javascript hit counter

Alasan Pentingnya Mengkonsumsi Air Madu Hangat Setiap Hari

Apakah Anda tahu bahwa memulai hari dengan segelas air madu hangat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengatasi masalah berat badan?

Minum segelas air madu hangat setiap hari tidak akan menghabiskan biaya yang besar, dan malahan akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Ini adalah salah satu obat alami yang memiliki manfaat kesehatan yang efektif untuk tubuh.

Ketika bangun di pagi hari, kebanyakan orang akan melakukan segala sesuatu dengan terburu-buru. Mungkin kita hanya akan meminum secangkir kopi, dan kemudian berlari keluar rumah tanpa mempersiapkan tubuh kita dengan baik untuk melakukan aktivitas.

Memulai hari dengan meminum segelas air madu hangat, dapat memberikan kita beberapa manfaat. Selain itu, jika kita menyajikan minuman ini dengan sarapan yang sehat, enak, dan seimbang, maka kita akan memiliki energi yang lebih banyak untuk melakukan aktivitas di luar rumah, dan sistem kekebalan tubuh juga akan menjadi lebih kuat.

5 alasan mengapa Anda harus memasukkan air madu hangat ke dalam program diet Anda.

1. Air Madu Hangat Dapat Menurunkan Berat Badan

Seperti Anda ketahui, madu merupakan pengganti gula. Madu kaya akan asam amino, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam madu tersebut, dapat membantu mengurangi asupan kalori, yang menyebabkan berat badan menjadi bertambah. Memulai hari dengan meninum segelas air madu hangat, akan meningkatkan fungsi organ tubuh, serta membantu kita menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, air madu hangat juga berfungsi untuk:

– Membersihkan Sistem Tubuh
– Memberikan Rasa Kepuasan
– Meningkatkan Pencernaan dan Menghindari Sembelit
– Menghasilkan energi yang memungkinkan kita untuk menjadi lebih aktif

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, jangan ragu untuk meminum segelas air madu hangat ini dengan sejumput kayu manis. Meminumnya setelah bangun pagi dan sebelum tidur, bisa mempercepat metabolisme tubuh.

2. Meningkatkan Kinerja Organ Pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan di awal artikel ini, bahwa sangat dianjurkan untuk meminum air madu hangat ini pada pagi hari, dan pada saat perut masih kosong. Hal ini dikarenakan:

–  Saat perut masih kosong, enzim-enzim di dalam sistem pencernaan akan jauh lebih tertarik terhadap komponen alami yang terkandung di dalam madu. Sehingga nutrisi dalam madu akan langsung diserap oleh tubuh.

– Air panas atau hangat yang berasal dari air madu juga akan membantu untuk membersihkan sistem pencernaan, dari zat-zat racun di dalam usus, dan membersihkan serta mengikis semua elemen limbah atau zat-zat sisa.
Kemudian, air madu akan membersihkan usus dan perut, serta melindunginya. Perut akan mencerna makanan lebih baik, serta menyerap nutrisi lebih efektif.

– Kita juga tidak boleh lupa, bahwa madu adalah antibiotik alami. Antibiotik di dalam air madu hangat ini, memungkinkan tubuh untuk berperang melawan bakteri yang menyebabkan infeksi lambung.

3. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari air madu hangat ini hanya dapat dirasakan jika anda konsisten melakukannya setiap hari. Ini adalah satu-satunya cara agar sistem kekebalan tubuh, secara bertahap bisa menjadi lebih kuat berkat adanya vitamin, mineral dan asam amino yang terdapat didalamnya. Dengan adanya nutrisi-nutrisi tersebut, bisa semakin meningkatkan pertahanan tubuh dan memerangi patogen yang berada dalam lingkungan, yang dapat melemahkan tubuh.
Kita tidak bisa melupakan bahwa obat alami ini juga bertindak sebagai regulator internal, yang memungkinkan kita untuk menjaga keseimbangan. Salah satu contohnya adalah menjaga keseimbangan kortisol (sejenis hormon) dalam tubuh, yang bermanfaat untuk mengurangi stres.

4. Mengurangi Dampak Alergi

Madu memiliki manfaat untuk mengurangi gejala-gejala penyakit seperti, batuk, tenggorokan kering, asma, dan perasaan gugup. Gejala penyakit di atas merupakan sebuah akibat dari alergi.

5. Mendetoksifikasi Tubuh

Kita tahu bahwa banyak obat detoksifikasi yang bisa  ditemukan di sekitar kita. Walaupun begitu, bahan alami selalu menjadi bahan pertimbangan untuk sebagian besar orang. Menggunakan bahan-bahan alami memang bukan lah sesuatu yang mudah, apalagi mengingat saat ini manusia cenderung mengkonsumsi sesuatu yang bersifat praktis. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air madu hangat, yang memiliki kandungan zat, yang bisa digunakan untuk mendetoksifikasikan tubuh, atau mengurangi kadar racun di dalam tubuh.

Menambahkan jus lemon kedalam air madu hangat, akan membantu membersihkan tubuh dengan mengoptimalkan fungsi hati.
Kita harus ingat bahwa lemon dan madu yang dikombinasikan dengan air panas  juga berguna untuk menyehatkan saluran kemih.

Hal-hal yang sangat perlu diperhatikan saat ingin mencampurkan lemon ke dalam air madu hangat, antara lain:
– Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak di bawah usia 3 tahun.
– Minuman ini harus dibarengi dengan asupan makanan bergizi lainnya. Dua puluh menit setelah minum obat ini, anda harus sarapan
– Jangan pernah menambah madu pada saat air sedang dididihkan, karena bisa mengubah komposisi kimia dari madu itu sendiri. Air harus bersuhu hangat-hangat kuku.
– Selalu membeli madu murni organik. Jika dibeli di supermarket, biasanya kandungan nya sudah berbeda.

Categories: healthy