javascript hit counter

Delapan Kegiatan Efektif Untuk Memperkuat Otak Manusia

Melakukan kegiatan yang mudah, seperti menulis dengan tangan, membaca, atau bahkan berjalan, dapat membantu Anda memperkuat otak. Dengan memperkuat otak Anda, Anda dapat menghindari masalah-masalah kognitif, dan mncegah kepikunan.

Latihan fisik adalah salah satu cara terbaik, untuk meningkatkan kekuatan fisik. Hal ini juga membantu tubuh kita untuk meningkatkan stamina dan fleksibilitas. Tetapi tujuan akhir dari latihan ini adalah untuk menjaga diri agar selalu sehat.

Olahraga adalah sesuatu yang juga dapat Anda lakukan setiap hari. Olahraga ditujukan untuk memberi efek positif pada sistem tubuh, termasuk kardiovaskular, sirkulasi darah, dan sistem vital organ lainnya. Tak hanya membutuhkan latihan fisik, Pelatihan pikiran juga sangat penting. Pelatihan pikiran bertujuan untuk memperkuat otak dan kemampuan mental. Pelatihan ini juga dapat membantu Anda untuk memiliki memori atau daya ingat yang lebih baik.

Ada beberapa kegiatan tertentu yang harus Anda lakukan untuk menjaga fleksibilitas otak Anda. Perlu diingat bahwa, latihan-latihan tersebut akan membantu memperkuat otak Anda dan meningkatkan fungsi kognitif anda.

Ada 8 kegiatan terbaik yang bisa anda lakukan untuk memperkuat otak Anda secara alami, yaitu:

1. Menulis Dengan Tangan

Saat ini, anda berada di zaman di mana teknologi telah mengambil alih segala sesuatu. Teknologi ini juga yang membantu anda menyelesaikan tugas sehari-hari termasuk menulis. Tablet, ponsel, dan semua perangkat lainnya yang menggunakan keyboard, membantu anda untuk menghemat waktu. Hal ini tentu saja membuat anda melakukan tugas-tugas tertentu menjadi lebih efisien.

Namun, menulis dengan tangan adalah kemampuan yang tidak boleh dilupakan. Kegiatan ini bisa merangsang area otak, yang membantu secara signifikan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan, karena sistem akan mengaktifkan retikuler(salah satu bagian otak manusia yang memiliki peranan penting, yang berfungsi menghubungkan jaringan tulang belakang dan seluruh bagian otak). Sistem ini akan memproses apa yang Anda lakukan pada saat anda sedang fokus menulis.

2. Praktek Masalah Matematika Sederhana Setiap Hari

Kegiatan matematika adalah salah satu latihan mental terbaik. Latihan ini dapat memperkuat memori Anda dan meningkatkan kapasitas mental Anda. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangan maupun perangkat, seperti komputer,ponsel, kalkulator, dan sebagainya. Ada banyak aplikasi yang telah dirancang di dalam ponsel dan komputer, yang bisa membantu anda mengaplikasikannya. Dan akan lebih baik lagi jika pada saat mengerjakan persoalan mate-matika tersebut, anda menerapkan waktu. Dengan begitu, otak anda akan terlatih untuk berfikir cepat.

3. Meningkatkan Kapasitas Mental Anda Dengan Sudoku

Permainan klasik “Sudoku” merupakan aktivitas mental. Tujuan dari permainan ini adalah mengisi grid yang kosong dengan nomor atau angka, tapi dengan aturan, Anda tidak bisa mengulangi angka yang sama pada arah manapun. Permainan ini sangat menantang mental. Melakukan permainan ini, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Permainan ini banyak ditemukan di dalam buku atau majalah, maupun di dalam aplikasi gadget.

4. Bermain Dengan Jari-jari Kaki

Gerakan sederhana jari kaki dapat membantu fungsi mental Anda. Gerakan ini sangat membantu perkembangan otak karena, gerakan ini memerlukan perhatian dan kewaspadaan. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan gerakan-gerakan kecil menggunakan semua jari kaki. Anda dapat mendedikasikan atau melakukan gerakan ini dalam tiga menit setiap pagi. Setelah melakukan gerakan tersebut, Anda akan merasa lebih aktif dan terkoordinasi.

5. Banyak Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang mendasar, tapi bisa meningkatkan kapasitas mental dan proses berpikir anda. Pelatihan semacam ini bisa menenangkan pikiran. Hal ini juga membantu untuk mengurangi ketegangan yang berhubungan dengan stres. Rajin membaca memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah menjadi lebih kreatif, memiliki memori atau daya ingat yang lebih baik, dan mnemiliki proses berpikir yang cepat. Hal ini memungkinkan kita untuk menjadi lebih cepat, tanggap dan lebih efisien.

6. Belajar Bahasa Lain

Terlepas dari usia Anda, kegiatan ini sebenarnya sangat membantu. Mempelajari bahasa lain akan mengaktifkan daerah-daerah cerebral cortex. Daerah ini berhubungan dengan pengolahan akustik, pemahaman dan artikulasi kata. Latihan ini akan membuat hippocampus (bagian dari otak besar) tumbuh atau berkembang. Tidak hanya itu saja, Latihan ini juga meningkatkan kapasitas memori dan kemampuan belajar. Selain itu, menjadi dwibahasa, akan meningkatkan cadangan mental Anda. Hal ini akan melindungi anda dari penyakit Alzheimer (melemahnya daya ingat).

7. Berjalan-jalan

 

Mengambil kegiatan jalan-jalan dan kegiatan serupa, dapat membantu fungsi otak. Hal ini terutama berlaku pada orang tua. Kegiatan ini dapat membantu memori verbal, kefasihan dan perhatian. Latihan ini akan membuat aliran darah bergerak dengan lancar menuju otak. Hal tersebut akan meningkatkan oksigenasi yang dapat membantu menjaga jaringan, saraf dan neuron.

8. Visualisasi dan Memori

Untuk melakukan kegiatan ini, Anda akan memerlukan bantuan dari seorang teman atau anggota keluarga. Mereka akan menunjukkan benda-benda yang berbeda, dan anda harus mengamati setiap objek selama 15 detik. Kemudian, meminta orang lain untuk menempatkan objek tersebut di berbagai area di rumah. Tunggu beberapa menit. Kemudian mulai untuk menggambarkan secara detil setiap objek. Pastikan untuk menggambarkan ruangan yang ada dalam juga. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk melakukan kegiatan ini dalam 10 sampai 15 menit.

Latihan-latihan ini akan merangsang mental anda, dan juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi stres.

Categories: healthy