javascript hit counter

Kandungan Zat Aditif di dalam Mie dan Sop Instan Berpotensi Mematikan

Mie instan atau sup instan adalah makanan cepat saji yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Harganya yang murah dan sifatnya yang mudah di olah membuat makanan ini menjadi “trend center” khususnya untuk orang-orang yang merasa terlalu sibuk sehingga makanan ini membuat mereka tertolong karena mereka tidak perlu membuang waktu untuk memasak.

Kebiasaan ini membuat kebanyakan orang mulai meninggalkan kebiasaan makan makanan sehat. Beberapa orang menganggap bahwa mie dan sop instan yang mereka makan tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan hamburger, burrito, kentang goreng, atau makanan cepat saji lainnya.

Walaupun begitu, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa makanan tersebut bukanlah alternatif yang baik. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Braden Kuo, dari Massachusetts General Hospital, menunjukkan bahwa sup dan mie instan ini cenderung memiliki efek negatif pada tubuh.

Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh mie dan sop instan:

1. Mie instan tidak mudah dicerna

Penelitian telah menemukan bahwa mie instan tetap utuh di perut bahkan setelah dua jam di makan. Waktu pengolahan mie ini didalam perut merupakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan waktu pengolahan jenis mie buatan rumah lainnya. Temuan ini menciptakan beberapa masalah karena menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Gangguan pencernaan

Awalnya, sistem pencernaan akan mengalami ketegangan, karena sistem pencernaan harus bekerja selama berjam-jam untuk mencerna makanan tersebut. Ketika makanan berada terlalu lama didalam saluran pencernaan, itu akan berdampak pada penyerapan nutrisinya. Seperti yang telah kita ketahui, mie dan sop instan tidak mengandung banyak nutrisi. Makanan instan ini banyak mengandung zat-zat adiktif, seperti: pengawet beracun butylhydroquinone tersier (TBHQ). Zat adiktif inilah yang menyebabkan mie instan tersebut sulit untuk dicerna sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

2. 5 gram TBHQ yang terkandung di dalam mie instan dapat mengakibatkan kematian

Pengawet butylhydroquinone tersier (TBHQ) adalah produk sampingan dari petroleum, yang sering muncul sebagai “antioksidan”. Meskipun bahan kimia sintetis memiliki sifat antioksidan, bukan berarti antioksidan tersebut sama dengan antioksidan alami yang baik bagi tubuh. Jenis antioksidan sintetis yang terkandung di beberapa makanan akan menghindari proses oksidasi lemak dan minyak, yang pada akhirnya menyebabkan makanan menjadi lebih sulit untuk diolah.

TBHQ banyak ditemukan di sebagian besar olahan makanan di berbagai tempat, toko, maupun mall. Tidak hanya ditemukan didalam makanan, zat ini juga terkandung didalam insektisida, make-up, dan parfum yang digunakan untuk menstabilkan penguapan pada saat pembuatannya.

Meskipun ahli aditif makanan telah mengatakan bahwa tubuh manusia dapat menangani TBHQ dalam dosis yang rendah, akan tetapi, penelitian lainnya mengatakan bahwa 5 gram aditif saja dapat bersifat mematikan. Penelitian menyatakan bahwa terkena satu gram TBHQ dapat menyebabkan gejala seperti; mual dan muntah, dengung di telinga, delirium dan perasaan sesak napas.

3. Makan sup instan mempengaruhi sindrom metabolik

Obesitas

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi mie dan sop instan dalam jumlah yang besar akan mendapatkan resiko yang lebih tinggi untuk terkena sindrom metabolik dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsinya lebih sedikit, terlepas dari kebiasaan olahraga yang dilakukan.

Menurut studi ini, wanita yang mengkonsumsi sup instan dua kali seminggu, 68% akan terkena sindrom metabolik, yang mengarah ke banyak penyakit yang lebih serius seperti obesitas, arteri hipertensi, gula darah tinggi, trigliserida dan kolesterol. Selain itu, orang-orang yang makan sup dan mie instan memiliki jumlah nutrisi yang lebih rendah. Padahal nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk diolah didalam tubuh. Nutrisi penting tersebut antara lain seperti; protein, kalsium, fosfor, besi, kalium, Vitamin A dan Vitamin C.Tidak hanya itu, wanita yang sering mengkonsumsi mie dan sop instan akan memiliki kadar lemak yang buruk, serta kalori, dan natrium yang lebih tinggi.

Jika anda ingin sehat dan bisa menikmati hidup, Hal mudah yang perlu anda lakukan adalah melakukan diet sehat, makan makanan sehat, bukan makanan instan serta meluangkan waktu untuk berolahraga. Walaupun mengkonsumsi sup dan mie insan tidak memberikan dampak langsung kepada anda, tapi jika anda mengkonsumsinya dalam waktu yang cukup lama, maka dampak pemakaian nya akan terlihat setelah beberapa tahun kemudian. Tindakan bijak yang harus anda lakukan adalah memilih makanan yang lebih baik, sehat, dan segar.

Categories: healthy