javascript hit counter

Beberapa Alasan Mengapa “Ciuman” Itu Sangat Penting

“Ciuman” merupakan salah satu bentuk pengekspresian rasa cinta, dan sayang kepada orang lain. Dibeberapa negara, ciuman merupakan salah satu hal yang tabu dan bahkan dianggap sebagai sebuah pelecehan jika dilakukan di depan umum. Namun, ada beberapa negara, yang menganggap bahwa ciuman merupakan sebuah budaya.

Semua tergantung pada sudut pandang masyarakat itu masing-masing. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa ciuman ini ternyata memiliki manfaat yang positif, jika dipandang sebagai hal yang positif. Ciuman akan bernilai negatif, apabila terdapat salah satu yang dirugikan. Namun, jika kedua pelakunya merasa tidak dirugikan, bahkan menikmatinya, maka ciuman bisa diartikan sebagai sebuah tindakan yang positif.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa ciuman memiliki dampak positif bagi kehidupan anda, dan merupakan sesuatu yang anda butuhkan. Namun dalam konteks, dilakukan apabila sudah memiliki pasangan.

1. Meningkatkan Atau Mempererat Ikatan

Mencium bibir, menggambarkan sebuah keintiman dan bisa meningkatkan ikatan di antara pasangan. Dawn Maslar, seorang profesor biologi dan penulis pemenang penghargaan, mengatakan seperti ini: “ketika anda berciuman, baik pria maupun wanita akan menghasilkan hormon oxytocin. Hormon ini sering disebut sebagai ‘hormon cinta’, karena hormon ini bisa menyebabkan anda (terutama perempuan) mengalami obligasi.” Faktanya adalah, kita hanya akan “mencium” orang yang kita cintai, dan mencintai orang yang kita “cium”.

2. Meningkatkan Seks

Seks dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan tidak ada seks yang dilakukan yang lebih baik dari “ciuman”. menurut Carol Queen, seorang staf seksolog di Good Vibrations, mengatakan, “ciuman adalah pemanasan yang baik, untuk membantu meningkatkan kemungkinan kedua pasangan untuk memiliki pengalaman erotis yang baik dan menyenangkan.”

3. Memerangi Penyakit

Ciuman adalah cara yang bagus untuk menangkis virus, terutama jika semua ciuman tersebut mengarah ke seks. Penelitian dari Jurnal Medical Hipotesis menunjukkan, bahwa perempuan bisa membangun kekebalan terhadap cytomegalovirus dengan berciuman. Studi lain yang dilakukan Universitas Wilkes juga menemukan bahwa orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi immunoglobulin A yang lebih tinggi, untuk melawan infeksi. Immunoglobulin A adalah antibodi yang memainkan peran penting dalam imunitas mukosa.

4. Membuat Pernikahan Menjadi Lebih Baik

Hal ini tidak boleh diabaikan oleh para pasangan yang sudah berkeluarga. Pasangan yang sering mencium pasangannya, mungkin akan memiliki pernikahan yang lebih kuat (yang sangat bagus untuk kesehatan mental dan emosional). Ciuman juga dapat membantu Anda memilih pasangan yang tepat. Ketika Anda mencium seseorang, tubuh Anda tidak menyadari bahwa anda telah berbagi informasi tentang sistem kekebalan tubuh Anda masing-masing. Istilah teknis adalah kompleks histokompatibilitas utama (MHC). Secara biologis, sangat penting bagi pasangan untuk membawa gen sistem kekebalan tubuh yang berbeda, sehingga keturunan mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup.

5. Meningkatkan Kebahagiaan

Ciuman juga ternyata dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang, Karena dinilai telah memberikan kepuasan tersendiri kepada pelakunya.

6. Mengurangi Rasa Sakit

Selama berciuman, jantung akan bekerja lebih aktif, dan tubuh Anda akan melepaskan adrenaline yang dapat mengurangi perasaan sakit. Selama proses tersebut, pasangan yang tadinya sedang sakit, menjadi tidak merasakannya lagi.

7.Menghilangkan Stres

Seberapa sering Anda merasa letih dan kelelahan sehabis melakukan aktivitas harian anda? Ada kalanya dimana aktivitas yang kita lakukan seharian akan menimbulkan stress. Dr Sharon Stills, seorang dokter naturopathic, dan juga seorang penulis mengatakan bahwa, “Ciuman bisa menurunkan tingkat kortisol. Kortisol merupakan salah satu hormon stres, dan memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh, sistem endokrin dan kesehatan otak.  Jadi jika Anda dapat menurunkan stres dan mengurangi dampak negatif tersebut hanya dengan mencuri sedikit ciuman dari pasangan Anda, mengapa anda ragu untuk melakukannya?

8. Membakar Kalori

Ciuman mungkin tidak bisa membakar banyak kalori di dalam tubuh, dibandingkan dengan melakukan olahraga. Akan tetapi, ciuman akan memompa metabolisme tubuh Anda dua kali dari biasanya. Kebanyakan orang membakar sekitar 1 kalori per menit pada saat istirahat, tetapi menurut Dr Stills, Ciuman ternyata bisa menurunkan sekitar 2 sampai 3 kalori per menit. Mungkin saja anda tipikal orang yang tidak suka berolahraga atau menghabiskan waktu di luar sekedar untuk membakar kalori. Tapi tidak perlu khawatir, karena anda tidak perlu repot-repot keluar rumah, untuk membakar kalori. Anda bisa bermalas-malasan di sofa dengan pasangan Anda, dan melakukan beberapa ciuman untuk menurunkan kalori.

9. Membuat Wajah Anda Awet Muda

Mencium tidak hanya membakar kalori. Ciuman juga bisa dijadikan sebagai latihan wajah. Jika Anda takut rahang Anda mulai melorot, cobalah lakukan ciuman dengan pasangan anda. Ini merupakan resep non-bedah sempurna untuk meningkatkan penampilan Anda, agar terlihat muda dan menyenangkan.

10. Memunculkan Kesenangan

Berbicara tentang menyenangkan, ciuman merupakan salah satunya. Gina Cloud, menganjurkan ciuman untuk dilakukan oleh kaum wanita, karena ciuman akan memberikan manfaat kesehatan kepada mereka. Berciuman merupakan cara penting untuk mengekspresikan diri kita sendiri, dan banyak cara untuk mencium dan mengekspresikan diri melalui nya, menyenangkan menjadi bagian dari pengalaman tersebut, dan menyenangkan adalah alat yang hebat untuk menciptakan kebahagiaan.

Categories: healthy