javascript hit counter

Beberapa Kesalahan Umun Yang Sering Terjadi Pada Saat Sarapan

Pada umumnya, sarapan yang dilakukan setiap hari oleh kebanyakan orang, bertujuan untuk memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas setiap hari. Karena alasan inilah, pada saat sarapan, Anda sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang lengkap dan sehat.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Tanpa sarapan, tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.
Setelah menghabiskan beberapa jam tanpa memakan makanan pada saat tidur malam, waktu makan pertama ini merupakan hal yang paling penting. Saat bangun dari tidur malam, organ-organ di dalam tubuh membutuhkan energi untuk melaksanakan tugasnya.

Sarapan adalah bahan bakar pertama tubuh untuk bisa menjalankan hari-hari anda dengan baik.  Anda juga harus memilih makanan untuk sarapan anda dengan bijak. Hindari kesalahan sarapan, dan pastikan Anda mendapatkan energi yang Anda butuhkan.

Berikut Adalah Beberapa Kesalahan Sarapan Yang Terjadi Pada umumnya:

1. Tidak Makan

Tidak makan merupakan salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh anak-anak muda. Hal ini disebabkan karena mereka memiliki kehidupan yang serba cepat, dan mereka cenderung lupa atau melewatkan sarapan di pagi hari. Bisa jadi karena mereka tidak punya waktu atau mereka hanya tidak merasa lapar.

Ini merupakan kebiasaan buruk, yang dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan seperti maag, gastritis dan lain sebagainya. Ada juga beberapa orang yang tidak mau sarapan karena sedang mengikuti Diet yang sangat ketat. Hal ini tentu saja keliru, kecuali hal ini didasarkan pada rekomendasi dokter dan di bawah pengawasan. Anda sangat memerlukan sarapan untuk mengisi ulang energi untuk beraktivitas.

2. Tidak Memakan Cukup Protein

Untuk memulai hari, sangat penting untuk Anda mengkonsumsi protein pada saat sarapan. Tidak akan cukup jika anda hanya memakan semangkuk sereal pada saat sarapan, untuk memberikan energi untuk bisa melakukan aktivitas anda. Beberapa orang hanya memakan sereal tanpa susu. Padahal susu mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Alternatif yang lebih baik untuk dijadikan makanan saat sarapan adalah dengan sepotong roti gandum. Anda dapat memakan roti ini dengan beberapa alpukat atau beberapa telur rebus untuk mendapatkan sarapan sederhana dan bergizi.

Ingat bahwa jika Anda tidak mendapatkan jumlah protein yang Anda butuhkan, Anda akan mudah lapar hanya dalam beberapa jam saja.

3. Tidak Memakan Cukup Serat

Perasaan lapar akan muncul jika Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula pada saat sarapan, karena makanan seperti ini sangat cepat dicerna. Efek ini bisa dinetralkan dengan memakan makanan yang cukup serat, yang bisa membuat Anda merasa kenyang. Setidaknya anda harus memasukkan lima gram serat di dalam sarapan Anda, dan pastikan bahwa Anda tidak mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak. Idealnya Anda harus menghindari jenis gula halus. Sereal yang memiliki taburan gula adalah salah satu makanan terburuk yang Anda pilih pada saat sarapan. Sarapan terbaik adalah dengan memakan sayuran dan buah.

4. Makan Terlalu Sedikit

Ini adalah salah satu kesalahan yang paling umum terjadi saat sarapan. Kebanyakan orang berasumsi bahwa sarapan yang baik adalah sarapan dengan sepotong buah di perjalanan saat berangkat bekerja atau sekolah. Pendapat ini salah dan Anda harus mengubahnya sesegera mungkin.

Hal terbaik yang perlu dilakukan saat sarapan adalah duduk untuk beberapa menit, dan makan makanan yang seimbang, dengan jumlah makanan yang tepat seperti, karbohidrat, serat, protein dan lemak. Mengkonsumsi setidaknya 300 atau 400 kalori setiap pagi akan membantu memberikan energi kepada anda setidaknya sampai makan siang.

Sarapan harus mencakup:

– Sayuran dan buah
– Protein kualitas tinggi
– Karbohidrat kompleks
– Lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji, atau minyak zaitun

Satu hal yang perlu diingat adalah, jika Anda bekerja di luar pada pagi hari, dan melakukan banyak latihan yang bersifat intens, tubuh Anda akan terkejut, yang pada akhirnya membuat anda mudah lelah. Namun, jika anda membekali nya dengan melakukan sarapan dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat di atas, anda pasti bisa mengatasi rasa lelah tersebut.

Sebelum Anda pergi ke gym, akan lebih baik jika anda memakan makanan ringan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan asam amino esensial.

5. Tidak Makan Lemak

Ada kepercayaan palsu yang mengatakan, bahwa sarapan itu haruslah dengan makanan-makanan kecil dan sehat, dan tidak boleh memakan lemak. Hal ini tentu saja tidak benar, karena makan tanpa lemak dapat menyebabkan perasaan kelaparan dalam satu jam.

Itulah sebabnya anda disarankan untuk mengkonsumsi lemak pada saat sarapan. Anda bisa menambahkan beberapa kacang-kacangan untuk menghindari perasaan lapar nantinya. Tentu saja, Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat pada saat sarapan. Satu cangkir yogurt dengan beberapa kacang akan membuat sarapan anda semakin lengkap.

6. Sarapan Terlambat

Waktu yang tepat untuk sarapan adalah satu jam pertama setelah bangun pagi hari. Semakin lama Anda menunda sarapan, anda akan semakin lapar, dan semakin sulit untuk merasa puas setelah makan.

Kurangnya waktu tidak boleh menjadi alasan untuk menikmati sarapan pagi yang sehat. Merencanakan makanan Anda terlebih dahulu dan belajar bagaimana membuat pilihan makanan yang tepat, akan membantu Anda untuk mempunyai waktu sarapan.

Jangan lupa bahwa sarapan yang baik, lengkap, dan sehat, akan membantu Anda memiliki energi yang cukup sepanjang hari.

Categories: healthy