javascript hit counter

Mencegah Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami

Menghindari rambut rontok, meningkatkan sirkulasi dan merangsang pertumbuhan rambut, dapat dilakukan dengan menyisir rambut dan memijat kulit kepala.

Banyak orang khususnya wanita, merasa sangat frustasi saat melihat rambut mereka rontok, tetapi tidak menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Penyebab terjadinya kerontokan rambut itu sendiri adalah disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hormon, gen, stres, nutrisi, dll.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang efektif dan alami untuk mengurangi kerontokan rambut dan merangsang kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat dan cepat.

Bisakah Rambut Rontok Dicegah?

Setiap kasus kerontokan rambut berbeda beda antara yang satu dengan yang lainnya. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mendiagnosis rambut rontok tersebut. Situasi seperti ini sering terjadi sebagai akibat diet yang buruk, stress, dan sebagainya. Kerontokan pada rambut ini juga berkaitan dengan masalah kesehatan atau kondisi genetik, yang sulit untuk dipecahkan. Namun, jika anda melaksanakan tips ini secara teratur, maka anda akan melihat perubahan yang terjadi dalam waktu yang singkat.

Tips ini tidak hanya berguna bagi mereka yang memiliki masalah dengan rambut rontok, tetapi berguna bagi siapa saja yang ingin rambutnya tumbuh dengan cepat dan lebih tebal.

1. Menenangkan Kulit Kepala

Ketegangan pada kulit kepala yang diakibatkan oleh banyak fakor, seperi faktor stress dan kelelahan, bisa menghambat aliran darah dalam akar rambut, sehingga dapat menyebabkan rambut rontok, rambut beruban, kelebihan lemak dan ketombe, dan lain sebagainya.

Langkah pertama untuk menghilangkan ketegangan pada kulit kepala ini adalah dengan cara memijat kulit kepala setiap hari. Bukan hanya sekedar memijatnya, tapi pijatan yang dilakukan haruslah pijatan yang serius dan lebih intens pada permukaan kulit kepala. Anda bisa memijat kulit kepala setiap malam selama 5 atau 10 menit sebelum tidur.

2. Merangsang dengan Mint Dan Kayu manis

Ketika memijat kulit kepala, anda dapat menggunakan produk alami yang bisa membantu merangsang aliran darah pada kulit kepala. Ada bahan alami dan sederhana yang bisa merangsangnya, seperti mint dan kayu manis.

Kedua bahan alami ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dengan efek mereka yang bertentangan. Mint akan memberikan efek dingin saat tersentuh oleh kulit kepala, sedangkan kayu manis memiliki efek sebaliknya, yaitu efek panas. Menggabungkan keduanya akan mendapatkan efek panas dan dingin, yang sangat bermanfaat bagi kulit kepala. Walaupun begitu, tetap saja anda harus menggunakannya sesuai standar. Anda harus selalu menggunakan nya dalam jumlah kecil, yaitu:

– 2 sendok makan gel lidah buaya atau ekstrak minyak kelapa

– 5 tetes minyak mint esensial

– 5 tetes minyak kayu manis esensial

3. Memilih Produk Alami

Jika anda peduli terhadap tubuh, anda harus selalu memilih produk alami sebagai alternatif dalam perawatan kecantikan maupun kesehatan anda. Untuk perawatan kesehatan rambut, anda harus menghindari produk yang mengandung bahan pengawet (parabens) dan sulfat yang sangat kuat, seperti natrium sulfat. Jika anda mau, anda bisa menemukan produk alami atau organik di toko makanan kesehatan dan tanaman.

4. Menyisir Rambut Setiap Hari

Menyisir rambut, merupakan salah satu pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Bukan hanya agar rambut tampak lebih rapi, tapi karena kegiatan menyisir rambut tersebut merupakan cara untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dan bisa juga menambahkan minyak pada rambut setelah menyisirnya, untuk mendapatkan rambut tebal, mengkilap dan seimbang.

Sisir yang digunakan juga haruslah sisir yang berkualitas, yang terbuat dari bahan-bahan alami, misalnya sisir yang terbuat dari kayu dengan bulu hewan dan sebagainya.

5. Diet Seimbang

Sangat penting untuk melakukan diet seimbang dengan cara memakan makanan yang kaya vitamin, mineral, protein dan asam lemak untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Diet yang perlu anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini:

1. Buah-buahan dan biji kering
2. Buah-buahan dan sayuran mentah
3. Kacang-kacangan
4. Minyak ikan
5. Telur
6. Ragi
7. Garam laut
8. Mentega

6. Latihan Jungkir Balik

Postur terbalik, di mana kepala lebih rendah daripada seluruh tubuh, sangat bermanfaat untuk kesehatan dan yang pasti untuk mencegah rambut rontok. Anda juga bisa melakukan gerakan sederhana dengan berbaring dengan posisi miring atau menggunakan mesin senam khusus. Anda cukup melakukannya 5-10 menit perhari secara bertahap. Tapi, jangan lakukan hal ini pada saat sedang menstruasi maupun setelah makan.

7. Hindari Stress

Stres adalah salah satu masalah kesehatan terburuk yang kita memiliki. Stress akan membuat tubuh kita menjadi tidak seimbang, dan merupakan kondisi awal masuknya penyakit, di antaranya adalah menyebabkan rambut rontok.

Categories: beauty