javascript hit counter

Kelainan Pada Siklus Menstruasi Bisa Menjadi Tanda Perkembangan Suatu Penyakit

Pernahkah anda mengalami dua kali haid atau menstruasi dalam satu bulan? Untuk kasus-kasus yang sangat tidak biasa, mengalami periode menstruasi dua kali dalam satu bulan, bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang serius yang perlu diperiksa oleh dokter spesialis.

Menstruasi biasanya berlangsung selama tiga sampai enam hari, dan datang dalam siklus 21-35 hari. Setiap wanita memiliki waktu dan siklus yang berbeda satu sama lain, dan tentu saja, standar ini dapat bervariasi setiap bulannya. Siklus tersebut bahkan bisa lebih cepat atau lambat daripada periode sebelumnya.

Jika Anda mengalami periode menstruasi dua kali dalam satu bulan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui gejala yang anda rasakan, dan apa yang harus anda lakukan, jika hal ini benar-benar terjadi kepada Anda.

Apa-apa Sajakah Gejalanya?

Mungkin anda melihat ada beberapa kelainan yang terjadi pada siklus menstruasi normal anda, yang bisa anda ketahui dari berkas-berkas atau noda keputihan yang muncul, yang membuat Anda bisa menduga bahwa Anda akan memiliki periode menstruasi dua kali dalam satu bulan.

Pertama-tama, Anda perlu menghitung atau menentukan, atau memastikan apakah itu benar-benar periode menstruasi kedua. Periksalah terlebih dahulu dengan melihat apakah terjadi pendarahan pada pembalut yang anda gunakan dalam beberapa jam.

Jika memang anda mengalami periode menstruasi kedua dalam satu bulan, darah yang keluar harus berwarna merah cerah. Hal yang perlu anda perhatikan adalah, tidak selamanya darah yang keluar itu merupakan tanda bahwa anda akan mengalami menstruasi. Terkadang, wanita mengalami bercak ketika memasuki trimester pertama kehamilan. Jadi anda perlu mempertimbangkan hal ini.

Apa Yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Dua Periode Menstruasi Dalam Satu Bulan?

Hal ini tidak biasa terjadi pada wanita dewasa yang memiliki siklus dari 21 sampai 35 hari, dan pada remaja siklus ini bisa dari 21 sampai 45 hari.

Sangat penting bagi anda untuk mencatat siklus menstruasi yang anda alami setiap bulannya, sehingga Anda mengetahui interval normal untuk tubuh Anda. Jika interval atau jangka waktu menstruasi ini tiba-tiba berubah menjadi pendek karena alasan yang tidak jelas, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Hipertiroidisme : kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroksin.
Awal menopause
Pubertas
Fibroid uterus : tumor jinak pada otot dinding rahim yang muncul pada wanita di masa reproduksi.
Stres
Diet ekstrim
Pengendalian kelahiran atau KB
Penyakit

Kelainan tersebut normal terjadi untuk beberapa kondisi ini. Keguguran juga dapat disebabkan oleh intens pendarahan. jika Anda menduga bahwa Anda sedang hamil, dan Anda melihat pendarahan mirip dengan masa menstruasi, segera periksakan ke dokter.

Apakah Yang Menjadi Faktor Penyebab Kelainan Menstruasi ini?

Jika Anda memiliki riwayat keluarga fibromas (tumor), kista atau menopause yang lebih awal, resiko anda mengalami dua periode menstruasi dalam satu bulan ini akan jauh lebih besar.

Langsung periksakan ke dokter, jika:

– Anda mengalami nyeri panggul yang berlangsung lebih lama selama beberapa hari.
– Anda memiliki waktu yang sangat berat.
– Anda mengalami bercak periode menstruasi kedua
– Anda sering sekali buang air kecil.
– Anda merasa sakit selama melakukan hubungan seksual.
– Anda merasakan kram yang jauh lebih sakit saat menstruasi daripada sebelumnya.
– Anda melihat gumpalan gelap selama periode menstruasi.

Mungkinkah Terjadi Komplikasi?

Jika pada awalnya anda memiliki siklus menstruasi yang tetap dan normal, kemudian terjadi perubahan dalam siklus Anda tersebut, atau tiba-tiba memiliki dua periode dalam satu bulan, bisa jadi ini merupakan tanda dari kondisi medis anda.
Dalam beberapa kasus, memiliki dua periode menstruasi dalam waktu singkat, bisa menyebabkan anemia. Itulah sebabnya mengapa dokter Anda mungkin harus meninjau kadar zat besi di dalam tubuh Anda, bersama dengan tes lain untuk menentukan penyebab pendarahan yang terjadi. Anemia dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, lemah, pusing, dan detak jantung yang bahkan tidak teratur.

Perawatan Apa Yang Harus Dilakukan?

Perawatan yang anda lakukan akan tergantung pada apa yang menyebabkan Anda mendapatkan dua periode menstruasi tersebut. Ini merupakan sesuatu yang hanya bisa diketahui oleh dokter, setelah melakukan pemeriksaan. Ada kemungkinan bahwa dokter akan memberikan suplemen yang mengandung zat besi kepada anda, karena pendarahan yang anda alami berpotensi menyebabkan anemis.

Jika Anda sering mengalami periode semacam ini, cobalah berbicara dengan dokter. Dokter akan membantu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah Anda.

Apa yang harus saya katakan dokter?

Dokter mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang gejala-gejala yang Anda rasakan. Anda cukup menjawab berdasarkan kenyataan dan apa yang anda rasa.
Jawaban yang anda berikan akan mempermudah dokter untuk menemukan perawatan yang sesuai untuk anda secepat mungkin.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dokter Anda bisa meminta Anda:

1. Berapa lama biasanya siklus menstruasi anda berlangsung?
2. Apakah Anda memperhatikan frekuensi siklus Anda berubah?
3. Berapa lama Anda mengalami pendarahan tersebut?
4. Berapa berat badan anda pada saat periode tersebut?
5. Seberapa cepat Anda mengganti pembalut?
6. Apakah ada pembekuaa atau penggumpalan darah yang terjadi? jika ada, seberapa besar gumpalan tersebut?
7. Apakah Anda memiliki gejala lainnya?

Yang perlu anda ingat adalah, anda harus tetap tenang dan optimis bahwa anda bisa mengatasi masalah kelainan siklus menstruasi tersebut, dan pastikan anda sudah mengkonsultasikannya pada dokter.

Categories: healthy