javascript hit counter

Kopi Jamur Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sedang ngehits di kalangan masyarakat saat ini. Orang-orang yang biasa mengkonsumsi minuman ini adalah kalangan orang tua yang mayoritasnya adalah laki-laki. Berbeda dengan sebelumnya, saat ini kopi tidak lagi terbatas untuk para kaum pria dan orang tua saja, tapi juga mulai populer di kalangan anak muda.

Kopi yang merupakan minuman hasil seduhan biji kopi, yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk ini, sepertinya semakin hari semakin mendunia, sejak munculnya beragam kreativitas kopi yang diciptakan di masyarakat. Tidak hanya disajikan dalam bentuk kopi hitam, tapi beragam rasa telah berhasil diciptakan untuk menambah cita rasa kopi yang berbeda dari sebelumnya.

Cita rasa yang berbeda tersebut dihasilkan dari penambahan krim dan susu. Kedua bahan ini membuat rasa kopi menjadi lebih menarik dan pastinya lebih manis, lho. Rasa manis inilah yang akhirnya membuat masyarakat menjadi tertarik untuk mengkonsumsi minuman yang satu ini.

Menciptakan kreasi rasa baru di dalam secangkir kopi, ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan menambahkan susu ataupun creamer ke dalamnya, tapi masih banyak cara-cara lain yang sepertinya mulai dikembangkan oleh beberapa negara di seluruh dunia, untuk menciptakan rasa kopi yang semakin nikmat ketika diminum.

Jika anda adalah seorang pengopi berat, menghabiskan 3 sampai 5 cangkir kopi setiap hari merupakan hal yang mungkin wajar menurut anda. Akan tetapi, tahukah anda kalau kopi yang anda konsumsi tersebut bisa mendatangkan malapetaka untuk anda? Mungkin sebagian besar dari anda masih belum paham akan bahaya kopi yang sebenarnya, atau mungkin saja anda sudah tahu, tapi tetap mengabaikannya.

Bahaya dari mengkonsumsi kopi yang berlebihan ini tentu saja memerlukan perhatian khusus dari anda, untuk menghindari sesuatu yang buruk yang mungkin terjadi. Dan salah satu pencegahan yang dapat anda lakukan adalah dengan memperhatikan jenis kopi yang anda konsumsi.

Di salah satu negara seperti Finlandia, diketahui bahwa mayoritas masyarakatnya sangat gemar mengkonsumsi kopi. Jika dibandingkan dengan negara lain, masyarakat Finlandia lebih terkenal sebagai penggila kopi. Mereka sanggup menghabiskan bergelas-gelas kopi setiap harinya, tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan pada kesehatan mereka.

Karena kegilaan masyarakat Finlandia terhadap kopi tersebut, akhirnya Finlandia mulai mencari alternatif lain dalam mengkonsumsi kopi, yang diharapkan tidak akan berbahaya terhadap kesehatan, meski dikonsumsi dalam jumlah yang lumayan besar.

Kalau biasanya kopi dikombinasikan dengan creamer dan susu, Finlandia mencoba sesuatu yang berbeda dengan cara mengkombinasikan kopi dengan bahan makanan lain, yang akan membuat anda kaget dan tidak akan menyangkanya. Bahan makanan tersebut adalah jamur. Jamur? mungkin anda akan merasa aneh jika membayangkannya, bukan?

Penggunaan jamur dalam kopi ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar kafein yang terkandung di dalam kopi. Kafein ini memang dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, memberikan efek yang menenangkan, dan bahkan dipercaya dapat mencegah alzheimer dan depresi. Meskipun begitu, anda tidak bisa memungkiri kalau kafein tersebut di sisi lain bisa mendatangkan efek negatif di dalam tubuh. Salah satunya adalah dapat menyebabkan insomnia dan masalah kesehatan jantung.

Hal inilah yang mendorong seorang pembuat kopi asal Finlandia, “Tero Isokauppila” untuk mengkombinasikan jamur dan kopi. Kombinasi ini diyakini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan anda. Jamur yang digunakan dalam kombinasi ini adalah jamur yang benar-benar aman, dan dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa jenis jamur yang digunakan tersebut adalah Jamur Maitake dan Jamur chaga atau Inonotus obliquus.

Pertama-tama, jamur ini akan dijadikan ekstrak terlebih dahulu sebelum akhirnya dikombinasi dengan bubuk kopi. Kombinasi keduanya tidak hanya akan memberikan rasa yang lebih menarik, tapi juga akan memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti berikut ini:

1. Jamur Maitake, adalah jamur yang dipercaya mampu memperkuat sel imun tubuh, yang bermanfaat untuk:

  • Mengobati kanker
  • Mengobati diabetes
  • Mengobati HIV / AIDS
  • Mengobati kolesterol tinggi
  •  Mengobati tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengobati tumor
  •  Menurunkan berat badan

Dengan mencampur ekstrak Jamur Maitake ini ke dalam bubuk kopi, dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

2. Jamur Chaga, merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki antioksidan yang sangat kuat, sehingga dianggap sebagai salah satu jenis jamur yang sangat pas untuk dikombinasikan dengan bubuk kopi. Jamur Chaga ini bermanfaat untuk melawan berbagai macam penyakit, seperti: diabetes, gangguan kardio, sistem imune, melindungi kerusakan DNA dan kolesterol.

Jamur chaga ini memiliki sifat basa, sehingga mengkombinasikan jamur ini dengan kopi, dipercaya mampu menetralkan kadar asam yang terdapat pada kopi, sehingga anda tidak akan merasakan sakit perut saat mengkonsumsi kopi.

Penggunaan kedua ekstrak jamur di atas, dipercaya bisa memacu kekuatan otak dan meningkatkan produktivitas, tanpa menimbulkan efek samping yang kerap dirasa sebagian orang karena mengkonsumsi kopi yang berlebihan. Alternatif yang ditemukan oleh Tero Isokauppila ini, diharapkan bisa membantu para penggemar kopi di dunia, agar tidak perlu khawatir akan bahaya kafein yang terkandung di dalam kopi.

Namun, meskipun memiliki segudang manfaat kesehatan, anda tidak dapat mengolah jamur-jamur ini dengan sembarangan di rumah, tanpa adanya skill tertentu untuk mengolahnya. Jika salah mengolah, bukannya akan memberikan manfaat kesehatan pada anda, malahan akan membawa malapetaka bagi anda. So, berhati-hati ya guys kalau mau mengolah jamur-jamur ini menjadi campuran kopi di rumah.

Categories: healthy