javascript hit counter

Cara Efektif Mengusir dan Membasmi Tikus

Semua orang pasti akan merasa resah bila didalam rumah ada tikus berkeliaraan. Pada umumnya sang pemilik rumah akan melakukan tindakan apabila kerusakan serta gangguan yang diakibatkan oleh tikus kian semakin parah. Beberapa penyakit berbahaya juga dapat disebabkan karena tikus, itulah alasan kita untuk mengusir hewan ini dari dalam rumah. Mungkin segala cara telah dilakukan agar dapat menghilangkannya, mengusir tikus yang dapat dilakukan sangatlah beragam, dengan menggunakan racun, lem tikus, pengusir elektrik dan ada juga yang memakai pembasmi tikus.

Namun tidak semua orang melakukan dengan cara tersebut. Apalagi jika memakai racun untuk mengusir tikus yang menjengkelkan, maka masalahnya adalah jika tikus sudah memakan racun tersebut maka tikus akan mati diarea yang sulit sehingga menimbulkan bau bangkai dan jika memakai lem tikus maka masalah yang dihadapi adalah kita harus membuangnya, tentu hal ini sangatlah menjijikkan bagi kita.

Sebenarnya mengusir tikus dirumah bisa kita lakukan tanpa meracuninya, tetapi bisa dengan cara alami. Cara membasmi tikus dirumah tanpa racun ini tidak mengeluarkan dana yang banyak. Nah berikut ini adalah cara membasmi tikus atau mengusir tikus dirumah secara alami :

Memelihara Jangkrik

Dengan memelihara Jangkrik maka sudah terbukti bisa mengusir tikus, tapi jangan jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring, sebaiknya peliharalah jangkrik dengan suara yang tidak nyaring. Karena suara yang dikeluarkan jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus, sebab tikus tidak menyukai area yang ramai serta kebisingan. Letakkan Jangkrik diarea yang sering dilalui atau area yang sering didatangi tikus.

Daun Mint

Daun Mint ini tidak hanya memiliki segudang manfaat terhadap kesehatan tubuh saja, tetapi Daun ini menjadi salah satu tanaman pengusir tikus. Dikarenakan tikus sangat tidak menyukai aroma daun mint. Cara mengelola daun ini dengan mengambil sarinya dan larutkan kedalam air, jika sudah larut semprotkanlah larutan tersebut ke area yang sering didatangi tikus. Sehingga tikus akan menghindari tempat yang diberi larutan mint tersebut.

Menggunakan Kapur Barus

Dengan Kapur Barus juga bisa, karena tikus tidak menyukai bau-bauan harum yang sangat menyengat seperti kapur barus. Dari hal tersebut kita bisa memanfaatkannya untuk menangkal tikus. Cara mengelolanya juga sangat gampang, hanya dengan meletakkan kapur barus ditempat yang akan dilalui tikus. Dengan demikian hewan mengesalkan tersebut akan merasa terganggu serta akan memilih pindah.

Soda Pop

Sebuah Study pernah mengatakan bahwa tikus tidak bisa bersendawa atau mengeluarkan sejumlah gas yang berada didalam tubuhnya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda bisa dijadikan bahan untuk mengusir tikus. Cara membasmi tikus dengan soda pop ini sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang disukai tikus. Bayangkan saja, jika makanan yang telah diberi soda dimakan tikus, maka sitikus tidak bisa mengeluarkan sejumlah gas yang berasal dari reaksi cairan soda tadi dan perutnya akan kembung.

Memelihara Kucing

Cara membasmi tikus dirumah selanjutnya yaitu dengan memelihara kucing. Tentunya kita semua juga sudah mengetahuinya, bahwa musuh dari tikus ialah kucing. Seperti pada kartun Tom & Jerry, dengan memlihara kucing maka kemungkinan besar tempat tinggal kita akan bebas dari tikus. Jika tikus mendengar suara kucing saja maka tikus akan lari ketakutan. Maka dari itu, peliharalah kucing untuk menjaga rumah dari tikus.

Menggunakan Kulit Durian

Buah durian sangat digemari semua orang, sebab buah ini sangat lezat sekali dan dengan kulit durian juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus yang menjengkelkan. Dengan cara memotong kulit durian dan letakkanlah ditempat yangkan dilalui sitikus. Duri dan aromanya yang menyengat akan mengusir hewan tersebut.

Saus Cabai, Air Serta Deterjen Pakaian

Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu dengan cara mencampurkan saus cabai yang paling pedas dengan deterjen, dan larutkan ke dalam air. Taruhlah hasil campuran tersebut ke dalam botol spray. Cairan tersebut harus selalu siap di tangan kita, ketika tikus muncul maka semprotkanlah dengan cairan tersebut. Maka tikus akan merasa panas. Berhati-hatilah dalam memakai serta menyimpan cairan tersebut sebab sangat berbahaya terlebih jika mengena bagian tubuh kita.

Menggunakan Buah Mengkudu

Apabila mempunyai buah mengkudu, maka kita bisa menggunakannya untuk mengusir tikus. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan menghancurkan serta mencampurkannya dengan air kemudian disiramkan ke daerah yang kerap dilewati tikus. Cara seperti ini sangatlah cocok untuk diterapkan dalam mengusir tikus di sawah maupun digudang.

Menangkap Satu Tikus serta Mewarnainya

Cara membasmi tikus yang satu ini cukup unik, yakni adalah dengan cara memanfaatkan tikus tersebut. Jika kita tak merasa jijik, tangkaplah salah satu tikus serta lumurilah tikus tersebut dengan cat warna cerah semisal Orange, biru atau merah. Apabila sudah selesai diberi warna, setelah itu lepaskanlah tikus sesudah warna yang diberikan kering. Sewaktu tikus tersebut kembali ke asalnya atau kelompoknya maka yang terjadi adalah kelompok tikus tersebut akan merasa takut serta tercerai berai.

Supaya rumah benar-benar terbebas dari tikus, membasminya saja tidaklah cukup. kita pun harus melakukan pencegahan supaya tikus-tikus tersebut tidak kembali lagi ke rumah.

Categories: animal