javascript hit counter

Fakta Unik Tentang Hewan Kucing Si Mungil Yang Menggemaskan

Apakah anda dan keluarga anda merupakan orang pecinta kucing atau yang suka memelihara kucing di rumah? Kemungkinan besar alasan kamu mau memelihara hewan yang satu ini karena tergoda oleh kelucuan dan keimutan mereka kan? Kayaknya jarang banget deh orang yang pelihara kucing karena terinspirasi oleh raja-raja Mesir kuno dulu wkwk.

Nah, buat kamu pencinta kucing, ada baiknya kamu ketahui fakta-fakta menarik tentang sifat, perilaku, dan kebiasaan mereka yang dihimpun dari berbagai sumber ini. Tapi sebelum kita masuk ke bagian tersebut, kita lihat dulu yuk sebentar fakta unik tentang kucing yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Banyak pencinta hewan peliharaan memilih kucing menjadi sahabat mereka di rumah. Kucing tampaknya memiliki daya tarik lebih kuat dibandingkan anjing bagi sebagian orang. Di dunia ini, pasti banyak orang yang mengaku sebagai pecinta kucing. Namun, beberapa diantaranya banyak yang tidak tahu mengenai fakta tentang kucing. Sebenarnya hewan menggemaskan satu ini memiliki rahasia yang wajib kalian tahu sebagai pecinta kucing.

Fakta-fakta tersembunyi tersebut dijamin membuat kalian semakin sayang kepada binatang mungil ini. Nah, sebenarnya apa saja sih fakta tentang kucing yang harus diketahui? Ada satu, dua, tiga atau lebih? Pasti kalian para pecinta kucing penasaran kan? Yuk kita simak paparan fakta menarik tentang hewan satu ini.

Fakta Di Balik Kucing Yang Punya Sembilan Nyawa

Pasti kalian tidak asing lagi dengan kalimat kucing mempunyai sembilan nyawa. Karena, dari dulu banyak mitos yang beredar kalau hewan berkaki empat itu bisa lolos dari kematian beberapa kali. Buktinya, ia dapat bertahan hidup walaupun jatuh dari ketinggian berapapun.

Tapi, fakta jika ia memiliki sembilan nyawa itu tidaklah benar. Sebab, kucing ternyata memiliki kemampuan refleks meluruskan tubuh di udara yang akan mendaratkan kakinya terlebih dahulu sebelum ia menyentuh ke tanah. Oleh karena itu, ia tidak terluka sedikitpun dan terhindar dari yang namanya maut.

Mempunyai Pendengaran Dan Penciuman Yang Sangat Sensitif

Seperti yang kita tahu, kalau anjing adalah salah satu hewan mamalia yang memiliki pendengaran paling tajam di antara binatang lain. Tapi, ternyata kucinglah yang mempunyai pendengaran sensitif dibandingkan dengan anjing. Ia mempunyai batas pendengaran sebesar 65 khz. Jadi, jangan heran jika ia berlaku aneh ketika kita sebagai manusia tidak mendengar apapun itu.

Lalu, ia juga mempunyai indra penciuman yang sangat tajam lho. Maka dari itu, ketika kita memelihara kucing dan belum membersihkan tempat buang airnya, ia tidak akan pernah menggunakan area tersebut untuk mengeluarkan kotorannya. Sehingga, kita harus rajin untuk membersihkan kota pasir si meow ini.

Kucing Yang Ternyata Tidak Mempunyai Bakteri Kotor Di Tubuhnya

Tahukah kalian kalau kucing ternyata tidak mempunyai bakteri kotor yang menempel di tubuhnya? Menurut penelitian dari Dr. George Maqshud, ia mengungkapkan bahwa lidah kucing tidak mengandung kuman. Selain itu, di tubuhnya hanya sebagian kecil saja yang mengandung bakteri.

Ini dibuktikan dengan kucing yang tidak suka mandi. Lho bukannya bakteri lebih suka dengan hewan yang tidak gemar mandi ya? Wah, itu sangat salah besar. Kucing tidak suka yang namanya mandi karena ia sadar kalau air merupakan tempat subur untuk pertumbuhan bakteri. Jadi, ia tidak menyukai air karena menghindari perpindahan bakteri ke tubuhnya.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Manusia

Kucing kerap kali dianggap sebagai pembawa penyakit. Mulai dari tokso, alergi atau asma. Selain itu katanya ia juga bisa menyebabkan kemandulan, keguguran dan cacat pada bayi sejak lahir. Namun, itu semua tidak sepenuhnya benar. Sebab, penyakit-penyakit itu biasanya terbawa dari lingkungan ataupun makanan yang dikonsumsi. Sehingga, itu semua bukan salah dari sang kucing. Tapi, di balik fakta di atas ternyata banyak juga manfaat kucing bagi manusia.

Manfaatnya adalah kucing mampu menghilangkan emosi yang berlebihan, depresi, kecemasan, bahkan mengurangi risiko serangan jantung. Sehingga, sampai saat ini banyak dokter yang menyebutkan kalau hewan berbulu lembut ini sering digunakan untuk terapi penyembuhan suatu penyakit.

Si Tukang Tidur

Faktanya hewan yang menggemaskan satu ini memang tabiatnya suka tidur, kucing juga merupakan hewan yang permalas. Kucing memang seakan terlahir secara alami sebagai tukang molor. Rata-rata seekor kucing bisa menghabiskan 70% dari hidupnya, atau 16 jam per hari, dengan tidur.

Katakanlah ada seekor kucing berumur sembilan tahun. Itu berarti ia “cuma” terbangun sekitar tiga tahun. Enak bener ya jadi kucing. Jadi kalau kucing peliharaan kamu sering tidur, itu wajar banget. Kucing memang butuh banyak tidur demi menghemat energi mereka dalam melakukan aktivitas. Aktivitas lari dari kenyataan contohnya wkwk.

Misteri Dengkuran Kucing

Kucing memiliki kebiasaan mendengkur terus menerus pada saat menghirup dan menghembuskan nafas dan para ilmuwan sampai saat ini belum dapat mengetahui secara pasti penyebab kucing mendengkur. Beberapa ilmuwan percaya bahwa itu berasal dari sistem kardiovaskular bukan tenggorokannya. Nada dengkuran kucing muda biasanya lebih datar sementara yang tua memiliki nada dengkuran yang lebih bervariasi. Coba perhatikan dengkuran kucing Anda.

Salam Hidung

Bagi kucing yang telah memiliki interaksi yang cukup kuat dengan sesama temannya, biasanya akan melakukan salam sapa dengan saling menyentuhkan hidung masing-masing. Kebiasaan ini membantu konfirmasi pengakuan keberadaan mereka secara visual dan mengenal lebih dalam karakter kucing lain, layaknya manusia yang berinteraksi dengan sesamanya.

Dapat Merasakan Gempa Bumi

Bagian bawah kaki kucing memiliki saraf sensitif yang membuatnya jadi berperilaku aneh sebelum gempa bumi terjadi. Meskipun belum didukung dengan teori yang kuat, beberapa peneliti percaya bahwa bantalan kaki kucing dapat merasakan getaran gempa bumi.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang kucing. Pada dasarnya kucing adalah hewan yang sangat imut dan menggemaskan, jadi apapun kegiatan yang ia lakukan, pasti membuat gemas. Sekian artikel mengenai fakta unik tentang kucing, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua para pencinta kucing. Terima kasih

Categories: animal