javascript hit counter

Beberapa Hal Unik Tentang Bermimpi

Dunia mimpi selalu menjadi salah satu hal yang sangat menarik, baik bagi para ilmuwan, maupun orang-orang biasa. Beberapa orang percaya bahwa mimpi adalah wilayah alam bawah sadar, yang digunakan oleh otak untuk menata kembali ide-ide dan kenangan, dan merupakan area yang menyimpan aktivitas yang anda lakukan setiap hari. Mimpi membentuk serangkaian pertanyaan yang terkadang tidak memiliki jawaban.

1. Mengapa anda tidak bisa mengingat semua mimpi anda?

Mungkin anda sering mengalami hal dimana saat anda sedang tidur, kemudian bermimpi sesuatu yang indah, namun saat terbangun, anda sama sekali tidak bisa mengingat mimpi tersebut atau hanya mengingat sebagian saja. Penelitian mengatakan bahwa hal tersebut normal terjadi pada setiap orang. Mimpi datang dan berlalu tanpa memberikan waktu pada otak untuk menyimpan memori atau ingatan tersebut terlebih dahulu, melainkan hanya meninggalkan emosi. Itu sebabnya kenapa anda hanya memiliki sensasi kebahagiaan dan penderitaan dalam waktu yang singkat.

Hal ini tentu sangat menarik, namun, perlu diketahui bahwa orang yang sering terbangun beberapa kali sepanjang malam, adalah orang-orang yang lebih bisa mengingat mimpinya daripada orang yang tidak pernah terbangun sepanjang malam. Kenapa bisa begitu? Jawabannya sangat sederhana. Pada saat mimpi berakhir dan kemudian anda terbangun, mimpi akan tersimpan di dalam memori dengan baik. Tetapi jika Anda terus tidur, memori tidak akan menyimpan memori mimpi.

2. Orang bereaksi dalam mimpi mereka seolah-olah mereka terjaga

Hal ini terjadi ketika anda merasa bahwa apa yang anda lakukan di dalam mimpi, merupakan sesuatu yang memang nyata sedang anda lakukan di kehidupan nyata. Anda tidak merasa bahwa anda sedang bermimpi. Ketika anda sedang memarahi orang di dalam mimpi, maka reflek anda juga akan memaki dalam posisi tertidur. Saat anda sedang menangis atau tertawa di dalam mimpi, maka tanpa anda sadari, anda juga ikut tertawa dan menangis saat tertidur. Jelas sekali bahwa hal ini anda lakukan di luar kendali diri sendiri. Dan ini masih wajar terjadi pada setiap orang. Terutama saat orang tersebut merasa sangat lelah, dan sedang mengalami masalah.

3. Bau mempengaruhi mimpi

Bau-bauan ternyata bisa menjadi faktor penentu jenis mimpi apa yang akan kita dapat pada saat tidur. Ruangan yang lembab, berbau, dan tidak nyaman, pada umumnya akan menimbulkan mimpi yang buruk. Karena bau seperti ini akan mengasosiasikan sesuatu yang tidak menyenangkan seperti mimpi buruk. Di sisi lain, jika Anda menghias ruang tidur anda dengan sesuatu yang menyenangkan, seperti lavender atau parfum, tidur Anda akan menjadi jauh lebih dalam, tenang dan santai.

4. Mimpi selalu memiliki asal

Beberapa mimpi yang anda alami, pasti muncul karena adanya beberapa faktor. Bisa saja mimpi itu muncul sebagai pertanda akan sesutu yang terjadi, dan bisa juga muncul karena pikiran dan perasaan anda, yang terfokus pada suatu hal. Ketika anda merasa stres dan cemas, mimpi buruk akan semakin sering terjadi secara berulang setiap malam. Jika Anda bermimpi sedang bersama seseorang dari masalalu anda, bisa jadi mimpi tersebut merupakan bentuk kekhawatiran maupun kecemasan anda terhadap orang tersebut, atau karena anda sedang merindukan orang dari masa lalu itu. Setiap kali anda mengalami mimpi buruk, cobalah untuk mencoba mencari tau alasan mengapa anda bisa bermimpi hal semacam itu. Anda bisa mencari tau dengan cara mengingat apa yang terjadi sebelum anda mendapatkan mimpi tersebut.

5. Semua makhluk hidup pasti bermimpi

Semua makhluk hidup, baik manusia maupun hewan pasti pernah bermimpi. Hal menarik terjadi pada ikan paus. Paus yang hidup di laut harus terus berenang untuk bisa bertahan hidup. Jika mereka tertidur atau otak nya tidak sadarkan diri, paus tersebut akan tenggelam dan bahkan bisa mati karena tidak bisa bernapas. Itulah sebabnya mengapa paus memiliki satu sisi otak yang tidak bisa beristirahat.

6. Apa arti mimpi ketika di dalam mimpi tersebut, anda sudah mati?

Beberapa pendapat mengatakan bahwa, apabila anda sedang bermimpi anda sedang sakit, sekarat, bahkan meninggal, maka mimpi ini merupakan sebuah pertanda buruk bagi anda, atau beberapa percaya bahwa sesuatu yang buruk akan segera datang pada anda. Hal ini tidak benar dan merupakan kekeliruan.

Seorang penulis seperti Rubin Neiman berkata bahwa ketika anda memimpikan sesuatu yang buruk, anda harus berpikir tentang penyebab terjadinya mimpi tersebut terlebih dahulu. Ada kemungkinan hal ini berhubungan dengan kekhawatiran atau kecemasan anda terhadap sesuatu.

7. Otak bertindak seperti usus pada malam hari

Seperti yang sudah diketahui, usus memiliki fungsi untuk mencerna dan mengolah nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Otak juga melakukan hal yang sama pada malam hari. Otak berfungsi mencerna pengalaman dan pelajaran yang di dapat dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Proses ini merupakan proses pemisahan antara hal-hal yang penting dan sebaliknya. Hal tersebut terintegrasi di dalam ingatan anda. Otak juga melakukan reorganizes, dan mengelola serta menyaring informasi.

Jadi ingat, tidur merupakan kebutuhan biologis yang tidak boleh anda abaikan. Merawat kebiasaan tidur yang baik dengan strategi sederhana, seperti makan malam dua jam sebelum tidur, berhenti menggunakan komputer atau telepon satu jam sebelum tidur.

Categories: curiosities