javascript hit counter

Promosi : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Ketika berkunjung ke suatu mall, pastinya Anda pernah menemukan orang yang sedang membagikan selebaran kertas. Bukan hanya di mall saja, di tempat lain juga hal ini sering kita jumpai seperti : dipinggir jalan, di tempat makan, diangkutan umum dan lain sebagainya.

Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pebisnis untuk melakukan promosi. Mungkin kata promosi bukanlah lagi hal yang baru bagi Anda. Tapi apakah Anda tahu apa itu promosi? Dan apa sih tujuan dari promosi tersebut? Untuk mengetahui hal tersebut mari kita simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Promosi

Dalam dunia bisnis, promosi mengacu pada semua jenis komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menginformasikan atau menawarkan suatu produk, layanan, merek. Tujuan dari hal ini adalah untuk meningkatkan awareness, menciptakan ketertarikan, menghasilkan penjualan atau menciptakan loyalitas merek. Ini adalah salah satu elemen dasar dari campuran pasar, yang meliputi empat P : price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat.

Promosi juga merupakan kegiatan pemasaran yang umum dilakukan tenaga pemasar untuk memberikan informasi suatu produk dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk tersebut. Cara dan media promosi ada banyak sekali, bahkan metode promosi selalu berkembang dari waktu ke waktu baik secara verbal atau visual. Promosi juga sangat berguna untuk memberikan informasi mengenai kelebihan, kegunaan produk dan dimana produk tersebut dapat diperolehnya.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Setelah membaca pengertian promosi di atas, apakah Anda sudah mengerti? Jika belum, ada baiknya untuk mengetahui pendapat para ahli di bawah ini.

  • Menurut Sistaningrum (2002: 98), promosi merupakan suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau dimasa yang akan datang.
  • Menurut Tjiptono, promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
  • Menurut Zimmerer (2002), promosi merupakan segla macam bentuk komuniksi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk mempengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dn periklanan.
  • Menurut Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
  • Menurut Ratih Hurriyati, promosi merupakan salah satu fakto penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mengenal ataupun mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.
  • Menurut Kotler, pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mengatakan bahwa promosi merupakan kegiatan komunikasi untuk meningkatkan penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasif.

Masih ada banyak versi pengertian dari promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran yang belum disebutkan diatas, tetapi hal yang perlu diketahui adalah bahwa kesimpulannya kurang lebih sama dimana promosi dilakukan untuk memberitahukan, menyebarluaskan, menarik perhatian, menawarkan, memperkenalkan, membujuk suatu produk atau jasa kepada calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.

Tujuan Promosi

Suatu lembaga/seseorang yang melakukan promosi tentu mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Adapaun tujuan dari suatu promosi adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk memberitahukan informasi suatu produk kepada konsumen.
  • Untuk meningkatkan penjualan serta laba/keuntungan suatu lembaga/perseorangan.
  • Untuk menarik perhatian/mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen tersebut.
  • Untuk menciptakan citra suatu perusahaan.
  • Untuk mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.
  • Untuk merubah pandangan atau pendapat konsumen tentang suatu produk.
  • Untuk penciptaan ekuitas merek.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang lebih.

Jenis-Jenis dari Promosi

Ada banyak sekali jenis dan cara perusahaan untuk melakukan promosi, beda produk atau jasa beda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang biasa dilakukuan untuk menarik perhatian konsumen:

  • Iklan

Periklanan adalah kegiatan komunikasi pemasaran tertentu yang melibatkan penempatan pesan pemasaran atau lebih khusus lagi, iklan pada area yang dibeli dalam media seperti radio, televisi, media cetak, media terbuka, atau saluran pemasaran digital termasuk blog dan media sosial. Tujuan dari iklan adalah untuk menjual produk atau memajukan ide melalui distribusi dibayar komunikasi pemasaran melalui media pihak ketiga.

Bentuk iklan tertentu tergantung pada media yang dipilih. Grafis statis biasanya digunakan di media cetak, media terbuka, dan internet. Di sisi lain, konten audio-visual yang digunakan dalam televisi serta media interaktif seperti smartphone dan saluran iklan online lainnya seperti blog dan media sosial.

  • Penjualan langsung

Atau dikenal sebagai pemasaran langsung, penjualan langsung adalah jenis lain dari promosi yang melibatkan komunikasi langsung dengan calon pelanggan untuk menjual produk atau memajukan ide. Tidak seperti iklan, penjualan langsung tidak membeli tempat dari media pihak ketiga.

Media yang digunakan dalam penjualan langsung termasuk surat elektronik, telepon, atau alat komunikasi digital langsung atau media seperti komputer dan internet. Contoh aktivitas penjualan langsung mencakup email keluar atau pemasaran email dan panggilan langsung, presentasi penjualan satu-satu, dan pertemuan penjualan berdasarkan grup.

  • Promosi penjualan

Jenis promosi lainnya adalah promosi penjualan. Ini melibatkan penggunaan media dan komunikasi non-media pemasaran dalam jangka waktu tertentu untuk meningkatkan kesadaran dan minat, meningkatkan daya tarik produk atau ide, memaksa target audiens untuk membeli atau menanggapi Call-of-Action dan merangsang permintaan di pasar.

Contoh taktik atau kegiatan dalam promosi penjualan meliputi menyerahkan sampel produk kepada pelanggan potensial seperti memberi taster untuk produk makanan tertentu, meluncurkan kontes atau undian dengan hadiah menarik, menyediakan gratisan dengan pembelian atau respon tertentu, penyertaan layanan purna jual yang berbeda, penyertaan layanan nilai tambah, diskon harga musiman, dan program loyalitas yang mencakup tunjangan atau keistimewaan.

  • Public relations

Public Relations atau publisitas bermaksud untuk mempromosikan produk atau ide melalui penyebaran informasi melalui pihak ketiga. Tujuan dari public relations adalah untuk menyampaikan pesan pemasaran melalui organisasi media yang handal dan komunikator dengan jangkauan yang cukup besar. Tidak seperti iklan, jenis promosi ini bisa bebas meskipun ada upaya berbayar yang ditujukan untuk merangsang atau meningkatkan pembicaraan dan minat.

Ada berbagai cara organisasi mengejar public relations. Penyebaran press release ke outlet media adalah yang paling populer dan contoh biaya efektif. Contohnya adalah pementasan acara perusahaan seperti pameran dagang atau konferensi pers untuk mengundang media dan komunikator terkemuka. Contoh lain termasuk seminar hosting, sponsor, tamu menulis di koran atau blog atau hosting tamu di acara TV, dan program sosial perusahaan seperti amal.

  • Penempatan produk

Mirip dengan iklan dan beberapa aspek publisitas dibayar, penempatan produk atau pemasaran tertanam adalah tentang membayar sebuah studio film atau produser acara televisi untuk menempatkan produk atau mengkomunikasikan ide menonjol dalam film tertentu atau acara TV. Namun, tidak seperti iklan dan public relations, penempatan produk umumnya melibatkan langsung menampilkan produk atau membahas tentang sebuah gagasan.

  • Guerilla pemasaran

Jenis promosi lainnya adalah pemasaran gerilya yang melibatkan promosi produk atau penyebaran pesan pemasaran langsung kepada publik dikurangi biaya yang terkait dengan iklan dan publikasi berbayar berskala besar. Tidak seperti public relations, yang menargetkan organisasi dan komunikator media pihak ketiga, pemasaran gerilya menargetkan calon pelanggan sambil menargetkan media dan pemangku kepentingan lainnya.

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa melakukan promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia pemasaran. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan pelanggan yang secara tidak langsung akan meningkatkan penghasilan suatu perusahaan. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan buat Anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya. Terima kasih.

Categories: bisnis