javascript hit counter

Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Paru-Paru

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga Paru-Paru agar tetap bersih, yaitu dengan latihan seperti yoga, meditasi, dan Tai Chi. Latihan ini akan mengajarkan anda untuk bernapas dengan menggunakan berbagai bagian tubuh seperti perut, diafragma atau dada.

Untuk para perokok yang memiliki masalah dengan paru-paru tapi mempunyai keinginan agar paru-paru nya bersih, serta mampu untuk bernapas lebih baik, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa tips bermanfaat untuk melakukannya dengan mudah dan alami.

Beberapa Tips yang dapat anda coba untuk menjaga kebersihan paru-paru adalah sebagai berikut:

1. Mandi uap
Apakah Anda tahu yang dimaksud dengan mandi uap?

Mandi uap adalah menarik napas dalam-dalam dari uap tanaman obat yang bermanfaat bagi paru-paru. Ini adalah metode yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit pernapasan pada anak-anak, dan juga membantu membersihkan paru-paru, khususnya bagi para perokok.

Bagaimana cara melakukan pemandian uap?

– Rebuslah dua liter air dengan tanaman obat herbal seperti pinus, thyme, rosemary, eucalyptus, chamomile atau oregano. Rebuslah sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah masak, Anda akan dapat merasakan uap aromatik yang dihasilkan oleh rebusan tersebut.

– Kemudian, pindahkan rebusan tersebut dari api. Tutup kepala anda dengan menggunakan handuk dan letakkan wajah anda di atas wadah rebusan tadi (berhati-hatilah agar wadah yang panas serta rebusan tersebut tidak membakar wajah anda). Tariklah nafas sedalam mungkin dari mulut dan hidung kemudian lepaskan. Lakukan lah secara bergantian menarik nafas melalui hidung dan mulut.

2. Menyingkirkan lendir
Hal normal jika pada saat anda bangun pagi hari kemudian anda merasakan seperti memiliki kelebihan lendir, dan kadang-kadang lendir ini dapat menyebabkan kemacetan atau menghalangi tabung bronkial anda. Untuk menghindari kelebihan lendir tersebut, mari ikuti kedua tips sederhana berikut ini:

– Mencuci bagian rongga hidung dengan menggunakan Neti pot, terutama ketika lendir terdapat di rongga hidung. Perlu diingat bahwa ada beberapa makanan yang meningkatkan kapasitas lendir tersebut sehingga anda perlu menjaga pola makan sampai anda merasa lebih baik. Berikut adalah beberapa produk atau makanan yang perlu dihindari:

1. Susu, terutama susu sapi. Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu nabati tapi tetap dalam kadar yang wajar.
2. Tepung dan makanan yang mengandung tepung. anda bisa mengkonsumsi biskuit panggang, karena lebih sehat.
3. Belajar untuk bernapas dengan benar

Walaupun kita merupakan makhluk yang bernafas, akan tetapi sering kali kita tidak menggunakan alat pernafasan kita dengan cara yang benar. Kita sering lupa bahwa kita bernapas sebenarnya bukan sekedar untuk bertahan hidup saja, kebiasaan kita yang sering bernafas dengan cara yang tidak benar tersebut juga mempengaruhi cara kerja paru-paru, dimana disaat paru-paru harus bekerja keras untuk meningkatkan kapasitas nya agar membantu kita bernafas, kita malah menambah kesulitan bagi paru-paru untuk mentrasfer oksigen ke seluruh tubuh.

Bagaimana cara belajar bernapas dengan benar?
Cara belajar bernafas yang paling efektif adalah dengan mengambil latihan seperti yoga, meditasi atau tai chi yang memiliki fokus pada pernapasan, bahkan mengajarkan kita untuk melakukannya melalui berbagai bagian tubuh seperti: perut, diafragma, atau dada.

3. Meningkatkan pernapasan pada malam hari
Pada malam hari, biasanya kita beristirahat atau tidur rata-rata selama 8 jam. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk memastikan kamar tidur penuh dengan udara bersih dan sehat.

Bagaimana melakukannya?

– Pastikan kamar tidur anda memiliki Ventilasi, sehingga udara dapat keluar masuk. Anda juga bisa membuka sedikit jendela kamar pada malam hari.
– Jika kamar anda tidak memiliki ventilasi atau jendela, setidaknya biarkan pintu kamar tidur Anda terbuka.
– Anda bisa meletakkan tanaman penghasil oksigen di kamar tidur. Tanaman tersebut akan membantu memperbaharui udara yang anda hirup didalam kamar.
– Hindari kelembaban dan bau di rumah. Gunakan alat penyaring udara sehingga rumah anda tidak lembab.

4. Melupakan kesedihan
Bagi mereka yang menderita penyakit pernapasan baik yang masih biasa atau bahkan kronis, perlu diketahui bahwa ada link psikosomatik antara penyakit dan perasaan sedih. Kadang, ketika perasaan kita sedang dalam keadaan sedih, proses pernapasan kita pun tidak akan stabil. Oleh karena itu, pengobatan yang dilakukan harus memperhitungkan komponen emosional yang ada, yang dapat diobati secara alami dengan obat-obat alami atau dengan bantuan profesional psikoterapis.

Categories: healthy