javascript hit counter

10 Jenis Paus Terbesar Di Dunia

Ternyata ikan paus ada banyak macamnya. Ikan paus termasuk hewan yang cerdas dan istimewa karena ikan paus bernapas dengan paru-paru, sama kayak manusia. Karena itulah kenapa ikan paus termasuk ikan yang istimewa. Biasanya semua ikan bernapas melalu insang, tapi beda halnya dengan ikan paus yang bernapas melalui paru-paru. Gak cuman itu saja yang membuat ikan paus ini menjadi ikan istimewa, ikan paus juga bisa menyelam di laut sampai gak bisa terkira seberapa dalamnya.

Seperti yang saya katakan tadi, ikan paus ada banyak jenisnya dan disni saya akan memberitahukan kalian nama-nama beserta fotonya seperti dibawah ini:

1. Pilot whale ( Paus pilot )

Pilot whale juga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu “G melas” dan “macrorhynchus”, yang membedakan kedua jenis ikan adalah kalau paus Gmelas memiliki sirip yang panjang, berbeda dengan macrorhynchus yang memiliki sirip pendek.

2. Narwhal whale ( Paus Bertanduk)

Paus bertanduk juga memiliki keunikan, keunikannya adalah kalau paus yang jantan mempunyai tanduk depan yang lumayan panjang, sehingga bisa memikat paus betinanya dan itu juga bisa menjadi patokan kita melihat yang mana paus betina dan yang mana paus jantan. Paus bertanduk juga memiliki ukuran yang besar, panjangnya saja bisa mencapai 18 kaki dan berat nya juga sangat dahsyat, bisa mencapai 3500 pon.

3. Beluga whale ( Paus Beluga )

Paus beluga ini agak berbeda dengan paus lainnya karena hampir mirip dengan lumba-lumba yang berwarna putih, paus beluga cuma mempunyai sirip yang sangat sedikit dibandingkan dengan paus lainnya. Paus ini juga bisa kita jumpai di pantai-pantai rusia, paus beluga mempunyai ukuran tubuh kurang lebih 18 kaki.

4. Gray whale ( Paus abu-abu )

Gray whale juga merupakan ikan paus yang sangat besar karena ukuran panjangnya saja mencapai 50 kaki dan beratnya saja bisa melebihi paus lainnya, gray whale mempunyai ciri khasnya sendiri, yaitu bisa menyelam dan berenang dengan sangat cepat apabila ada sesuatu yang lengket dengan badannya.

5. Orca whale ( Paus orca )

Orca whale adalah ikan paus yang sangat terkenal di dunia, terkenalnya orca whale karena paus ini pembunuh dan akan memangsa apa saja yang terlihat di matanya. Orca whale juga bisa hidup sampai kurun waktu 60 tahun, yang lucunya kelompok orca whale dipimpin sama paus betinanya. Paus ini mempunyai ukuran panjang 32 kaki.

6. Sperm whale ( Paus sperma )

Kenapa namanya paus sperma? Karena di sekitar kepala paus sperma bisa menghasilkan minyak spermaceti dan paus sperma juga bisa ditemukan di hampir seluruh lautan. Paus sperma memiliki panjang sekitar 67 kaki, sementara berat badannya kurang lebih 56 ton.

7. Blue whale ( Paus biru )

Blue whale memiliki berat badan yang sangat besar bahkan blue whale tergolong hewan paling besar di dunia karena berat badannya saja mencapai 150 ton, dua kali lipat beratnya dengan paus-paus lainnya. Panjangnya bisa sampai pada 100 kaki, sangat besar sekali blue whale ini. Itulah alasannya kenapa blue whale bisa tergolong hewan terbesar di dunia, warna blue whale memiliki warna biru ke abu-abuan .

8. Finback whale ( Paus sirip )

Finback whale adalah paus yang jarang kita jumpai karena paus ini sudah terancam hampir punah dan uniknya cuma finback whale lah yang ukurannya sedikit agak ramping dibandingkan dengan paus lainnya, akan tetapi finback whale memiliki panjang sampai 90 kaki dan berat tubuhnya bisa lebih dari 70 ton.

9. Bowhead whale ( Paus busur kepala )

Bowhead whale memiliki lapisan lemak yang ketebalannya 45 cm, lapisan lemak tersebut yang menahan rasa dingin di tubuh bowhead whale, paus ini juga sudah hampir punah populasinya dan panjang bowhead whale mencapai 66 kaki sementara beratnya mencapai 74 ton.

10. Rihgt whale

Hanya Rihgt whale yang memilki tubuh sangat tipis, beda dengan paus-paus lainnya. Panjang rihgt whale bisa mencapai 60 kaki, smentara berat tubuh rihgt whale 100 ton tetapi paus ini memiliki ciri khas juga di atas kepala rihgt whale kayak ada kapalan,. Paus ini memiliki 2 warna, yaitu hitam dan abu-abu tua.

Note: “paus juga makhluk hidup yang harus kita jaga suapaya tidak punah”

Categories: animal