang terlalu sering, dalam jangka waktu yang panjang, dinilai dapat meningkatkan resiko penyakit lupus pada wanita. Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia.

4. Methylparaben

Menurut beberapa peneliti, methylparaben merupakan bahan pengawet yang sebagian besar digunakan di dalam produk-produk kecantikan. Bahan ini berbahaya, karena dapat memicu sel kanker serta dapat mengganggu sistem endoktrin di dalam tubuh.

5. Propylparaben

Propylparaben banyak digunakan di dalam pembuatan alat-alat kosmetik. Bahan ini tidak menimbulkan bahaya apabila dipakai pada kadar yang tepat. Namun jika tidak mengikuti aturan pemakaian yang benar, bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit pada seseorang yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, bahan ini berhubungan dengan gangguan endoktrin, kanker dan efek beracun lainnya, jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

6. Retinil palmitat

Retinil palmit merupakan bentuk vitamin A. Bahan ini dapat menjadi racun bagi wanita hamil karena bisa menyebabkan masalah kesehatan pada bayi yang sedang dikandung, juga masalah kesehatan lainnya seperti kanker, hingga masalah reproduksi.

7. Tokoferil asetat

Tokoferil asetat dikenal sebagai vitamin E asetat. Bahan ini cukup berbahaya, karena dapat menyebabkna iritasi kulit, rasa terbakar, gatal-gatal dan lecet.

8. Parafin

Parafin sering digunakan dalam pembuatan lilin. Kini, parafin juga ada pada lipstik dalam jumlah yang kecil. Tetapi, jika bahan ini digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigil yang menyebabkan karies gigi.

Setelah mengetahui beberapa bahan berbahaya yang terdapat pada lipstik ini, Sebaiknya anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam memilih, maupun memakai lipstik.

Categories: healthy